Hukum Membaca Al-Qur'an di HP bagi Wanita yang Sedang Haid Menurut Penjelasan Buya Yahya

"Tahukah Anda hukum membaca Al-Qur'an di HP bagi wanita yang sedang haid? Temukan penjelasan lengkap dari Buya Yahya dalam artikel ini."

Life | 11 June 2024, 13:51
Hukum Membaca Al-Qur'an di HP bagi Wanita yang Sedang Haid Menurut Penjelasan Buya Yahya

Teknologi digital memudahkan aktivitas manusia, tak terkecuali dalam beribadah. Kemudahan ini salah satu dampak positif perkembangan teknologi yang patut diakui.

Dengan teknologi digital, kini umat Islam tak perlu repot-repot membawa mushaf Al-Qur’an cetak. Sekarang muslim bisa mengunduh aplikasi Al-Qur’an di HP masing-masing, kemudian membaca kitab suci itu dengan mudah.

Namun demikian, aplikasi Al-Qur’an di HP memunculkan berbagai pertanyaan. Salah satunya tentang hukum membaca Al-Qur’an di HP bagi wanita haid. Apakah tetap haram atau boleh?

Persoalan ini pernah muncul dalam kajian Al Bahjah yang diisi oleh KH Yahya Zainul Ma’arif alias Buya Yahya. Ulama kharismatik kelahiran Blitar itu menjelaskannya dengan gamblang.

Saksikan Video Pilihan Ini:

Penjelasan Buya Yahya

Buya Yahya mengatakan, jawaban pertanyaan tersebut terbagi menjadi dua bahasan, yaitu soal menyentuh dan membaca Al-Qur’an lewat HP bagi wanita haid. Dua bahasan itu bukan masalah HP-nya, tapi hukum asal wanita haid menyentuh dan membaca Al-Qur’an-nya.

Buya Yahya menjelaskan, wanita yang dalam keadaan haid mutlak tidak boleh menyentuh mushaf. Mushaf adalah Al-Qur’an yang ada lembarannya, dan termasuk dihukumi mushaf adalah HP yang disengaja membuka aplikasi Al-Qur’an.

“Kecuali kepencet. Kepencet bukan niat buka tapi kelihatan (Al-Qur’an) langsung tutup. Tapi kalau dia mencari dan membuka (secara sengaja) sama seperti membuka mushaf. Maka dia memegangnya dan menyentuhnya adalah haram bagi seorang wanita dalam keadaan haid,” jelasnya dikutip dari YouTube Al Bahjah TV, Jumat (7/6/2024).

Pengasuh LPD Al Bahjah ini menegaskan, keharaman wanita haid menyentuh Al-Qur’an baik di HP maupun mushaf langsung tidak bisa ditawar. Hal tersebut ditegaskan oleh imam mazhab empat (Imam Syafi’i, Imam Hambali, Imam Hanafi, dan Imam Malik), yang membolehkan adalah Imam Dawud azh-Zhahiri

Membaca Al-Qur’an bagi Wanita Haid

Jumhur ulama mazhab Imam Syafi’i, Imam Hambali dan Imam Hanafi menyatakan, seorang wanita haid tidak diperkenankan membaca Al-Qur’an, kecuali Al-Qur’an yang sifatnya untuk dzikir atau tahasun untuk menjaga diri seperti yang diajarkan nabi.

“Misalnya seorang wanita haid ingin baca surah al-Falaq dan an-Nas seperti yang diajarkan nabi sebelum tidur. Membaca al-Falaq, an-Nas, ayat kursi, kemudian ditiup ke tangannya diusap ke wajahnya sampai sekujur tubuhnya. Biar pun itu Al-Qur’an yang dibaca, tapi ada pendidikan dari nabi dan itu untuk tahasun, untuk menjaga diri,” jelas Buya Yahya.

“Atau untuk dzikir dalam Al-Qur’an ada lafadz lailahaillallah, subhanallah, lahaula wala quwwata illa billahil aliyil adzim. Itu dari Al-Qur’an semuanya, boleh bagi wanita haid. Itu menurut jumhur ulama,” sambung Buya Yahya.

Berbeda dengan Imam Malik. Buya Yahya mengatakan, imam mazhab ini membolehkan bagi wanita haid membaca ayat-ayat Al-Qur’an tapi tidak dengan menyentuh mushafnya (mushaf fisik atau HP) untuk belajar dan mengajar.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan Buya Yahya terkait hukum membaca Al-Qur'an di HP saat haid, dapat disimpulkan bahwa:

  1. Membaca Al-Qur’an di HP maupun mushaf langsung sama-sama membaca Al-Qur’an.
  2. Wanita haid haram menyentuh Al-Qur’an, baik mushaf maupun aplikasi Al-Qur’an yang dibuka secara sengaja, sebagaimana pendapat empat mazhab.
  3. Imam Syafi’i, Imam Hambali, dan Imam Hanafi menyatakan wanita haid tidak diperkenankan membaca Al-Qur’an (HP atau mushaf). Sementara, Imam Malik membolehkan jika untuk kegiatan belajar dan mengajar.

Wallahu a’lam.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Cancer Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Juni 2024, hubungan percintaan Anda akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang kurang baik dapat menyebabkan konflik dan ketegangan dalam hubungan. Penting bagi Anda untuk berbicara dengan jujur dan terbuka dengan pasangan Anda untuk mengatasi masalah ini. Jaga kepercayaan dan komitmen dalam hubungan Anda.



Cancer Selengkapnya