Apakah BMKG memperkirakan hujan akan mengguyur beberapa kota dan ada peringatan potensi banjir rob?

Tech | 10 June 2024, 15:29

"Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan hujan masih mengguyur sebagian kota besar di Indonesia seiring dengan adanya sirkulasi siklonik, konfluensi, dan konvergensi di sejum..."

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan hujan masih mengguyur sebagian kota besar di Indonesia seiring dengan adanya sirkulasi siklonik, konfluensi, dan konvergensi di sejumlah wilayah. Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan, kata Prakirawan BMKG Nurul Tazaroh dalam pernyataannya, Ahad, 9 Juni 2024, seperti dilansir Antara.

Di Pulau Sumatra, BMKG memprakirakan hujan ringan berpotensi turun di Tanjung Pinang, Bandar Lampung, Palembang, dan Bengkulu. Hujan lebat hingga hujan petir diprediksi terjadi di Medan, Pekanbaru, dan Pangkal Pinang. Adapun cuaca cerah berawan di Padan, Banda Aceh, dan Jambi.

Di Pulau Jawa, hujan ringan hingga lebat berpotensi terjadi di Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Langit berawan diprediksi terjadi di Serang, Semarang, dan Yogyakarta.

Kepulauan Sunda Kecil, yaitu Denpasar dan Mataram, akan mengalami hujan ringan. Kota Kupang diprakirakan berawan. Prakiraan BMKG menyebutkan, Palangka Raya diprediksi berawan, Tanjung Selor berkabut. Sedangkan Samarinda akan hujan ringan, Pontianak dan Banjarmasin diprediksi akan terjadi hujan petir.

Mamuju, Makassar, dan Kendari diprakirakan berawan. Sementara itu, hujan ringan akan terjadi di Gorontalo, Kota Palu dan Manado hujan petir. Kemudian, seluruh wilayah timur Indonesia berpotensi mengalami hujan ringan, yaitu Ternate, Manokwari, Jayapura, dan Ambon.

Nurul menyampaikan bahwa angin permukaan umumnya bertiup dari arah timur hingga tenggara dengan kecepatan berkisar 10 sampai 50 kilometer per jam. Sehingga perlu diwaspadai angin kencang di Nusa Tenggara Timur. Prakiraan tinggi gelombang laut berkisar antara 0,5 hingga 2,5 meter. Waspadai gelombang tinggi 2,5 hingga 4 meter di Samudera Hindia sebelah barat Lampung dan Samudera Hindia sebelah selatan Jawa hingga Bali.

BMKG juga memperingatkan soal potensi banjir rob di pesisir Sumatera Utara, pesisir Banten, pesisir Jakarta, pesisir Jawa Timur, pesisir Kalimantan Timur, dan pesisir Kalimantan Barat.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SABTU, 27 JULI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:35 SUBUH 04:45 DUHA 06:26 ZUHUR 12:01
ASHAR 15:24 MAGHRIB 17:56 ISYA 19:09  

Zodiak Leo Hari Ini

Percintaan

Dalam percintaan, Zodiak Leo akan mengalami kebahagiaan dan keharmonisan pada bulan Juli 2024. Hubungan yang sudah ada akan semakin erat dan stabil. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk menemukan pasangan yang cocok. Namun, tetap perlu berkomunikasi dengan jujur dan menghargai perasaan pasangan.



Leo Selengkapnya