13 Cara Menghilangkan Flek Hitam Hanya dalam Hitungan Hari

"Flek hitam dapat diatasi dengan hitungan hari."

Life | 05 November 2021, 16:42
13 Cara Menghilangkan Flek Hitam Hanya dalam Hitungan Hari

Kondisi flek hitam tentu dapat menjadi masalah tersendiri bagi kebanyakan perempuan. Flek hitam merupakan bintik-bintik hitam yang kadang muncul di kulit wajah. Timbul flek hitam sebab meningkatkan produksi melanin pada kulit, terutama ketika usai terkena sinar matahari.

Mengutip dari Medicalnewstoday, bintik hitam yang terjadi pada wajah dapat diakibatkan karena beberapa faktor, yakni:

- Terkena sinar matahari berlebih.
- Masalah kulit (jerawat, eksim, atau psoriasis).
- Meminum obat-obatan yang meningkatkan pigmentasi kulit.
- Trauma atau cedera pada kulit.
- Perubahan hormon ketika masa kehamilan.
- Diabetes.
- Penyakit liver.

Timbulnya bintik hitam pada wajah juga tidak dapat dihindari saat masa kehamilan. Riset yang dilakukan oleh The American College of Obstetricians and Gynecologists mengatakan, zat melanin dalam tubuh akan meningkat selama masa kehamilan, sehingga dapat memunculkan bintik atau bercak hitam (dark spots) di wajah.

1. Oleskan sari lemon
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Melansir Health Line, sari lemon kaya akan vitamin C yang dapat mencerahkan kulit dan meratakan warna kulit. Vitamin C telah terbukti sebagai agen depigmentasi efektif yang menurunkan pembentukan melanin. Melanin adalah pigmen yang secara alami dapat memberi warna kulit manusia.

2. Irisan kentang

Tahukan kamu? Jika kentang dapat dipakai untuk menghilangkan flek hitam hanya dengan waktu 1 jam? Kandungan zat tepung didalamnya diyakini dapat menurunkan pigmentasi, bahkan mencegah flek hitam. Kamu dapat memotong tipis kentang dan menaruh pada permukaan wajah seperti memakai masker.

3. Oleskan air seduhan teh hitam

Siapa kira? Bahwa teh hitam juga bisa dipakai dalam mencegah terjadinya flek hitam pada wajah. Mengutip NDTV, mengoleskan air teh hitam di area kulit yang gelap dapat mencegah timbulnya noda hitam.

4. Kunyit

Menurut Medical News Today, kunyit mengandung curcumin yang bisa meningkatkan proses penyembuhan luka. Kunyit juga memiliki manfaat sebagai zat antiperadangan.

5. Daun jambu bijiDaun.id

Sumber: Pixabay.com

Cara selanjutnya dapat memakai daun jambu biji untuk menghilangkan flek hitam pada wajahmu secara simple. Metode ini dapat dipakai dengan menghancurkan daun jambu biji kering terus dicampur dengan air bersih. Lalu, aduk campuran itu sampai teksturnya berubah menjadi kental. Pasta itu dapat dipakai untuk pembuatan masker wajah di area kulit wajah yang terdapat flek hitamnya. Pakai masker itu kurang lebih sekitar 10 menit.

Daun jambu biji yang memiliki kandungan sifat anti bakteri juga anti dapat berfungsi untuk meleyapkan flek hitam yang muncul di wajah. Dengan begitu, banyak orang yang mencoba cara tersebut sebab mudah mencarinya.

6. Soda kue

Soda kue juga mampu melenyapkan flek hitam di wajah dan tubuh dalam 1 jam. Kamu dapat memakai produk pembersih wajah yang mengandung soda kue dala komposisinya. Hal ini dikarenakan, soda kue ampuh menghilangkan flek hitam di wajah dan tubuh secara cepat.

Cara meracik soda kue untuk menghilangkan flek hitam juga sangat mudah. Anda hanya perlu mencampurkan air dan soda kue hingga menjadi pasta. Kemudian, oleskan pasta tersebut pada seluruh area kulit yang terdapat flek hitam. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air hangat hingga bersih. Hasilnya, Anda bisa melihat sendiri flek hitam di wajah Anda mulai berkurang.

