7 Fakta Terbaru Jenazah Eril Ditemukan Setelah Hilang 14 Hari, Jasad Masih Utuh

""MASYA ALLAH meski sudah lewat 14 hari, jasadnya masih utuh..." tulis Ridwan Kamil di akun twitternya"

News | 10 June 2022, 11:40
7 Fakta Terbaru Jenazah Eril Ditemukan Setelah Hilang 14 Hari, Jasad Masih Utuh

Akhirnya, dua pekan setelah kabar hilangnya putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, yakni Emmeril Kahn Mumtadz (Eril), akhirnya ditemukan pada Rabu (8/6) di Sungai Aare, Bern, Swiss. Jenazah Eril ditemukan oleh Kepolisian Bern di Bendungan Engehalde di Sungai Aare, Bern, Swiss, pada pukul 06.50 waktu setempat. Ridwan Kamil pun telah terbang ke Swiss pada Kamis kemarin.

Fokus pencarian jenazah Eril sempat dilakukan di area Marzili hingga pintu air Engehalde. Selain itu, para petugas yang bersangkutan juga melebarkan area pencarian di area Schwellenmaetelli hingga Wohlensee.

Duta Besar RI untuk Swiss, yakni Mulaiman D Hadad telah mengumumkan penemuan jenazah Eril ini, sesaat setelah KBRI mendapatkan kepastian itu dari aparat polisi. “Kemarin kepolisian kantor Bern telah bertemu kami di kantor KBRI Bern bersama keluarga untuk menyampaikan informasi awal mengenai ditemukannya jasad yang diduga adalah ananda Eril sekitar jam 6.50 pagi waktu Swiss,” tutur Mulaiman D Hadad dalam konferensi pers daring, Kamis, 9 Juni 2022.

Sahabat daun.id telah merangkum beberapa fakta terkait ditemukannya jenzah Eril yang dinyatakan hilang berikut ini


1. Ditemukan Sejauh Sekitar 3,2 Kilometer dari Lokasinya Dinyatakan Hilang
Jenazah Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril, ditemukan di Bendungan Engehalde, sekitar 3,2 kilometer dari titik awal berenang yakni di Pintu Air Engehalde, Barengraben. Ya, Eril hanyut setelah berenang di kawasan Schonausteg. Saat itu, dia berenang bersama adik dan seorang rekannya. Adik dan rekannya selamat, namun nahas, Eril terseret arus yang membesar dan kemudian hilang. Jenazah Eril kemudian ditemukan di Bendungan Engehalde yang terletak sekitar 3,2 kilometer ke arah Utara. Proses pencarian selama 14 hari pun dinyatakan dihentikan dengan penemuan tersebut.

Daun.id

@ridwankamil

2. Eril Meninggal Tenggelam Usai Alami Keadaan Darurat
Polisi Swiss menyatakan, Eril meninggal dunia karena tenggelam. Eril tenggelam di Sungai Aare setelah mengalami keadaan darurat. "Lelaki berusia 22 tahun itu berenang di sungai dan mengalami keadaan darurat. Dia tenggelam akibat kecelakaan ini," demikian keterangan pihak kepolisian Swiss.

Daun.id

@ridwankamil

3. Kebenaran Penemuan Jenazah Eril Dipastikan Melalui Tes DNA
Kepolisian Bern memastikan identitas jenazah yang mereka temukan itu dengan menggunakan tes DNA. Tes DNA itu dilakukan langsung di hari penemuan itu. Dan hasilnya keluar pada Kamis siang, 9 Juni 2022 waktu Swiss. Polisi memastikan, jika jenazah itu adalah jasad Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril. Hal itu disampaikan melalui rilisnya pada pukul 13.45 waktu setempat.

Daun.id

@ridwankamil

4. Kondisi Jasad Masih Utuh
Setelah 2 pekan pencarian, jenazah Eril yang hanyut itu, dikabarkan jika kondisi jenazahnya masih utuh. Hal tersebut disampaikan oleh sang ayah, Ridwal Kamil pada unggahan di akun instagramnya pada hari ini, 10 Juni 2022, 08.57 WIB, "...MASYA AlLLAH, Walau sudah lewat 14 hari, jasadnya masih utuh lengkap tidak kurang satu apapun, wajah rapi dan menengok ke kanan dan saya bersaksi, jasad Eril Wangi sepereti wangi daun eucalyptus"

Daun.id

@ridwankamil


5. Sudah Diserahkan ke Pihak Keluarga dan Ditangani Secara islam
Adik Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzzaman, menyatakan bahwa pihak keluarga telah menerima jenazah Eril dari Kepolisian Bern. Dia juga menyatakan telah menyempurnakan hak Eril selaku muslim dengan memandikannya, mengkafani dan menyalatkannya.
"Sejauh memungkinkan dengan menjaga kehormatan kondisinya," kata Elpi dalam konferensi pers bersama Duta Besar Indonesia untuk Swiss, Muliaman D Hadad, Kamis, 9 Juni 2022.

Daun.id

twitter @ridwalkami

6. Keluarga Ridwan Kamil Berencana Memakamkan Jenazah Eril pada Senin Mendatang, 13 Juni 2022
Mendapat kabar jika jasad Eril ditemukan, seketika itu pula Ridwan Kamil terbang ke Swiss pada Kamis pagi, 9 Juni 2022. Melalui akun media sosial twitter dan juga instagram, dia mengungkapkan rencana pemulangan dan pemakaman Eril. Dia menyatakan jenazah Eril kemungkinan tiba di tanah air pada Ahad, 12 Juni 2022. Dan jenazah Emmeril Kahn Mumtadz rencananya akan dimakamkan sehari setelahnya, yaitu Senin, 13 Juni 2022.


Daun.id

@ridwankamil

7. KBRI Bern Akan Kawal Proses Kepulangan Jenazah Eril ke RI
KBRI Bern memastikan akan mengawal proses pemulangan jenazah Eril hingga tiba ke Indonesia. KBRI Bern juga memastikan jenazah Eril mendapatkan haknya sebagai muslim. Menurut Muliaman D Hadad, jika jenazah Eril sudah tiba di Indonesia nanti, Direktorat Perlindungan Warga Negara Indonesia Kementerian Luar Negeri akan memfasilitasi kedatangan rombongan dari Swiss di Bandara Soekarno-Hatta.

Daun.id

@ataliapr

Kita doakan bersama semoga Eril khusnul khatimah dan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan. Amin. 

(abdul mufid/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SABTU, 15 JUNI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:29 SUBUH 04:39 DUHA 06:22 ZUHUR 11:55
ASHAR 15:17 MAGHRIB 17:48 ISYA 19:03  

Zodiak Gemini Hari Ini

Percintaan

Dalam hal percintaan, bulan Juni 2024 akan menjadi periode yang menarik bagi kamu sebagai seorang Gemini. Kamu mungkin akan bertemu seseorang yang menarik dan menarik perhatianmu. Namun, penting untuk tetap berhati-hati dan tidak terburu-buru dalam mengambil keputusan terkait hubungan asmara.



Gemini Selengkapnya