Pemilu 2024 Bakal Berbasis Elektronik? Ini Perkembangan terbarunya

"Kominfo sedang menggodok kebijakan ini"

News | 25 March 2022, 18:05
Pemilu 2024 Bakal Berbasis Elektronik? Ini Perkembangan terbarunya

Pemilihan umum 2024 tengah dipersiapkan dengan serius oleh pemerintah. Ada wacana untuk menggunakan teknologi dalam pemungutan suara ini. Dilansir dari Liputan6, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate siap mengadopsi teknologi digital dalam perhelatan massal ini.

Seperti apa perkembangan terbarunya?

1. Penggunaan teknologi ini bisa meningkatkan efektivitas dan efisiensi.
2. Tahapan pemilih, verifikasi identitas pemilih, pemungutan suara, penghitungan suara hingga transmisi dan tabulasi hasil pemilu semuanya bisa ditingkatkan dengan teknologi.
3. Johnny ingin teknologi digital sebagai bagian dari solusi permasalahan pemilu.
4. Pemerintah akan bersiap untuk meningkatkan infrastruktur digital di berbagai daerah.

Johnny mencontohkan India sebagai salah satu negara yang berhasil menerapkan teknologi digital dalam pemilu. Di negara tersebut bahkan sudah mengembangkan teknologi blockchain untuk melengkapi sistem digital yang ada.

India menggunakan teknologi mutakhir ini untuk televoting atau pemungutan suara jarak jauh. Teknologi ini juga akan digunakan pada 2024 mendatang.

(aziz talaksa/sso)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya