Tips Membuat Jamur Crispy yang Kriuk Renyah dan Tahan Lama, Anti Lembek!

"Tips membuat jamur crispy yang kriuk renyah dan tahan lama. Pilih jamur segar, rendam dalam air asam, gunakan tepung bumbu yang tepat, pastikan minyak panas, jangan terlalu banyak menggoreng jamur."

Life | 11 July 2024, 03:01
Tips Membuat Jamur Crispy yang Kriuk Renyah dan Tahan Lama, Anti Lembek!

Kalau ngobrolin menu favorit keluarga, jamur crispy mungkin termasuk salah satu yang jadi favorit. Hidangan ini cukup sederhana karena hanya membutuhkan jamur dan tepung serta bumbu-bumbu pelengkapnya. Selain itu, disantap dengan menu apapun juga terasa nikmat. Mau dicocol dengan sambal bawang ulekan sendiri atau dikombinasikan dengan tumisan pasti terasa sedapnya.

Namun, membuat jamur crispy yang kriuk renyahnya bertahan lama ternyata jadi tantangan tersendiri. Biarpun terlihat simpel, tapi kalau salah teknik memasak hasilnya juga malah jadi lembek yang bikin kurang mantap. Jadi, gimana sih tips membuat jamur crispy yang kriuk renyahnya tahan lama? Cari tahu di sini!

1. Jamur Tidak Perlu Dicuci

Masih sering mencuci jamur sebelum diolah? Ternyata, ini dia kesalahan pertama yang bikin olahan jamur crispy kamu malah jadi lembek. Pada dasarnya, jamur punya tekstur seperti spons yang bisa menyerap air. Kalau dicuci, jamur jadi basah dan sulit untuk mendapatkan hasil yang crispy saat digoreng. Tips membuat jamur crispy agar renyah adalah tidak perlu dicuci, tapi cukup bersihkan dengan kain atau tisu bersih lembap untuk menghilangkan kotoran menempel.

Selain itu, jamur yang tidak dicuci juga akan lebih cepat menyerap bumbu. Jadi, ketika dicampurkan dengan adonan, rasanya akan lebih meresap dan lezat. Kalau kamu tetap merasa perlu mencuci jamur, pastikan untuk mengeringkannya dengan baik menggunakan tisu atau lap bersih sebelum mengolahnya lebih lanjut.

2. Adonan Pelapis yang Tepat

Adonan pelapis adalah kunci utama dalam membuat jamur crispy yang renyah. Ada dua jenis tepung yang perlu kamu siapkan, yaitu tepung pencelup dan tepung kering. Tepung pencelup atau tepung basah biasanya menggunakan tepung terigu. Tepung ini berfungsi sebagai perekat untuk tepung kering nanti. Pastikan adonan tepung pencelup ini cukup kental agar bisa menempel dengan baik pada jamur.

Sementara itu, untuk tepung kering bisa menggunakan tepung beras atau maizena. Tepung beras akan memberikan tekstur yang lebih renyah dan tahan lama. Campurkan sedikit bumbu seperti garam, merica, dan bubuk bawang putih ke dalam tepung kering untuk memberikan rasa ekstra pada jamur crispy kamu.

Kalau nggak mau repot mengombinasikan berbagai jenis tepung, kamu bisa andalkan tepung bumbu serbaguna yang lebih praktis. Jenis tepung ini sudah dibumbui, sehingga kamu nggak perlu lagi menambahkan apa-apa ke dalam adonan nanti. Tinggal ikuti cara penggunaan tepung yang tepat agar bisa menghasilkan adonan sesuai harapan.

3. Tambahkan Telur pada Adonan Pencelup

Telur berfungsi sebagai pengikat yang kuat dalam adonan pencelup, sehingga bisa menempel dengan sempurna pada permukaan jamur. Selain itu, telur juga memberikan rasa gurih yang khas pada jamur crispy. Gunakan satu atau dua butir telur, tergantung pada banyaknya jamur yang akan digoreng.

Agar lebih merata, kocok telur terlebih dahulu sebelum dicampurkan dengan tepung terigu. Jika ingin hasil yang lebih gurih dan berwarna kecokelatan, tambahkan sedikit air ke dalam adonan telur dan tepung terigu. Aduk rata hingga adonan menjadi kental dan siap digunakan untuk mencelupkan jamur.

4. Tambahkan Susu Bubuk dan Baking Soda

Untuk mendapatkan jamur crispy yang benar-benar kriuk dan tahan lama, tambahkan sedikit susu bubuk dan baking soda ke dalam adonan tepung kering. Susu bubuk akan memberikan rasa gurih yang lebih kaya dan tekstur yang lebih renyah. Sedangkan baking soda membantu adonan mengembang sedikit saat digoreng, sehingga hasilnya lebih ringan dan crispy.

Campurkan sekitar satu sendok teh baking soda dan satu sendok makan susu bubuk ke dalam tepung kering. Aduk hingga tercampur merata. Kombinasi ini akan membuat lapisan luar jamur lebih garing dan tetap renyah meskipun sudah didiamkan beberapa saat setelah digoreng.

5. Goreng dalam Minyak Panas

Proses penggorengan adalah tahap krusial yang menentukan hasil akhir jamur crispy yang diolah. Pastikan minyak dalam wajan sudah benar-benar panas sebelum mulai menggoreng. Suhu minyak yang ideal untuk menggoreng adalah sekitar 170-180 derajat Celsius. Kamu bisa mengecek suhu minyak dengan cara memasukkan sedikit adonan tepung ke dalam minyak. Jika langsung berbuih dan naik ke permukaan, berarti minyak sudah cukup panas.

Goreng jamur dalam minyak panas hingga terendam sepenuhnya. Jangan terlalu banyak memasukkan jamur sekaligus, karena bisa menurunkan suhu minyak dan membuat jamur tidak matang merata. Goreng jamur hingga berwarna kecokelatan dan tiriskan di atas kertas minyak untuk menghilangkan kelebihan minyak. Dengan cara ini, jamur crispy buatanmu akan tetap renyah dan lezat untuk waktu yang lebih lama.

Berbekal tips di atas, olahan jamur crispy buatan sendiri di rumah akan terasa lebih kriuk renyahnya dan tahan lama. Nggak kalah deh sama yang dijual di warung-warung. Selamat mencoba tipsnya sendiri di rumah ya!


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SABTU, 13 JULI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:34 SUBUH 04:44 DUHA 06:27 ZUHUR 12:01
ASHAR 15:23 MAGHRIB 17:54 ISYA 19:08  

Zodiak Cancer Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Juli 2024, hubungan percintaan Anda akan mengalami kemajuan yang positif. Jika Anda sudah memiliki pasangan, hubungan Anda akan semakin erat dan harmonis. Jika Anda masih single, ada kemungkinan Anda akan bertemu dengan seseorang yang menarik dan memiliki potensi untuk menjadi pasangan yang serius.



Cancer Selengkapnya