3 Cara Menghapus Malwere di Android Secara Cepat dan Mudah

"Berikut ini adalah cara mudah menghapus malwere di Android."

Tech | 22 June 2022, 17:00
3 Cara Menghapus Malwere di Android Secara Cepat dan Mudah

Daun.id - Saat terkena malwere, Android tidak akan berfungsi dengan baik. Perlu anda ketahui, Android menggunakan sistem operasi dan terhubung ke internet, maka bisa saja ada orang jahat di luar sana yang iseng menyusupkan program jahat seperti malwere dan sejenisnya.

Masalah ini tentu tak bisa dianggap sepele karena selain bisa bikin Android Anda semakin lambat bahkah rusak. Selain itu, melalui malware data-data penting atau pribadi Anda juga dapat dicuri.

Apa itu Malwere?
Malware
adalah sebuah softwere atau perangkat lunak yang memang dibuat untuk menyebabkan kerusakan pada komputer, peladen, klien, atau jaringan komputer hingga android.

Jenis-jemis malware yaitu virus komputer, cacing komputer, kuda troya, perangkat pemeras, perangkat pengintai, perangkat lunak beriklan, dan scareware.

Bagaimana cara mengatasi malwere atau virus di android?
Perangkat Android dapat terserang malwere kapan pun. Sehingga Anda perlu mengetahui bagaimana cara mengatasinya. Meski demikian, sebagian pengguna Android masih bingung mengenai cara menghilangkan malwere di Android ini.

Jika malwere menyerang Android, itu akan menyebabkan gangguan pada Android. Seperti memperlambat sistem handphone bahkan dapat menyebabkan kerusakan pada perangkat. Anda dapat menggunakan beberapa cara untuk mengatasi masalah malewere pada Android Anda.

Cara Menghapus Malwere di Android
Untuk mengatasi malwere, ada baiknya Anda melakukan pencegahan dini, yaitu dengan menginstal aplikasi dari Google Play Store dan jangan mengakses sembarang link atau situs baik dari browser maupun layanan perpesanan instan.

Jika Handphone anda sudah terlanjur terkena virus dan malware, anda dapat melakukan beberapa cara di bawah ini:

1. Menginstal Aplikasi Antivirus

Daun.id

istimewa

Cara yang paling umum dan mudah dilakukan adalah dengan menginstal aplikasi antivirus di Google Play Store maupun di App Store. Ada berbagai pilihan aplikasi antivirus yang dapat anda pilih sesuai dengan yang anda butuhkan. Anda dapat terlebih dahulu melihat review-review mengenai aplikasi tersebut untuk mengetahui aplikasi mana yang lebih diperlukan.

Aplikasi antivirus dapat bekerja setiap saat dan memantau seketika aplikasi yang baru terpasang di handphone. Aplikasi antivirus akan langsung menghapus suatu aplikasi atau program apabila aplikasi atau program tersebut terlihat mencurigakan.

Berikut ini adalah beberapa softwere yang dapat Anda gunakan untuk mncagah dan mengatasi malwere pada Android Anda:

- Avira
Avira memiliki banyak fitur-fitur dasar seperti proteksi real-time, pemindaian kartu SD dan masih banyak lagi. Untuk fitur yang lebih dari dasar, Avira juga memiliki dukungan anti-theft, pemindaian privasi dan blacklist. Aplikasi ini cukup ringan untuk model Android.

- Avast Antivirus
Daun.id

istimewa

Avast menjadi salah satu aplikasi antivirus yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi malwere. Di versi Android, Avast dibekali dengan banyak fitur seperti pemindaian virus, applock, call blocker, dukungan anti-theft dan bahkan firewall untuk perangkat yang telah di-root.

- Bitdefender Free Antivirus
Bitdefender Free Antivirus adalah sebuah antivirus gratis dengan fitur pemindaian dasar, UI sederhana, kinerja cepat dan non-konfigurasi. Aplikasi antivirus ini tepat digunakan bagi mereka yang ingin segala sesuatunya dilakukan dengan cepat. Ini memang tidak dilengkapi dengan banyak fitur menarik, namun fitur utamanya yaitu ‘pemindaian virus’ bekerja dengan sangat baik.

- McAfee Mobile Security And Antivirus
Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur lengkap seperti pemindaian perangkat, anti-theft, anti-spyware dan penguncian keamanan. Yang menarik, McAfee dapat mengambil foto dari pencuri handphone dan menyimpan lokasi terakhir ke cloud sebelum smartphone dimatikan.

2. Membersihkan cache dan unduhan
Biasanya, malwere muncul ketika pengguna menjelajahi internet dan mengunjungi website tertentu. Virus yang dibawa tersebut otomatis akan menjangkit sistem pada perangkat dan bisa menimbulkan kerusakan. Beberapa jenis malwere seperti adware, dapat bersembunyi di browser anda.

Jika anda melihat banyak iklan pop-up atau dialihkan ke situs yang berbeda dari yang semula ingin anda kunjungi, saatnya menghapus Chrome untuk menghapus malware di sana, dan jangan lupa untuk menghapus cache yang berasal dari riwayat pencarian.

3. Menghapus Aplikasi yang Mencurigakan
Malwre juga dapat berasal dari aplikasi mencurigakan yang diinstal dari sumber yang tidak terpercaya. Oleh karena itu, sebelum malwere semakin merusak perangkat sistem, sebisa mungkin untuk segera menghapus aplikasi-aplikasi yang mencurigakan.

Selain itu, ada beberapa aplikasi antivirus yang memiliki fitur otomatis untuk mengetahui potensi aplikasi yang mengandung malwere, sehingga apabila bbenar terdeteksi terdapat malwere pada aplikasi tersebut, maka aplikasi antivirus otomatis akan menghapus aplikasi tersebut.


Artikel Pilihan

JADWAL SHOLAT HARI INI

SELASA, 28 JUNI 2022 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:31 SUBUH 04:41 DUHA 06:25 ZUHUR 11:58
ASHAR 15:20 MAGHRIB 17:51 ISYA 19:06  

Daun Media Network