7 Cara Dasar untuk Mencegah Hubungan Toksik, Salah Satunya adalah Komunikasi Terbuka

Life | 10 July 2024, 16:58

"Mencegah hubungan yang tidak sehat atau toksik dapat dilakukan dengan menerapkan beberapa kebiasaan sehari-hari yang bertujuan untuk menjaga ikatan yang kuat."

7 Cara Dasar untuk Mencegah Hubungan Toksik, Salah Satunya adalah Komunikasi Terbuka

1. Perhatikan Pasangan Anda

Menurut terapis Lauren Cook, banyak dari kita hidup dalam kebiasaan otomatis yang dapat mempengaruhi hubungan kita. Ini dapat membuat kita kurang perhatian terhadap pasangan kita, tidak menyadari masalah yang muncul, dan merasa terputus dari hubungan kita.

Dengan memprioritaskan kesehatan hubungan dan memberikan cukup perhatian, kita dapat mencegah hubungan yang tidak sehat berkembang.

2. Bersenang-senang Bersama

Hidup seringkali dihadapkan dengan berbagai tekanan seperti kehidupan sehari-hari, pekerjaan, dan masalah pribadi, yang dapat menjadi sumber stres dan mempengaruhi hubungan.

Penting untuk menyadari bahwa semakin Anda membiarkan stres eksternal mempengaruhi hubungan Anda, semakin besar dampak negatifnya. Untuk mengatasi tantangan ini, diperlukan upaya untuk menjaga suasana yang ringan dan menyenangkan dengan pasangan Anda. "Tertawa bersama pasangan Anda sangat penting. Singkirkan ego Anda dan luangkan waktu untuk bersenang-senang bersama," kata Cook. Dengan bersenang-senang dan bersikap positif, kebiasaan toksik dalam hubungan dapat dikurangi, memungkinkan hubungan berkembang dan menjadi lebih baik.

3. Habiskan Waktu Bersama

Ketika berada dalam hubungan, seringkali kesibukan tugas-tugas sehari-hari membuat Anda lupa betapa pentingnya menghabiskan waktu berkualitas dengan pasangan Anda.

Ariel Sank, seorang pekerja sosial klinis berlisensi dengan pengalaman bekerja dengan pasangan, menyatakan bahwa meluangkan waktu untuk sarapan bersama setiap pagi, menonton acara favorit di malam hari, atau sering pergi kencan dapat sangat membantu mengurangi aspek-aspek tidak sehat dalam hubungan. Dengan menghabiskan lebih banyak waktu bersama sebagai pasangan, Anda dapat sepenuhnya hadir dan menikmati kebersamaan tanpa terjebak dalam tekanan dan masalah sehari-hari.

4. Berusaha untuk Komunikasi Terbuka

Komunikasi terbuka dengan pasangan Anda dapat memberikan ruang untuk mendiskusikan perasaan atau kekhawatiran Anda daripada menyimpannya sendiri.

"Setiap orang memiliki gaya komunikasi yang berbeda, jadi penting untuk belajar dan memahami gaya komunikasi Anda sendiri dan pasangan Anda, dan menjadikannya prioritas," kata Sank. Dengan komunikasi terbuka, Anda dapat menghindari kesalahpahaman dan menjaga hubungan yang harmonis.

5. Jangan Ragukan untuk Menunjukkan Cinta Anda

Menunjukkan cinta secara langsung, seperti memberikan pujian atau sentuhan fisik yang lembut, adalah cara yang efektif untuk memperkuat ikatan emosional dengan pasangan Anda.

Menurut Cook, mengetahui apa yang membuat pasangan Anda merasa dicintai adalah kunci yang sangat penting. Dengan menyadari hal ini setiap hari, Anda dapat memperkuat hubungan emosional dan romantis dengan pasangan Anda.

6. Jangan Memberikan Perlakuan Diam

Penting untuk berkomunikasi ketika merasa frustrasi atau tidak nyaman agar masalah dapat segera ditangani, daripada menyimpannya dan memberikan perlakuan diam.

Menunggu pasangan Anda menyadari masalah atau menggunakan pendekatan pasif-agresif hanya akan membuat hubungan menjadi lebih tidak sehat.

"Jika Anda frustrasi dengan pasangan Anda, memiliki masalah dalam hubungan Anda, atau hanya memiliki hari yang buruk, jujurlah tentang perasaan Anda," kata Jonathan Bennett, ahli hubungan dan kencan di Double Trust Dating. Dengan berbicara terbuka dan mencari waktu untuk membahasnya, Anda dapat mengatasi perasaan-perasaan tersebut daripada menyimpannya dan membiarkannya berkembang menjadi masalah yang lebih besar. Kebiasaan sederhana ini dapat membantu Anda dan pasangan Anda menjauhkan toksisitas dari hubungan Anda, membantu Anda berdua memeriksa, mendengarkan, dan memprioritaskan hubungan.

7. Hargai Hal-Hal Kecil

Menurut Bennett, banyak hubungan menjadi tidak sehat karena kedua pasangan mulai fokus pada aspek-aspek negatif dalam hubungan dan satu sama lain.

Jadi, jika Anda belum melakukannya, cobalah menjadikannya kebiasaan untuk memperhatikan hal-hal kecil yang Anda lakukan satu sama lain, kemudian nikmati dan hargai dengan rasa syukur. "Dengan mengungkapkan rasa syukur satu sama lain dan menunjukkannya, Anda menjaga hubungan tetap fokus pada aspek-aspek positif kehidupan bersama," kata Bennett. Kebiasaan sederhana ini dapat membantu mencegah hubungan terjebak dalam siklus negatif dan menjaga keseimbangan positif dalam hubungan Anda.

Dengan menerapkan kebiasaan-kebiasaan ini, Anda dapat mencegah hubungan yang tidak sehat dan membangun hubungan yang lebih kuat dan harmonis. Jangan ragu untuk mengambil langkah proaktif dalam menjaga hubungan Anda agar tetap sehat dan bahagia.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Leo Hari Ini

Percintaan

Dalam hal percintaan, bulan Juli 2024 akan menjadi waktu yang menyenangkan bagi zodiak Leo. Jika Anda sudah memiliki pasangan, hubungan Anda akan semakin erat dan harmonis. Jika Anda masih single, ada kemungkinan besar Anda akan bertemu dengan seseorang yang menarik dan potensial untuk menjadi pasangan hidup Anda.



Leo Selengkapnya