Studi Ribuan Data DNA Manusia Ini Ungkap Penyebab Kanker, Kok Bisa?

"Kanker memang sangat menyusahkan."

News | 27 April 2022, 15:54
Studi Ribuan Data DNA Manusia Ini Ungkap Penyebab Kanker, Kok Bisa?

Kanker jadi salah satu penyakit mematikan yang susah ditangani. Sel tubuh yang mengalami kanker bisa berlipat ganda tanpa dikendalikan. Hal ini menyebabkan tubuh jadi lemah karena kesusahan melawan sel yang ganas tersebut. Mengidentifikasi dan memusnahkan sel kanker inilah yang sekarang masih jadi tantangan berat.

Dilansir dari Engadget, peneliti dari Inggris menyisir 12,000 tumor dari pasien yang dirawat di negara tersebut. Dari penelitian ini, ahli menemukan 58 mutasi baru dan potensi penyebabnya.

Tim gabungan berasal dari Cambridge University Hospitals dan University of Cambridge. Data yang diambil berasal dari proyek 100.000 Genome yang meneliti pasien dengan kanker dan penyakit langka.

Apa hasil penelitiannya?

1. Ketua tim peneliti Serena Nik-Zainal mengatakan bahwa data sebesar ini sangat bermanfaat. 
2. Peneliti berhasil memprediksi pola mutasi genetik yang ditemukan di dalam tumor. 
3. Dari 58 temuan yang ada, beberapa merupakan penyakit langka dan biasa. 
4. Serena mengatakan bahwa temuan ini bak sidik jari di lokasi pembunuhan. 

Dengan ditemukan penyebab pasti tumor lewat mutasi genetik, dokter bisa memberikan perawatan yang lebih spesifik. Misalnya, dokter bisa memberikan obat yang benar-benar menarget genetik yang abnormal.

Selain hasil penelitian ini dipublikasikan di jurnal, tim peneliti juga mengungkap FitMS. Ini merupakan aplikasi untuk memudahkan dokter mencocokan DNA pasien dengan database besar yang sudah ada. Dengan begitu, dokter bisa mengambil tindakan lanjutan dengan lebih mudah. 

(aziz talaksa/sso)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

RABU, 24 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:53
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:51 ISYA 19:01  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, Taurus akan mengalami perubahan positif dalam hubungan percintaan. Jika sudah memiliki pasangan, hubungan akan semakin harmonis. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya