Peneliti Ungkap Hormon Spesial Yang Ubah Singa Ganas Jadi Bak Kucing Jinak

"Kok bisa ya?"

Life | 06 April 2022, 13:00
Peneliti Ungkap Hormon Spesial Yang Ubah Singa Ganas Jadi Bak Kucing Jinak

Singa di alam liar sangat agresif dengan manusia atau hewan lain. Singa akan dengan ganas menerkam siapapun yang masuk ke wilayahnya. Nah, bagaimana jika ada hormon yang bisa merubah sikap singa yang ganas jadi jinak bak kucing?

Dilansir dary phys.org, peneliti menghabiskan bertahun-tahun menyemprot hormok oxytocin ke hidung singa. Hasilnya mengejutkan, deretan singa tersebut jadi lebih jinak dan jarang mengaum ke orang asing.

Seperti apa faktanya?

1. Hasil penelitian diterbitkan di jurnal iScience.
2. Penelitian ini sangat bermanfaat untuk konservasi singa di alam liar.
3. Hormon ini mempengaruhi kebiasaan singa untuk lebih santai dan sosial dengan kawanannya.

Oxycotin adalah hormon yang bertanggung jawab untuk meningkatkan ikatan sosial di berbagai hewan. Peneliti sendiri menjuluki hormon ini sebagai senyawa "Cuddle atau pelukan". Hormon ini membuat hewan bahagia dan merasa tentram. 

Menariknya, jika hormon ini diberikan kepada bayi akan menyebabkan ia mencari puting ibunya. Efeknya sendiri sudah terlihat di hewan peliharaan seperti anjing. 

(aziz talaksa/sso)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SELASA, 30 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:49 ISYA 19:00  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya