2 Cara Menghapus Riwayat Pencarian di Play Store, Lewat Aplikasi dan Fitur Setting

"Aplikasi Play Store merupakan sebuah aplikasi yang di dalamnya terdapat banyak aplikasi yang bisa diunduh dan diinstal di Android."

Tech | 17 March 2022, 16:39
2 Cara Menghapus Riwayat Pencarian di Play Store, Lewat Aplikasi dan Fitur Setting

Sebenarnya dengan adanya riwayat pencarian pada Play Store akan memudahkan kita dalam mencari aplikasi yang pernah dicari dalam Play Store. Namun sebagian orang juga ingin menghapusnya karena alasan tertentu, pengguna ingin menghapus riwayat pencarian di Google Play Store. Hal ini dapat dilakukan jika pengguna merasa terganggu atau menganggapnya sebagai sebuah hal privasi yang perlu dirahasiakan.

Histori penelusuran yang terdapat di Play Store memang akan semakin bertambah banyak jika tidak dihapus dan dibiarkan begitu saja. Setiap kata kunci yang pernah digunakan dalam riwayat pencarian secara otomatis sudah terekam. Biasanya hal ini dapat membantu seseorang memudahkan kembali dalam pencarian pada suatu aplikasi.

Misalnya bisa lebih mudah untuk melakukan penelusuran ulang sebuah aplikasi tanpa perlu mengingat-ingat dan mengetik ulang kata kunci yang pada mesin pencarian di Play Store. Hanya saja memang tidak dapat dipungkiri bahwa data-data pencarian yang pernah dilakukan terkadang akan memuat suatu hal yang bersifat pribadi. Tentu kondisi ini tidak dapat dilakukan diketahui oleh siapapun.

Sehingga merahasiakannya adalah cara agar tidak diketahui oleh orang lain yang meminjam handphone untuk membuka suatu laman tertentu di Play Store. Cara menghapus riwayat pencarian di Play Store tergolong sangat mudah untuk dilakukan. Anda hanya perlu membuka setelan yang tersedia pada layanan di Google Play Store. Simak artikel di bawah ini.

Cara menghapus riwayat pencarian di Play Store

Sebenarnya menghapus riwayat pencarian di Play Store bukan suatu hal yang sulit. Namun hal itu hanya berlaku bagi orang-orang yang sudah mengetahuinya. Jika Anda belum mengetahui, bacalah artikel di bawah ini hingga selesai. Berikut ini cara menghapus riwayat pencarian di Play Store :

1. Cara menghapus riwayat pencarian di Play Store melalui aplikasi

Daun.id

sumber; pixabay

Untuk melakukan cara ini, ikutilah beberapa langkah di bawah ini :

- Buka aplikasi Play Store yang telah terinstal di HP Anda

- Ketuk pada foto profil yang telah terdapat di kolom pencarian di Play Store

- Klik Settings pada aplikasi tersebut

- Ketuk bagian General yang telah tersedia

- Masuk ke bagian menu Account and device preferences yang terdapat di dalamnya.

- Carilah pada bagian History

- Ketuk pada opsi Delete device search history yang tersedi.

Dengan beberapa langkah di atas tentu secara otomatis riwayat pencarian di Play Store yang dihapus akan hilang.

2. Cara menghapus riwayat pencarian di Play Store melalui setting

Selain menggunakan beberapa langkah di atas, kita juga dapat melakukan beberapa cara lain melalui fitur setting yang telah tersedia pada Android. Ikuti beberapa langkah seperti di bawah ini :

Daun.id

sumber; unsplash

- Bukalah menu Settings yang telah tersedia pada perangkat Android

- Masuk pada bagian manajemen aplikasi, biasanya ditulis sebagai Apps atau App management.

- Carilah aplikasi Google Play Storage, kemudian ketuk Google Play Store.

- Bukalah pada bagian Storage yang telah tersedia.

- Ketuk pada bagian menu Clear Data yang tersedia.

- Konfirmasi dengan mengetuk Delete, sehingga seluruh data riwayat pencarian di Play Store dapat terhapus.

Demikianlah beberapa langkah yang mesti ditempuh dalam menghapus riwayat pencarian di Play Store. Jika Anda merasa risih dengan riwayat pencarian di Play Store silahkan lakukan langkah seperti di atas. Jika mengalami kesulitan, minta bantuan teman-teman, keluarga, atau langsung datang ke ahlinya.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya