9 Cara Menghapus Virus Iklan di Android yang Tak Diinginkan

"Hapus virus iklan yang menganggu."

Tech | 20 June 2022, 15:07
9 Cara Menghapus Virus Iklan di Android yang Tak Diinginkan

Daun.id - Virus iklan kadang timbul saat menginstal sebuah aplikasi atau bermain sebuah game di HP. Tidak hanya membuatmu menjadi tidak nyaman, iklan juga dapat berbahaya bagi keamanan informasi pada HP milikmu. Alasannya, bisa jadi karena HP terinfeksi terhadap malware yang sengaja dibuat dalam mengubah data, mencuri, merusak, dan lainnya.

Dengan begitu, kamu tidak dapat menganggap remeh apabila terdapat iklan yang muncul tiba-tiba. Sebelum mengetahui cara menghapus virus iklan di HP android, kamu perlu mengetahui jenis-jenis iklan, yakni:

1. Iklan sistem

Jenis iklan ini adalah iklan bawaan android. Iklan sistem kadang muncul di menu notifikasi serta aplikasi bawaan lannya seperti video player, music player, browser, dan lain-lain. Akan tetapi, iklan ini juga dapat muncul di mana saja.

2. Iklan virus

Iklan virus atau yang sering dikenal dengan adware ini biasanya muncul di sistem tanpa dipahami penyebabnya. Dapat juga disusupi oleh adware.

3. Iklan aplikasi

Iklan jenis ini dapat timbul dari aplikasi berjalan yang tak diketahui. Kadang iklan ini berasal dari aplikasi yang di root.

Sebenarnya ada tiga penyebab munculnya iklan di android secara tiba-tiba dan mengganggu. Yang pertama karena sistem, aplikasi dan yang terakhir karena virus atau sering disebut sebagai adware. Untukmu yang penasaran, ini dia cara menghapus virus iklan di Android seperti:

1. Lakukan pengaturan browser google chrome

Daun.id

Sumber: Pexels.com

Kamu dapat menata pengaturan di browser Google Chrome. Caranya dengan membuka aplikasi chrome dan pilih titik tiga yang terdapat di sebelah kanan atas.

Lalu, klik “site settings”, kemudian “pop ups and redirects” dan pilih “toggle”. Apabila tampilan berubah abu-abu, itu artinya iklan atau pop up bisa diblokir. Tidak hanya menghilangkan iklan di HP, kamu juga dapat memblokir notifikasi terhadap situs tertentu.

2. Menggunakan aplikasi Adclear

Selain Adblock, kamu juga dapat memakai aplikasi lainnya seperti Adclear. Caranya ialah dengan mengunduh dan menginstalnya dulu. Lalu, apabila telah selesai mengunduh tingga menekan tombol power untuk menggunakannya. Ketika terdapat pemberitahuan VPN, kamu tinggal pilih OK.

3. Aktifkan fitur Play Protect

Kamu juga dapat memakai fitur play protect yang tersedia di HPmu. Akan tetapi sebelumnya, restart HP terlebih dahulu dan hapus aplikasi yang menimbulkan timbulnya iklan.

Apabila tidak ada perubahan, kamu dapat membuka Play Store dan mengklik menu plsy protect. Klik ”toggle scan device for security threats” sampai warnanya hijau dan kamu tidak butuh khawatir lagi supaya iklan dapat timbul.

4. Pakai aplikasi Adblock

Cara menghapus virus iklan di Android selanjutnya adalah dengan memakai aplikasi adblock. Alasannya, aplikasi ini dapat melakukan setting dengan otomatis supaya kamu dapat menggunakan internet tanpa terusik oleh iklan.

Kamu hanya butuh mengunduhnya pada Play Store dulu dan menginstalnya. Setelah itu, aplikasi dapat dipakai untuk menghilangkan iklan di HP.

5. Menggunakan Security Settings

Daun.id

Sumber: Pexels.com

Cara menghapus virus iklan di Android lainnya adalah memakai security settings. Kamu hanya butuh membuka pengaturan dan masuk di security settings. Pilih jangan izinkan pengunduhan dari sumber yang tidak jelas.

6. Pakai aplikasi Adguard

Sama seperti Adblock dan Adclear, Adguard dapat menghilangkan iklan yang timbul pada HP Android. Bedanya, versi gratis dari aplikasi ini hanya bisa menghilangkan iklan pada browser. Apabila kamu hendak aplikasi ini bekerja di aplikasi lainnya, maka perlu memakai versi berbayar.

7. Pakai aplikasi No Root Firewall

Aplikasi No Root Firewall juga dapat memblokir iklan pada semua aplikasi. Caranya cukup mudah, kamu tinggal instal aplikasi di play store atau google chrome. Lantas, buka aplikasi dan klik mana yang hendak diblokir iklannya dan selesai.

8. Hapus virus iklan di HP memakai Brave Browser

Brave Browser memberikan fitur perlindungan pelacakan yang agar membuat Androidmu tetap aman. Apabila dengan alasan tertentu kamu hendak melacak, fitur tersebut bisa dengan mudah diaktifkan caranya tinggal mengetuk icon singa oranye pada bagian atas.

Di bawah kontrol individual, kamu bisa mengaktifkan atau menonaktifkan fitur Block Ads & Tracking. Selama mengaktifkan fitur itu, kamu juga bisa mengubah pengaturan terhadap Blokir cookie pihak ketiga, blokir skrip, HTTPS Everywhere, dan perlindungan sidik jari.

9. Memakai Aplikasi UC Browser

Tidak hanya terhadap berselancar di internet, UC browser juga dapat membantu pengguna internet dalam menghilangkan iklan yang tiba-tiba muncul. Caranya sederhana, kamu tidak perlu mengunduh UC Browser di Play Store dan menginstalnya. 

Setelah itu, klik block dan aktifkan Adblocker serta Powerful Ad Blocker supaya semua iklan tidak muncul ketika sedang internetan. Buka aplikasi dan klik ikon tugas garis yang terdapat di bagian bawah, kemudian masuk pada menu pengaturan dan pilih Add-ons. Kadang masing-masing ponsel memiliki kalimat yang berbeda, tetapi biasanya kata-kata yang dipakai tidak jauh berbeda.


Artikel Pilihan

JADWAL SHOLAT HARI INI

SELASA, 28 JUNI 2022 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:31 SUBUH 04:41 DUHA 06:25 ZUHUR 11:58
ASHAR 15:20 MAGHRIB 17:51 ISYA 19:06  

Daun Media Network