7. Memakai pasta almond sebagai maskerDaun.id

Sumber: Pixabay.com

Apabila memiliki kulit wajah kering, kamu dapat memakai almond sebagai solusi menjaga wajah. Alasannya, almond merupakan pelembab alami. Almond juga memiliki kandungan antioksidan dan vitamin E. Buah ini ampuh dalam menyingkirkan flek hitam dan bekas luka pada wajah.

Meskipun membutuhkan tenaga dan waktu dalam membuat masker almond. Sebelum dijadikan masker, kacang almond perlu direndam bersama susu semalaman.

Kemudian, kacang almond dikupas dan digiling kemudian dicampurkan dengan madu dan bubuk cendana. Aduk sampai rata hingga masker almond menjadi pasta dan siap dipakai.

Masker almond tersebut akan menciptakan efek yang maksimal, apabila digunakan satu hingga dua minggu sekali. Lakukan pijatan ringan, supaya kamu memperoleh efek tenang dan nyaman.

8. Buttermilk

Cara berikutnya adalah dengan menggunakan buttermilk dalam melenyapkan flek hitam bekas jerawat. Hampir sama dengan jus lemon, yang dapat memudarkan noda dan flek hitam tetapi tidak menyebabkan reaksi terbakar di kulit. Asam laktat yang terkandung dalam almond mampu mengurangi mencerahkan kulit dan pigmentasi kulit dengan bertahap.

9. Kayu cendana

Kayu cendana adalah salah satu bahan yang efektif dalam membersihkan flek hitam dan bekas jerawat yang muncul di wajah. Kandungan minyak alami dalam kayu cendana dapat menghilangkan flek hitam dengan alami. Bahkan dapat membantu kulit terlihat sehat dan cerah.

10. Bawang Merah

Bawang merah tak hanya berfungsi menjadi rempah-rempah saja, namun juga dapat dipakai untuk membersihkan flek hitam atau dark spot. Bawang merah memiliki peran sebagai zat pemutih yang dapat memudarkan bintik-bintik coklat tua, sebab sifat asamnya.

11. Tomat dengan dicampur madu

Pastinya tak asing lagi terkait madu yang mempunyai fungsi yang baik bagi kesehatan kulit? Namun, apakah tomat juga?

Melansir penelitian dari Universitas Kristen Satya Wacana, likopen adalah salah satu pigmen karotenoid yang dapat dijumpai pada buah-buahan seperti tomat, anggur merah, pepaya, aprikot, hingga jambu merah bisa mencerahkan wajah, memudarkan bintik hitam secara alami, melawan penuaan dini, melindungi kulit dari sinar matahari, menjaga kesehatan jantung, bahkan mampu menurunkan resiko terkena kanker.

12. Pasta Tomat

Berdasarkan studi yang diterbitkan dalam The British Journal of Dermatology pada 2011 membuktikan, bahwa pasta tomat yang kaya akan likopen melindungi kulit dalam kerusakan sel jangka pendek hingga jangka panjang. Peserta studi menyantap 55 gram pasta tomat dalam minyak zaitun setiap hari selama 12 minggu.

13. Pepaya

Cara menghilangkan flek hitam secara alami selanjutnya adalah dengan pepaya. Enzim yang terkandung di pepaya bisa membuat kulit cerah dan membersihkan flek hitam yang ada di kulit.

Dalam pepaya terdapat papain, enzim yang dapat mengelupas kulit dalam melenyapkan sel kulit mati. Adapun manfaat lainnya, yaitu dapat melindungi kulit dan membersihkan kulit dari kotoran terhadap kerusakan sebab tersengat sinar matahari.

Itu dia rekomendasi bagi kamu yang dapat dicoba untuk menghilangkan flek hitam yang bandel.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SABTU, 15 JUNI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:29 SUBUH 04:39 DUHA 06:22 ZUHUR 11:55
ASHAR 15:17 MAGHRIB 17:48 ISYA 19:03  

Zodiak Gemini Hari Ini

Percintaan

Dalam hal percintaan, bulan Juni 2024 akan menjadi periode yang menarik bagi kamu sebagai seorang Gemini. Kamu mungkin akan bertemu seseorang yang menarik dan menarik perhatianmu. Namun, penting untuk tetap berhati-hati dan tidak terburu-buru dalam mengambil keputusan terkait hubungan asmara.



Gemini Selengkapnya