Resep Filet Mignon: Tips Memilih, Memasak, dan Dua Resep Saus yang Cocok

"Filet mignon adalah potongan daging sapi yang sangat istimewa, terkenal karena kelembutannya dan cita rasanya yang kaya. Artikel ini memberikan tips memilih dan memasak filet mignon, serta dua resep s..."

Life | 15 June 2024, 21:35
Resep Filet Mignon: Tips Memilih, Memasak, dan Dua Resep Saus yang Cocok

Bagi pecinta steak, tidak ada potongan yang lebih baik daripada filet mignon. Filet mignon adalah potongan daging sapi yang sangat istimewa, terkenal karena kelembutannya dan cita rasanya yang kaya. Ia sering dianggap sebagai raja steak karena teksturnya yang meleleh di mulut, menjadikannya favorit untuk acara istimewa dan hidangan gurmet.

Salah satu alasan mengapa filet mignon begitu istimewa adalah karena ia berasal dari ujung kecil tenderloin, otot yang tidak banyak bekerja. Kurangnya olahraga membuat dagingnya sangat lembut. Selain itu, resep filet mignon memungkinkan cita rasa alami daging sapi terpancar, menawarkan pengalaman makan yang benar-benar istimewa.

Aspek lain yang membedakan filet mignon adalah keanekaragaman dalam memasaknya. Apakah Anda lebih suka membakar, menggoreng, atau memasaknya di dalam panci, resep filet mignon memastikan steak tetap juicy dan penuh cita rasa. Rasanya yang lembut cocok dengan berbagai saus dan hidangan sampingan.

Memasak filet mignon mungkin tampak menakutkan bagi pemula karena harganya yang tinggi. Tetapi jangan khawatir; dengan resep filet mignon yang mudah dan tips dari kami, kami akan membimbing Anda tentang cara memasak filet mignon dengan sempurna. Kami juga akan membagikan dua jenis saus yang cocok untuk steak Anda. Kami mengumpulkan resep dan tips ini dari berbagai sumber, Rabu (12/6/2024).

A. Tips Memilih dan Memasak Filet Mignon

Memilih dan memasak filet mignon mungkin terlihat menakutkan, terutama bagi pemula, tetapi dengan tips dan trik yang tepat, Anda dapat mempersiapkan steak yang lezat yang sebanding dengan yang disajikan di restoran mewah. Berikut adalah beberapa poin yang dapat membantu Anda dalam proses tersebut:

  1. Memilih Potongan yang Sempurna: Saat memilih filet mignon, cari potongan yang berwarna merah cerah dengan lemak halus di seluruh daging. Steak harus terasa kenyal saat disentuh dan memiliki sedikit jaringan ikat. Pilih potongan yang lebih tebal, karena lebih mudah dimasak hingga tingkat kematangan yang diinginkan tanpa terlalu matang. Menurut situs web Allen Brothers, ketebalan ideal untuk filet mignon adalah sekitar 1,5 hingga 2 inci.
  2. Biarkan Suhu Ruangan: Sebelum memasak, biarkan filet mignon mencapai suhu ruangan selama sekitar 30 menit. Ini membantu steak matang secara merata dan memastikan hasil yang juicy dan lembut.
  3. Bumbui dengan Sederhana: Filet mignon memiliki cita rasa yang lembut yang terpancar saat dibumbui dengan garam dan merica secara sederhana. Hindari menggunakan marinade atau rempah-rempah yang terlalu kuat yang dapat menyembunyikan rasa alami daging sapi.
  4. Panggang untuk Cita Rasa: Untuk sear yang berkualitas restoran, panaskan permukaan memasak Anda - apakah itu panggangan, penggorengan, atau pemanggang - hingga sangat panas. Panggang filet mignon selama beberapa menit di setiap sisi untuk membuat kerak yang kaya cita rasa sambil menjaga bagian dalamnya tetap lembut dan juicy.
  5. Gunakan Termometer Daging: Untuk memastikan filet mignon matang sesuai tingkat kematangan yang Anda inginkan, gunakan termometer daging. Untuk steak setengah matang, tuju suhu internal 130-135°F (54-57°C), matang 140-145°F (60-63°C), dan matang sempurna 150-155°F (66-68°C).
  6. Istirahatkan Sebelum Dipotong: Setelah dimasak, biarkan filet mignon istirahat selama beberapa menit sebelum dipotong. Ini memungkinkan jus tersebar kembali, menghasilkan steak yang lebih lezat dan lembut.

B. Resep Filet Mignon

Bahan-bahan:

  • 2 potong filet mignon
  • Garam
  • Merica
  • 2 sendok makan minyak zaitun
  • 2 sendok makan mentega

Instruksi:

  1. Ambil filet mignon dari lemari es sekitar 30 menit sebelum memasak agar mencapai suhu ruangan. Ini memastikan pemanggangan yang merata.
  2. Bumbui kedua sisi steak dengan garam dan merica secara merata. Kesederhanaan bumbu memungkinkan cita rasa alami daging sapi terpancar.
  3. Di penggorengan atau wajan, panaskan minyak zaitun dengan api sedang-tinggi hingga berkilauan. Letakkan steak yang sudah dibumbui dengan hati-hati ke dalam wajan panas. Panggang steak selama sekitar 3-4 menit di setiap sisi, atau hingga terbentuk kerak cokelat keemasan.
  4. Tambahkan mentega ke dalam wajan selama beberapa menit terakhir memasak. Sendokkan mentega yang meleleh ke atas steak untuk memperkaya cita rasa.
  5. Setelah steak matang sesuai tingkat kematangan yang diinginkan - apakah itu setengah matang, matang setengah, atau matang - angkat dari wajan dan pindahkan ke piring. Biarkan steak istirahat selama 5 menit sebelum disajikan. Ini memungkinkan jus tersebar kembali, menghasilkan steak yang lembut dan juicy.
  6. Sajikan filet mignon panas dengan hidangan sampingan favorit seperti kentang tumbuk, sayuran panggang, atau salad segar. Hiasi dengan potongan daun peterseli, jika diinginkan, untuk sentuhan rasa dan elegan.

