Cara Menghapus Aplikasi di Handphone Oppo, Mudah dan Cepat

"Menghapus aplikasi di Handphone Oppo tidak sulit, ikuti cara ini."

Tech | 30 April 2022, 14:59
Cara Menghapus Aplikasi di Handphone Oppo, Mudah dan Cepat

Setiap membeli handphone baru, pasti sudah ada beberapa aplikasi yang sudah terinstal atau biasa disebut dengan aplikasi bawaan. Termasuk pada handphone Oppo, pasti ada aplikasi bawaan saat baru dibeli.

Namun sayangnya, beberapa aplikasi bawaan ini tidak kebanyakan dari aplikasi bawaan tersebut tidak dapat di hapus/uninstal, sehingga dapat memberikan manfaat yang jelas, menghabiskan ruang penyimpanan dan bisa saja memakan ram/memori. Itulah yang akhirnya akan membuat smartphone oppo anda semakin lama semakin lelet atau berat untuk di operasikan.

Selain aplikasi bawaan saat handphone baru, pasti anda juga akan mengunduh tambahan aplikasi lain yang anda butuhkan. Namun aplikasi-aplikasi tersebut juga sama efeknya seperti aplikasi bawaan saat membeli, yaitu sama-sama dapat mengurangi ruang penyimpanan dan mengakibatkan handphone oppo anda semakin berat saat di operasikan. Sehingga anda juga perlu menghapusnya untuk mengurangi ruang.

Cara Hapus Aplikasi di Oppo
Untuk menghapus aplikasi di handphone Oppo sebenarnya sangatlah mudah untuk dilakukan dan tidak memerlukan cara yang sulit. Fitur copot pemasangan ada pada manajemen aplikasi di Oppo dan tentunya bisa anda coba gunakan. Dan untuk menghapus aplikasi di handphone Oppo, anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

- Langkah pertama, bukalah menu “Setelan” di handphone Oppo yang anda miliki. Selanjutnya, anda dapat memilih “Setelan Tambahan”.

- Selanjutnya pilih bagian “Manajemen Aplikasi”. Setelah itu, pilih aplikasi yang ingin anda hentikan dan hapus data. Dan untuk melakukannya, anda bisa tap “Hapus Instalasi”.

- Setelah hal tersebut dilakukan, maka aplikasi yang ingin di hapus akan tertutup dan semua data-datanya juga akan terhapus.

- Selesai.

NOTE :
Metode di atas dilakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Handphone Oppo
Untuk menghapus aplikasi bawaan pada handphone Oppo sebenarnya caranya hampir sama dengan menghapus aplikasi yang bukan bawaan dari handphone. Namun sayangnya ada beberapa aplikasi bawaan di handphone Oppo yang tidak dapat di hapus. Walaupun tidak bisa di hapus, anda dapat mencoba langkah-langkah di bawah ini:

1. Download aplikasi LADB dan Package Name.
2. Munculkan opsi pengembang pada handphone anda.
3. Setelah itu bukalah opsi pengembang pada menu pengaturan tambahan.
4. Kemudian aktifkan Debugging USB & Proses debug nirkabel.
5. Buka aplikasi LADB, lalu bukalah menu proses debug nirkabel.
6. Tekan Sambungkan perangkat dengan kode penghubung, maka akan muncul nomor kode penyambung wifi dan port.
7. Pada aplikasi LADB, Port : 5 nomor yang dibelakang bagian port, Pairing code : nomor yang ada pada kode penyambung wifi.
8. Tekan enter.
9. Buka aplikasi Package name, cari aplikasi mana yang di hapus, dan klik salin.
10. Buka aplikasi LADB, tuliskan : pm uninstal –user 0 (Spasi) package name.
11. Contoh : pm uninstal –user 0 com.google.android.apps.youtube, lalu tekan enter.
12. Selesai.

Cara di atas memang cukup ribet untuk dilakukan, namun ada alternatif lain apabila anda kesulitan untuk menggunakan cara di atas namun tetap ingin untuk menguninstal aplikasi bawaan tersebut. Yaitu dengan cara membuka info aplikasinya, kemudian menghapus data dan memori pada penyimpanannya, dan tekan nonaktifkan aplikasi. Jadi nantinya aplikasi tersebut masih ada, namun dalam status nonaktif yang artinya tidak memakan ram/memori yang dapat memperlambat kinerja handphone anda.

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya