Bagaimana Cara Membuat Video Stabil dengan Ponsel Cerdas?

"Banyak dari kita mendapatkan hasil video yang goyang saat membuatnya menggunakan ponsel cerdas. Dengan alat yang tepat, setiap video yang goyang dapat diminimalisir. Artikel ini akan memberikan tiga c..."

Tech | 10 June 2024, 06:56
Bagaimana Cara Membuat Video Stabil dengan Ponsel Cerdas?

Banyak dari kita mendapatkan hasil video yang goyang saat membuatnya menggunakan ponsel cerdas. Dengan alat yang tepat, setiap video yang goyang dapat diminimalisir.

Ada banyak penyebab mengapa video goyang atau bergetar menggunakan ponsel cerdas. Wajar, sebab tidak mungkin untuk tetap diam sepenuhnya saat merekam video. Jadi jika kamu tidak menggunakan teknik genggam yang tepat atau penstabil ponsel, video mungkin goyang karena tubuh kamu.

Video juga goyang karena kamu memperbesar (zoom) terlalu jauh. Saat kamera benar-benar diperkecil, gerakan kecil yang dilakukan tubuh tidak cukup untuk memengaruhi video tetap diam. Saat kamu memperbesar, gerakan tersebut menjadi sangat besar. Jadi jika kamu merekam video jarak jauh, maka memerlukan teknik yang tepat.

Ada banyak cara untuk memperbaiki video yang goyang, bahkan tanpa alat profesional. Berikut adalah tiga metode terbaik untuk mencegah dan memperbaiki video yang goyang.

1. Gunakan penstabil ponsel

Jika ingin sepenuhnya mencegah rekaman ponsel cerdas yang goyang, hal terbaik yang dapat kamu lakukan adalah berinvestasi pada penstabil ponsel alias gimbal. Perangkat genggam ini memegang ponsel pada tongkat yang berputar ke tiga arah, dengan mulus menyesuaikan pan dan tilt kamera ponsel dengan gerakan alami tangan.

Banyak stabilisator smartphone gimbal dijual dengan harga bervariasi, mulai dari yang termurah hingga yang sangat mahal. Untuk model yang lebih murah biasanya tidak memiliki beberapa fitur berkualitas dibanding model yang mahal. Selain itu kamu juga bisa menggunakan tripod. Beberapa fitur kaki tripod bawaan, memungkinkan kamu beralih dengan mulus di antara dua gaya stabilisasi.

Stabilisator ponsel dan tripod akan memberikan hasil yang luar biasa, tetapi masing-masing cocok untuk pekerjaan yang berbeda. Kamu harus membeli penstabil ponsel gimbal untuk video dinamis di mana kamera akan bergerak secara aktif, sedangkan tripod sangat cocok untuk mencapai stabilitas dengan rekaman diam.

2. Rekam dengan metode videografi genggam yang tepat

Videografi genggam adalah yang paling mudah beradaptasi, tetapi juga merupakan cara paling sulit untuk menghindari video yang goyang. Kamu dapat meminimalkan seberapa banyak goyangan yang ditampilkan dalam video dengan menggunakan metode yang tepat. Bergantung pada apakah kamu merekam video horizontal atau vertikal, postur tangan terbaik sangat berbeda.

Jika kamu merekam video sambil memegang ponsel secara horizontal, kamu dapat menstabilkannya sambil memegang ponsel dengan kedua tangan membentuk bentuk L. Kamu dapat menyelipkan siku ke samping untuk menstabilkan lengan, atau bersandar pada sesuatu di dekatnya untuk sedikit dukungan ekstra. Dalam kebanyakan kasus, kamu akan mendapatkan hasil lebih baik saat merekam video horizontal dengan metode ini.

Jika merekam video secara vertikal, kamu dapat memegang ponsel seperti biasanya, tetapi harus menguatkan tangan kamu terhadap apa pun untuk menstabilkannya sangat penting. Kamu dapat menekan siku ke perut dengan mudah, atau menyandarkan lengan ke dinding atau permukaan yang rata.

3. Stabilkan menggunakan aplikasi pengeditan video

Tidak mudah untuk mendapatkan video yang stabil saat kamu sudah mengambilnya. Tetapi banyak aplikasi pengeditan video dapat membantu memperbaiki video yang goyang. Ada banyak aplikasi penstabil video hebat di iOS dan Android, salah satunya CapCut.

Setelah menginstal dan membuka Capcut, kamu dapat memulai proses menstabilkan video dengan membuat proyek baru dan mengimpor video yang ingin kamu stabilkan. Selanjutnya, pilih Edit dan gulir melalui opsi di bagian bawah layar hingga kamu menemukan fitur Stabil.

Seret titik pilihan kamu di sepanjang sumbu untuk memilih nilai apa pun di antara empat prasetel stabilisasi, yang berkisar dari pemangkasan minimal hingga stabilisasi maksimum. Mengklik tombol putar tepat di atas garis waktu memungkinkan kamu melihat pratinjau video sebelum diekspor.

Setelah puas dengan pratinjaunya, kamu dapat menyimpan dan mengekspor video dengan mengetuk ikon tanda centang di sudut kanan bawah layar, lalu menekan tombol ekspor di sudut kanan atas layar.

Meskipun lebih mudah untuk mencegah video yang goyang daripada memperbaikinya, ada cara untuk membuat setiap video dapat digunakan. Dengan berinvestasi pada stabilisator ponsel seperti tripod dan gimbal dan menggunakan aplikasi penstabil video gratis, kamu dapat meningkatkan kemampuan videografi ponsel cerdas.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

KAMIS, 13 JUNI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:28 SUBUH 04:38 DUHA 06:22 ZUHUR 11:55
ASHAR 15:17 MAGHRIB 17:48 ISYA 19:03  

Zodiak Gemini Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Juni 2024, Gemini akan mengalami perubahan yang signifikan dalam kehidupan percintaannya. Bagi yang sudah berpasangan, hubungan dapat mengalami tantangan dan perlu komunikasi yang jelas untuk mengatasi masalah. Bagi yang masih single, ada kemungkinan munculnya seseorang yang menarik perhatian dan dapat menjadi pasangan potensial.



Gemini Selengkapnya