C. Resep Saus Anggur Merah untuk Filet Mignon

Saus anggur merah yang kaya dan lezat dapat meningkatkan cita rasa filet mignon Anda menjadi hidangan berkualitas restoran. Saus ini mudah dibuat dan cocok sempurna dengan steak yang lembut. Ikuti langkah-langkah sederhana ini untuk membuat saus anggur merah yang lezat:

Bahan-bahan:

  • 1 cangkir anggur merah
  • 1 cangkir kaldu sapi
  • 2 sendok makan mentega
  • 1 sendok makan tepung terigu
  • 1 bawang merah, cincang halus (opsional)
  • 1 siung bawang putih, cincang halus (opsional)
  • Garam dan merica secukupnya

Instruksi:

  1. Setelah memasak filet mignon, gunakan wajan yang sama untuk membuat saus. Ini memastikan Anda mengambil semua sisa rempah-rempah yang lezat di wajan dari steak.
  2. Jika Anda menggunakan bawang merah dan bawang putih, tambahkan ke wajan dan tumis dengan api sedang hingga lembut dan harum, sekitar 2-3 menit.
  3. Tuang anggur merah ke dalam wajan. Gunakan sendok kayu untuk mengikis semua sisa rempah-rempah yang menempel di dasar wajan. Sisa rempah-rempah ini menambah cita rasa yang luar biasa pada saus.
  4. Masak anggur hingga mendidih dan biarkan mengurang sebanyak setengahnya. Biasanya membutuhkan waktu sekitar 5-7 menit. Pengurangan ini memperkuat cita rasa anggur.
  5. Setelah anggur mengurang, tambahkan kaldu sapi. Lanjutkan memasak campuran hingga mengurang lagi setengahnya. Ini akan memakan waktu 5-7 menit lagi.
  6. Dalam mangkuk kecil, campurkan tepung terigu dan mentega hingga membentuk pasta (ini disebut beurre manié). Kocok pasta ini ke dalam saus untuk mengentalkannya. Masak beberapa menit lagi hingga saus mengental sesuai konsistensi yang diinginkan.
  7. Bumbui saus dengan garam dan merica secukupnya. Sesuaikan rasa sesuai kebutuhan.
  8. Tuang saus anggur merah di atas filet mignon atau sajikan di sampingnya. Cita rasa kaya dan dalam dari saus ini sempurna melengkapi steak yang lembut dan juicy.

D. Resep Saus Jamur untuk Filet Mignon

Saus jamur krim adalah pelengkap sempurna untuk filet mignon, menambahkan kedalaman dan kelezatan pada hidangan. Resep ini sederhana dan cepat, memungkinkan Anda membuat saus gurmet dengan mudah. Ikuti langkah-langkah ini untuk membuat saus jamur yang lezat:

Bahan-bahan:

  • 1 cangkir jamur iris (seperti jamur cremini atau jamur putih)
  • 1 cangkir kaldu sapi
  • 1/2 cangkir krim kental
  • 2 sendok makan mentega
  • 1 bawang merah, cincang halus (opsional)
  • 1 siung bawang putih, cincang halus (opsional)
  • Garam dan merica secukupnya
  • Peterseli segar, cincang halus (untuk hiasan, opsional)

Instruksi:

  1. Setelah memasak filet mignon, gunakan wajan yang sama untuk membuat saus. Ini memungkinkan Anda menangkap semua cita rasa lezat yang tersisa di wajan dari steak.
  2. Jika Anda menggunakan bawang merah dan bawang putih, tambahkan ke wajan bersama mentega. Tumis dengan api sedang hingga lembut dan harum, sekitar 2-3 menit.
  3. Tambahkan jamur iris ke wajan. Masak jamur hingga lembut dan berwarna cokelat, sekitar 5-7 menit. Aduk sesekali untuk memastikan masakan yang merata.
  4. Tuang kaldu sapi ke dalam wajan bersama jamur. Biarkan campuran mendidih dan biarkan mendidih selama sekitar 5 menit, agar cita rasanya tercampur sempurna.
  5. Kurangi suhu menjadi kecil dan masukkan krim kental. Biarkan saus mendidih perlahan hingga sedikit mengental, sekitar 3-5 menit. Aduk sesekali agar saus tidak lengket di wajan.
  6. Bumbui saus dengan garam dan merica secukupnya. Sesuaikan rasa sesuai kebutuhan.
  7. Tuang saus jamur di atas filet mignon atau sajikan di sampingnya. Hiasi dengan peterseli segar jika diinginkan.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SABTU, 13 JULI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:34 SUBUH 04:44 DUHA 06:27 ZUHUR 12:01
ASHAR 15:23 MAGHRIB 17:54 ISYA 19:08  

Zodiak Cancer Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Juli 2024, hubungan percintaan Anda akan mengalami kemajuan yang positif. Jika Anda sudah memiliki pasangan, hubungan Anda akan semakin erat dan harmonis. Jika Anda masih single, ada kemungkinan Anda akan bertemu dengan seseorang yang menarik dan memiliki potensi untuk menjadi pasangan yang serius.



Cancer Selengkapnya