9 Cara Mengatasi Jerawat di Dagu, Ketahui Penyebabnya

"Jerawat pada umumnya dapat tumbuh pada bagian wajah mana saja, salah satunya tumbuh di dagu dan kondisi ini sangat rentan."

Life | 11 March 2022, 17:29
9 Cara Mengatasi Jerawat di Dagu, Ketahui Penyebabnya

Jerawat tidak saja terjadi pada usia muda namun juga dapat terjadi pada orang dewasa. Tetapi masalah jerawat seringkali identik terjadi pada usia muda. Pada umumnya jerawat seringkali disebabkan oleh pori-pori kulit yang tersumbat sel kulit mati dan kotoran, kurang terawatnya kebersihan kulit wajah, bahkan stres hingga hormon yang mudah berubah-ubah.

Jerawat dapat tumbuh pada bagian kulit wajah mana saja termasuk jerawat di dagu, janganlah panik jika mengalami masalah ini. Sebaiknya tetap dalam kondisi yang tenang, hindarilah memencet jerawat di dagu secara langsung. Sebagian orang memencet jerawatnya dengan beranggapan dapat menghilangkan jerawat dengan cepat. Padahal cara tersebut sangat tidak efektif, justru bisa menjadikan jerawat semakin parah.

Kondisi tumbuhnya jerawat di dagu tentu dapat mengganggu penampilan hingga mengurangi rasa percaya diri. Jerawat di dagu juga harus mendapat perawatan yang tepat agar tidak menyebar bagian wajah lainnya. Selain itu jerawat di dagu juga dapat menimbulkan rasa nyeri dan membuat penderitanya terasa kurang nyaman serta mengganggu aktivitas sehari-hari.

Kemunculan jerawat di dagu pun terkadang dapat terjadi secara tiba-tiba. Dalam keadaan ini bagi yang tidak terbiasa menghadapinya tentu merasa panik, kesal, dan lain sebagainya. Kondisi ini tentu harus diatasi melalui beberapa cara agar tidak menyebar kemana-mana. Hal utama sebelum mencari cara mengatasinya, sebaiknya kenali terlebih dahulu penyebab tumbuhnya jerawat di dagu.

Mengenal penyebab jerawat di dagu

Jerawat di dagu tidak dapat diremehkan begitu saja, kondisi ini dapat disebabkan oleh kondisi hormon yang sering berubah-ubah. Selain itu juga dipengaruhi oleh beberapa penyebab lainnya. Berikut ini penyebab terjadinya jerawat di dagu :

Daun.id

sumber; pixabay

- Mengonsumsi makanan berminyak, mengonsumsi makanan yang berminyak secara berlebihan dapat juga menjadi pemicu tumbuhnya jerawat, termasuk di dagu. Misalnya sering mengonsumsi gorengan, akan menyebabkan kelenjar memproduksi minyak berlebihan dan memicu tumbuhnya jerawat di dagu.

- Rambut tumbuh ke dalam kulit, hal ini sering kali terjadi pada laki-laki yang menyukur rambut jenggot. Jika dilakukan dengan sembarangan dapat menyebabkan peradangan, dan bisa memicu tumbuhnya jerawat di dagu.

- Kondisi kulit wajah yang kurang terawat, jika kebersihan kulit pada wajah kurang terjaga dengan baik. Hal ini dapat memicu penumpukan kotoran dan menyebabkan pori-pori tersumbat. Sehingga menimbulkan tumbuhnya jerawat khususnya dikulit dagu.

- Hormon yang berubah-ubah, hal ini seringkali dialami oleh perempuan yang sedang hamil dan saat mengalami menstruasi. Kondisi ini dapat memicu terjadinya jerawat akibat tidak seimbangnya hormon. Selain itu juga dapat menyebabkan jerawat di dagu.

Itulah beberapa kondisi atau faktor yang dapat menyebabkan tumbuhnya jerawat di dagu pada umumnya. Hindarilah beberapa kebiasaan kurang tepat yang dapat menyebabkan tumbuhnya jerawat di dagu sehingga dapat mencegah terjadinya jerawat di dagu.

Cara mengatasi jerawat di dagu

Terjadinya peradangan pada kulit wajah atau dagu yang mengenai kelenjar sebum dapat menyebabkan timbulnya jerawat di dagu. Kondisi ini dapat menimbulkan rasa nyeri, dan bahkan mengganggu kenyamanan. Meski tidaklah berbahaya, akan tetapi jerawat jerawat di dagu tidak bisa diremehkan begitu saja. Pasalnya infeksi jerawat di dagu dapat menyebar kemana-mana.

Berikut ini cara mengatasi jerawat di dagu :

1. Oleskan madu alami

Daun.id

sumber; pixabay

Madu sangat terkenal diberbagai kalangan dapat mengatasi berbagai macam penyakit. Kandungan antiseptik yang terdapat di dalam madu, dapat  mengatasi masalah jerawat di dagu. Selain itu juga dapat menjaga kelembapan kulit sehingga tampak segar. Cara penggunaan, sediakan madu alami secukupnya. Setelah oleskan pada jerawat di dagu, dan tunggu selama 20 menit. Setelah itu bilas dengan menggunakan air bersih.

2. Gunakan asam salisilat

Jenis asam ini merupakan senyawa alami yang dapat secara efektif untuk mengatasi masalah jerawat di dagu. Selain itu asam salisilat dapat membantu menghilangkan kotoran yang terdapat dibagian wajah sehingga tampak bersih. Pastikan asam salisilat hanya untuk digunakan pada jerawat di dagu saja, gunakan pelembap untuk menghindari dehidrasi kulit.

3. Masker kantong teh hijau

Daun.id

sumber; pixabay

Teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang bermanfaat untuk kecantikan kulit. Salah satunya dapat membantu mengurangi peradangan dan melawan bakteri penyebab munculnya jerawat di dagu. Gunakan saja kantong teh hijau yang telah digunakan sebagai minuman, caranya cukup mudah. Seduh saja teh kantong hijau dengan air panas. Lalu gunakan sisa kantung teh hijau untuk ditempelkan pada jerawat di dagu.

4. Oleskan bawang putih

Bawang putih memiliki kandungan zat sulfur sehingga sangat efektif untuk mengatasi jerawat di dagu. Haluskan bawang putih secukupnya, setelah merata oleskan pada bagian jerawat di dagu. Kemudian tunggu 15 menit, lalu cuci dengan bersih dan lakukan secara rutin. Sehingga benar-benar terbukti mengatasi jerawat di dagu.

5. Gunakan masker kunyit

Daun.id

sumber; pixabay

Kunyit selain sebagai bumbu dapur, juga dapat diketahui mimiliki kandungan kaya antioksidan. Sehingga dapat menumbuhkan sel baru dengan yang sudah mati untuk tumbuh lagi dengan cepat. Selain itu juga dapat digunakan untuk mengatasi jerawat pada kulit wajah, termasuk jerawat di dagu. Kunyit juga dapat digunakan sebagai tambahan bahan alami untuk masker wajah.

6. Masker putih telur

Putih telur memiliki kandungan yang dapat diandalkan untuk mengatasi jerawat di dagu. Caranya, siapkan telur lalu pisahkan putih telur dan kuningnya. Gunakanlah putih telur tersebut untuk bermasker, tunggu hingga mengering minimal 15 menit dan meresap pada kulit atau bagian dagu. Guna mendapatkan hasil yang lebih sempurna tambahkan air sari lemon.

7. Oleskan retnoid topikal

Daun.id

sumber; pexels

Retnoid topikal memiliki kandungan yang dapat digunakan untuk mengatasi jerawat di dagu. Selain itu juga dapat mempercepat regenerasi sel dan memperbaiki tekstur kulit wajah. Sebaiknya gunakan malam hari sebelum tidur, sebab retnoid dapat menjadikan kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari. Hidari juga untuk penggunaan pada ibu hamil, hal ini penting untuk diperhatikan.

8. Masker irisan tomat

Tomat dapat diketahui memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, dan antioksidan yang mampu membantu untuk melembapkan kulit. Sehingga tomat bisa diandalkan untuk mengatasi jerawat di dagu. Caranya cukup mudah, iris tomat tipis-tipis menjadi beberapa bagian dan cuci dengan bersih. Setelah itu gunakan irisan tomat pada jerawat di dagu 2 kali dalam sehari. Sehingga dapat mengatasi jerawat di dagu.

9. Gunakan gel lidah buaya

Daun.id

sumber; pixabay

Lidah buaya memiliki banyak manfaat untuk kecantikan kulit. Lidah buaya memiliki kandungan polifenolnya sangat cocok untuk digunakan mengatasi masalah jerawat di dagu. Oleskan gel lidah buaya secara rutin pada bagian jerawat di dagu. Caranya, siapkan lidah buaya beberapa batang, lalu kupas dan pisahkan gel dengan kulitnya, kemudian oleskan gel lidah buaya pada area jerawat di dagu.

Demikianlah beberapa cara yang dapat diaplikasikan untuk mengatasi jerawat di dagu. Serta hindarilah beberapa hal yang dapat memicu atau penyebab terjadinya jerawat di dagu. Sehingga dagu aman dari jerawat.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

KAMIS, 25 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:53
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:50 ISYA 19:01  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya