7 Cara Mengatasi Panas Dalam Secara Alami, Ketahui Penyebabnya

"Panas dalam memang bukanlah suatu penyakit, akan tetapi hal ini adalah suatu gangguan saluran cerna dan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari."

Life | 09 March 2022, 16:48
7 Cara Mengatasi Panas Dalam Secara Alami, Ketahui Penyebabnya

Panas dalam sendiri berakar dari ilmu kedokteran tradisional Tiongkok. Sejak berabad-abad lalu, para tabib di Tiongkok percaya kalau suhu tubuh manusia itu selalu seimbang seperti Yin dan Yang. Jika suhu tubuh tak seimbang, misalnya terlalu panas, seseorang dapat mengalami gejala-gejala panas dalam. Tentu dalam hal ini memerlukan beberapa cara untuk mengembalikan suhu tubuh agar seimbang kembali.

Hal ini agak sedikit berbeda, menurut ilmu pengobatan tradisional, panas dalam dapat trjadi akibat seseorang terlalu banyak mengonsumsi makanan yang diolah dengan suhu panas tinggi, misalnya daging bakar dan gorengan, atau jenis makanan tertentu, seperti durian, cokelat, atau makanan berbumbu pekat. Namun dalam konteks ini belum mendapat penjelasan ilmiah secara pasti.

Sedangkan dalam ilmu kedokteran atau dalam medis, panas dalam yang terjadi biasanya dapat disebabkan oleh suatu kondisi medis tertentu. Bibir kering dan lemas dapat diakibatkan oleh dehidrasi. Berbeda dengan sembelit bisa terjadi karena kekurangan asupan serat, vitamin, dan mineral. Sedangkan panasa dalam yang terjadi pada tubuh dapat muncul karena adanya infeksi atau penyakit lainnya.

Dalam kondisi ini, ada banyak gejala yang sering dikaitkan dengan panas dalam. Beberapa di antaranya, biasanya gejala panas dalam yang dialami seseorang mulai dari sakit tenggorokan, bibir kering dan pecah-pecah, bau mulut, sariawan, lemas, sakit ketika menelan, dan sembelit (susah buang air besar). Untuk mengatasi kondisi tersebut, simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Mengenal penyebab panas dalam

Panas dalam bukanlah suatu jenis penyakit yang membutuhkan obat medis saja. Kondisi ini juga dapat diatasi dengan menggunakan berbagai jenis obat alami maupun medis. Tentunya sebelum melangkah ke pengobatan sangat perlu untuk mencari tahu dulu penyebabnya sehingga memudahkan untuk mengatasinya.

Daun.id

sumber; pexels

Berikut ini penyebab terjadinya panas dalam yang dapat diketahui :

- Sakit tenggorokan, merupakan salah satu penyakit yang sering berkaitan dengan panas dalam. Sakit tenggorokan dapat disebabkan oleh adanya infeksi atau faktor lingkungan tertentu, seperti halnya udara kering atau banyak polusi. Sakit tenggorokan bisa menyebabkan rasa rasa kurang nyaman saat menelan makanan. Pada umumnya kondisi ini dapat hilang dengan sendirinya.

- Sariawan, sariawan dapat terjadi karena adanya infeksi jamur yang berkembang di dalam mulut, biasa disebut dengan istilah kandidiasis oral. Jenis infeksi pada sariawan tergolong ringan dan jarang menyebabkan masalah serius. Tetapi, hal ini tetap harus diwaspadai, sebab dapat membeahayakan orang yang memiliki sistem kekebalan lemah. Kondisi ini menyebabkan komplikasi yang berpotensi serius.

- Naiknya asam lambung, asam lambung dapat terjadi ketika isi dari perut seseorang mengalami naik ke kerongkongan. Penyakit ini dapat menimbulkan sensasi rasa terbakar yang kurang nyaman pada dada, yang bisa menjalar hingga ke leher. Pada kasus tertentu, asam lambung dapat menyebabkan kesulitan menelan. Terkadang dapat menyebabkan masalah pernapasan, seperti batuk kronis atau asma.

- Melemahnya sistem kekebalan, imun tubuh seharusnya melindungi tubuh dari berbagai penyakit, infeksi, dan mempercepat pemulihan setelah sakit. Jika sistem kekebalan tubuh melemah, seseorang akan rentan mengalami infeksi pada tubuhnya. Seseorang dengan sistem kekebalan yang lemah kemungkinan besar terkena infeksi lebih sering. Sehingga menyebabkan terjadinya panas dalam.

- Adanya gangguan pencernaan, gangguan ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada perut bagian atas. Misalnya gangguan pencernaan, seperti usus dan lambung dapat menyebabkan terjadinya peradangan. Peradangan ini dapat memicu terjadinya diare, nyeri perut, mual, muntah, dan perasaan kurang nyaman di dalam tubuh hingga mirip dengan gejala panas dalam.

- Iritasi pada mulut dan saluran pernapasan, iritasi ini dapat menimbulkan rasa kurang nyaman, sakit, hingga panas di tenggorokan. Pada umumnya iritasi disebabkan makanan yang pedas dan berminyak, polusi udara, dan asap rokok. Penyakit ini bisa memunculkan sariawan di mulut, lidah, dan tenggorokan. Kondisi ini termasuk penyebab panas dalam pada umumnya.

Itulah beberapa kondisi yang dapat menyebabkan terjadinya panas dalam. Hindari beberapa kondisi di atas yang dapat menyebabkan panas dalam. Sehingga dapat terhindar dari gejala-gejala panas dalam.

Cara mengatasi panas dalam

Istilah panas dalam kini sudah lagi tidak asing di telinga orang pada umumnya. Panas dalam sering kali dihubungkan dengan terjadinya rasa kurang nyaman pada tenggorokan dan nyeri ketika menelan. Kondisi ini harus segera diatasi, pasalnya dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Berikut ini cara mengatasi panas dalam :

1. Mengonsumsi sayur dan buah

Daun.id

sumber; pexels

Sayur dan buah merupakan sumber makanan yang kaya akan kandungan seratnya, vitamin, dan mineral sehingga dapat membantu melancarkan sistem pada pencernaan. Selain itu, sayur dan buah juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Misalnya sayur bayam, kangkung, wortel, terong, dan brokoli. Stroberi, pepaya, apel, dan anggur juga termasuk cara alami untuk mengatasi panas dalam.

2. Meningkatkan minum air putih

Daun.id

sumber; pexels

Kondisi dehidrasi atau tubuh kekurangan cairan yang dibutuhkan pada seseorang dapat menyebabkan terjadinya panas dalam. Sehingga dapat menimbulkan gejala panas dalam seperti tenggorokan kering dan bibir pecah-pecah bisa diakibatkan oleh dehidrasi, pastikan minum air putih yang cukup. Sehingga dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang, dan mengatasi panas dalam.

3. Kompres es batu

Daun.id

sumber; pexels

Panas dalam yang muncul dapat menyebabkan terjadinya nyeri pada area mulut. Maka, segera lakukan kompres pada bagian mulut yang mengalami nyeri dengan menggunakan es batu yang telah dibungkus dengan kain lembut dan bersih. Selain itu, tentunya juga bisa langsung mencelupkan kain bersih ke air dingin sebagai kompres. Sehingga dapat mengatasi panas dalam.

4. Mengonsumsi madu

Dalam berbagai penelitian, madu memiliki banyak khasiat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, termasuk panas dalam. Jadi, ketika area tenggorokan mulai terasa sakit atau kering, segera mengonsumsi. Madu dapat dicampur dengan teh, air hangat, atau langsung diminum untuk mengatasi panas dalam. Madu juga dapat dioleskan pada area bibir untuk mengatasi bibir pecah-pecah.

5. Kompres kantong teh

Daun.id

sumber; pixabay

Kantong teh yang telah digunakan juga dapat membantu untuk mengatasi panas dalam. Cara mengatasi panas dalam yaitu dengan mengompres pada bagian yang nyeri dengan menggunakan kantong teh celup yang sudah diseduh. Daun teh dapat bermanfaat untuk melawan peradangan sehingga dapat meredakan nyeri. Kompres selama 15 sampai 20 menit kira-kira sebanyak tiga kali sehari.


6. Berkumur dengan cairan garam
Daun.id

sumber; pexels

Menggunakan cairan garam untuk berkumur dapat membantu meringankan panas dalam. Siapkan segelas air putih hangat dan berikan garam secukupnya untuk dilarutkan. Kemudian berkumurlah sambil mendongak, sehingga dapat mengatasi panas dalam. Berkumurlah selama 20 sampai 30 detik lalu buang airnya, dan jangan ditelan. Ulangi berkumur air garam setiap beberapa jam sekali untuk hasil yang efektif.

7. Mengonsumsi teh herbal

Daun.id

sumber; pixabay

Chamomile tea sudah ada sejak zaman dahulu dan digunakan ntuk mengatasi panas dalam secara alami yang dapat menenangkan sakit tenggorokan karena sifat antiperadangan dan antioksidan. Selain itu, menghirup aroma teh herbal jenis ini dapat membantu pilek yang terjadi. Seduhlah teh chamomile seperti hanya minuman teh untuk diminum sehingga dapat mengatasi panas dalam.

Demikian beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi panas dalam yang terjadi. Jika beberapa cara di atas sudah diterapkan namun belum mendapat hasil yang maksimal. Sebaiknya lakukan pengecekan kondisi ini ke dokter, sehingga dapat mengetahui penyebabnya dan perawatan lebih lanjut.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

KAMIS, 28 MARET 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:31 SUBUH 04:41 DUHA 06:18 ZUHUR 12:00
ASHAR 15:14 MAGHRIB 18:02 ISYA 19:11  

Zodiak Aries Hari Ini

Percintaan

Percintaan Aries pada bulan Maret 2024 akan menjadi penuh gairah dan emosional. Hubungan yang sudah ada dapat mengalami beberapa perubahan dan tantangan, tetapi dengan komunikasi yang baik, Aries dapat memperkuat ikatan mereka. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu seseorang yang menarik dan memulai hubungan baru.



Aries Selengkapnya