10 Cara Menghilangkan Flek Hitam yang Membandel Secara Alami, Ketahui Penyebabnya

"Memiliki masalah flek hitam? Cobalah alternatif berikut ini!"

Life | 06 November 2021, 17:30
10 Cara Menghilangkan Flek Hitam yang Membandel Secara Alami, Ketahui Penyebabnya

Timbulnya bintik hitam yang berada di wajah tidak dapat dicegah ketika fase kehamilan. Riset yang diterbitkan The American College of Obstetricians and Gynecologists menyatakan bahwa, zat melanin pada tubuh dapat mengalami peningkatan ketika fase kehamilan, sehingga bisa menimbulkan bintik atau bercak hitam (dark spots) pada wajah.

Beberapa penyebab timbulnya flek hitam di wajah:

1. Terlalu sering terpapar sinar UV
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Dikutip dari Verywell Health, terkena sinar UV secara berlebihan biasanya aspek utama timbulnya flek hitam di area muka. Tidak hanya dari matahari, kamu juga dapat terpapar sinar UV dari beberapa sumber lainnya misalnya lampu ruangan, layar komputer, atau layar TV. Apabila kamu sering terkena sinar UV, utamanya dengan jangka yang tinggi tanpa memakai tabir surya, kamu memiliki risiko terdampak hiperpigmentasi sehingga flek hitam timbulnya di wajah.

2. Konsumsi obat-obatanDaun.id

Sumber: Pexels.com

Adapun berbagai obat yang dikonsumsi dapat mengakibatkan efek samping timbulnya flek hitam pada wajah. Obat-obatan itu, yakni antibiotik, obat bagi detak jantung yang tidak beraturan, obat penyakit mental, obat anti kejang, ataupun obat infeksi. Meskipun tidak semua obat-obatan itu mempunyai efek samping mengakibatkan flek hitam. Kamu dapat berkonsultasi dengan dokter atau apoteker dulu sebelum membeli obat atau saat mengambil obat itu, agar mengetahui apa saja efek sampingnya.

3. Melasma

Melasma adalah penyakit kulit yang dimunculkan karena perubahan hormon sehingga memberikan perubahan warna. Pada umumnya, penyakit ini ditemukan pada wanita hamil.

Nah, kamu dapat menggunakan 11 cara ini untuk menghilangkan flek hitam:

1. Lidah buaya

Berdasarkan ahli kecantikan Kim Chang dari Baylor Aesthetics Studio, lidah buaya mempunyai kandungan antioksidan, vitamin A, vitamin C, enzim, dan anti-inflamasi yang bisa mengurangi flek hitam, menyembuhkan luka bakar, serta dapat mencegah timbulnya jerawat.

2. Kunyit, Tepung, Air Beras

Pure Fiji memberikan rekomendasi campuran tepung, kunyit, dan air beras dengan cara menghilangkan flek hitam secara alami berikutnya yang dapat kamu coba. Caranya dengan mencampurkan 2 sdm tepung, 2 sdm air beras, dan 1 sdt kunyit. Seusai tercampur rata, oleskan di area flek hitam. Tunggu sekitar 20 menit, agar bahan tersebut dapat diserap kulit secara maksimal. Kemudian yang terakhir, basuh wajah dan pakai pelembab yang biasa digunakan.

3. Menggunakan masker oatmeal
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Oatmeal merupakan makanan yang disukai oleh mereka yang melakukan diet atau menerapkan gaya hidup sehat. Menu sehat ini cukup simple dibuat. Kamu hanya cukup menyeduhnya dengan air hangat sampai jadi bubur.

Tahukah kamu? Ternyata, oatmeal juga begitu mudah dijadikan masker sebagai solusi menghilangkan flek hitam pada muka. Kamu cukup menumbuk dan mencampurnya bersama air perasan lemon sampai berbentuk pasta.

4. Oleskan susu atau yogurt

Asam laktat dalam susu atau yogurt mempunyai manfaat yang bisa mengakibatkan perubahan warna atau menyembuhkan flek hitam pada kulit. Kamu dapat merendam bola kapas pada susu dan mengaplikasikannya di bercak kulit yang gelap sekitar dua kali sehari supaya hasilnya efektif. Jika  menggunkan yogurt kamu tinggal mengaplikasikan pada daerah kulit wajah yang ada flek hitamnya.

5. Putih telur

Cara menghilangkan flek hitam yang membandel selanjutnya adalah memakai putih telur. Dalam putih telur terdapat enzim lysozom. Zat ini bisa membersihkan sel kulit mati dan debu. Dengan begitu, cukup efektif untuk membersihkan bekas jerawat dan flek hitam. Kamu cukup menyediakan telur, lalu pisahkan putih dengan kuningnya. Setelah itu, kocok putih telur sampai mengembang. Aplikasikan di area bekas luka dan jerawat. Tunggu sekitar 10 menit, kemudian cuci menggunakan air hangat.

6. Santan

Santan merupakan cara untuk menghilangkan flek hitam yang membandel berikutnya. Adapun berbagai fungsi santan dalam kecantikan wajah, yakni melembapkan kulit, mengangkat sel-sel kulit mati, menekan timbulnya jerawat, dan manfaat lainnya.

7. Bawang bombai
Daun.id

Sumber: Pixabay.com

Sudah tahukah kamu? Bawang bombai dapat menjadi cara menghilangkan flek hitam yang membandel. Bawang bombai bisa dipakai untuk eksfoilator dalam membuat kulit tampak cerah. Cukup aplikasikan bawang bombai di wajah yang terdapat flek hitam. Lalu, basuh muka menggunakan air hangat.

8. Tomat

Dalam tomat terdapat lycopene yang cukup baik dalam membuat cerah warna kulit, mencegah radikal bebas, dan menghilangkan flek hitam yang membandel pada wajah. Selain itu, kamu juga bisa memakainya sebagai masker.

9. Bawang merah

Cara menghilangkan flek hitam membandel selanjutnya adalah menggunakan bawang mewah. Ekstrak bawang merah (Allium cepa) merupakan bahan dalam beberapa krim pemutih kulit dan bekas luka yang terhadir secara komersial.

Dalam sebuah penelitian, membuktikan bahwa kulit bawang merah kering secara efektif bisa membuat kulit menjadi cerah. Pilih krim untuk hiperpigmentasi yang terdapat Allium cepa dan pakai sesuai prosedur.

10. Jangan memencet jerawat
Daun.id

Sumber: Pixabay.com

Dikutip dari majalah Dermascope, flek hitam di kulit wajah kita dapat timbul akibat reaksi dari kulit usai mengalami luka. Jerawat disangka oleh sistem kekebalan kulit wajah sebagai kerusakan kulit yang perlu dibasmi sehingga usai timbul jerawat, kemungkinan dapat timbul flek hitam. Saat kamu memencet jerawat, kulitmu dapat kian rusak yang menimbulkan flek hitam semakin besar dan gelap.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SABTU, 15 JUNI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:29 SUBUH 04:39 DUHA 06:22 ZUHUR 11:55
ASHAR 15:17 MAGHRIB 17:48 ISYA 19:03  

Zodiak Gemini Hari Ini

Percintaan

Dalam hal percintaan, bulan Juni 2024 akan menjadi periode yang menarik bagi kamu sebagai seorang Gemini. Kamu mungkin akan bertemu seseorang yang menarik dan menarik perhatianmu. Namun, penting untuk tetap berhati-hati dan tidak terburu-buru dalam mengambil keputusan terkait hubungan asmara.



Gemini Selengkapnya