Apakah Starlink akan tetap beroperasi di Indonesia tahun depan?

Tech | 12 June 2024, 15:47

"Berita terbaru mengenai Starlink dan aturan yang harus dipenuhi saat beroperasi di Indonesia."

Apakah Starlink akan tetap beroperasi di Indonesia tahun depan?

Jakarta - Berbagai isu terkait Starlink jadi salah satu yang dibicarakan dalam rapat Komisi I bersama Menteri Kominfo Budi Arie Setiadi, Senin (11/6/2024). Termasuk aturan yang harus dipenuhi layanan berbasis satelit itu saat beroperasi di Indonesia.

Budi memastikan Starlink telah memenuhi aturan yang berlaku. Khususnya Network Operation Center yang ditekankan harus ada di dalam negeri dan kewajiban membayar pajak.

"Jadi equal playing field kita ciptakan, termasuk pajak, karena dalam berbagai kesempatan saya selalu tekankan, pertama, NOC [Network Operation Center] harus di Indonesia," kata dia.

Izin terkait NOC keluar April lalu. Budi Arie menjanjikan pihaknya akan terus melakukan monitoring terkait semua aturan yang harus dipenuhi.

Bahkan dia tak segan mengancam Starlink jika tak patuh dengan aturan Indonesia. Layanan milik pengusaha dan miliarder Elon Musk itu bisa "diusir" dari Indonesia jika tak patuh dengan aturan.

"Dan kami terus berupaya melakukan pengawasan dan pengendalian, jadi mereka bisa bilang NOC sudah ada, kita cek. Izinnya baru April, jadi nanti kita terus monitoring dan kita evaluasi karena izin ISR labuh itu per tahun," ungkap dia.

"Jadi kalau tahun depan dia enggak comply dengan kebijakan-kebijakan kita ya Wassalamualaikum, goodbye," imbuh Budi Arie.

Budi Arie juga menjawab isu pemerintah memberikan perlakuan khusus bagi Starlink untuk beroperasi di Indonesia. Dia menegaskan pemerintah tak melakukannya dan memberikan perlakuan yang setara.

Dalam kesempatan itu, dia juga mengatakan tak perlu khawatir Starlink akan merebut pasar Indonesia. Dari data yang dia dapatkan, pangsa pasar Starlink di negara lain tak menyentuh 1%.

"Enggak usah khawatir Starlink. Karena data terakhir Starlink itu di Amerika Serikat cuma 0,2% dari market share di Amerika, di Kanada cuma setengah persen, di Australia juga setengah persen dan di Selandia Baru cuma 0,8% pengguna Starlink Selandia Baru," tuturnya.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

MINGGU, 21 JULI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:35 SUBUH 04:45 DUHA 06:27 ZUHUR 12:01
ASHAR 15:23 MAGHRIB 17:56 ISYA 19:09  

Zodiak Cancer Hari Ini

Percintaan

Dalam percintaan, kamu akan mengalami perubahan yang signifikan pada bulan Juli 2024. Jika kamu sudah memiliki pasangan, hubungan kamu akan semakin erat dan harmonis. Namun, jika kamu masih single, ada kemungkinan kamu akan bertemu dengan seseorang yang istimewa dan memulai hubungan yang serius.



Cancer Selengkapnya