7 Cara Menghapus Database di phpMyAdmin Secara Mudah dan Simpel

"Kini Anda dapat menghapus database di phpMyAdmin dengan mudah dan praktis melalui cara di bawah ini."

Tech | 09 May 2022, 17:18
7 Cara Menghapus Database di phpMyAdmin Secara Mudah dan Simpel

phpMyAdmin merupakan suatu aplikasi yang berbasis website, aplikasi ini dapat digunakan melakukan pengaturan pada database MySQL. Selain itu juga dapat berfungsi untuk mengakses dan mengatur situs database dengan mudah. Pengaturan situs Database dapat diatur dengan mudah melalui aplikasi phpMyAdmin, bahkan juga dapat menghapusnya.

Database dalam istilah lain juga dapat disebut dengan pangkalan data, dan memiliki peran penting dalam penyimpanan data komputer. Sehingga dapat menyimpan banyak data yang terdapat pada suatu program yang telah terinstal pada perangkat komputer. Selain dapat menyimpan dan menghapus Anda juga dapat mengedit Database website melalui phpMyAdmin.

Database di phpMyAdmin yang telah dihapus tentunya tidak dapat diakses kembali. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan bagi para pengguna yang baru. Dalam langkah menghapus Database, disarankan untuk benar-benar memilah data yang akan dihapus. Sehingga benar-benar dapat menghapus data dengan tepat.

Daun.id

sumber; pexels.com

Kali ini sahabat daun akan mencoba mengulas tentang langkah-langkah menghapus Database di phpMyAdmin. Nah, bagi yang masih kebingungan, simaklah beberapa ulasan melalui artikel di bawah ini.

Cara menghapus Database di phpMyAdmin

Seperti yang diketahui di atas, bahwa aplikasi phpMyAdmin memiliki fungsi untuk mengedit dan menghapus Database. Bagi pengguna yang masih awam seringkali mengalami kebingungan. Sehuingga perlu untuk mempelajari beberapa langkahnya, berikut ini cara menghapus Database di phpMyAdmin :

1. Pastikan Anda telah melakukan login di aplikasi phpMyAdmin.

2. Setelah melakukan login, Anda akan mendapati tampilan dashboard pada aplikasi phpMyAdmin.

3. Ketika sudah masuk pada dashboard pilih database yang Anda inginkan untuk dihapus, langsung saja klik pada database tersebut.

4. Selanjutnya, klik pada menu operations guna menghapus database.

5. Secara otomatis, Anda akan masuk menu operations, klik pada opsi Drop The Database atau DROP dan klik saja.

6. Setelah itu, Anda perlu mempertegas terkait kemantapan menghapus database tersebut. Jika sudah, langsung klik pada opsi OK.

7. Selesai, secara otomatis database akan terhapus. Anda tinggal menunggu proses penghapusan database selesai.

Daun.id

sumber; pexels.com

Jika proses penghapusan telah selesai, secara otomatis data yang telah Anda pilih akan terhapus dan hilang dari daftar. Sekali lagi, sebelum melakukan penghapusan pilahlah database yang akan dihapus dengan cermat dan teliti. Agar tidak terjadi salah hapus data, sebab tidak dapat dikembalikan jika sudah terhapus.

Demikian beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghapus database di phpMyAdmin. Jika Anda pengguna baru dan mengalami kesulitan, sebaiknya memint bantuan atau para ahli yang Anda ketahui. Selamat mencoba !.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya