8 Cara Menghapus Semua Data di HP dengan Aman, Wajib Dicoba

"Hapus semua data dengan sederhana."

Tech | 23 June 2022, 12:44
8 Cara Menghapus Semua Data di HP dengan Aman, Wajib Dicoba

Data yang penuh bisa mengganggu sistem kerja perangkat dan membuat nge-lag. Dalam mengatasi hal itu, kamu harus menghapus data yang terdapat di handphone kamu dengan berbagai cara yang mudah. Setiap handphone tentu memiliki ruang penyimpanan yang berbeda-beda. Hal itu tergantung pada merek dan jenis HP yang kamu pakai.

Secara umum, ruang penyimpanan yang diletakkan ke perangkat ialah dalam bentuk satuan Gigabyte (GB). Adapun kebiasaan berikut dapat kamu kelola supaya tetap menjaga ruang penyimpanan HP penuh, yakni:

- Sering menangkap gambar.
- Memotret objek menggunakan resolusi gambar HD.
- Sering mengirim atau menerima pesan suara.
- Editing video dan gambar dengan aplikasi HP.
- Pemakaian aplikasi ukuran besar misalnya aplikasi game online.
- Tidak memiliki inisiatif manajemen penyimpanan berkala.
- Intensitas pengirim atau penerimaan pesan video cukup tinggi.

Selain itu, cara menghapus semua data di HP dengan seperti berikut:

1. Melakukan restart HP

Daun.id

Sumber: Pexels.com

Cara menghapus semua data di HP yang pertama ialah dengan melakukan restart HP secara berkala. Sistem pada HP akan membuang cache secara otomatis saat HP mati ketika proses restart. Akan tetapi, kamu perlu tetap mengimbangi secara rutin menghapus cache pada setiap aplikasi secara berkelanjutan.

2. Menghapus cache di HP

Cara menghapus semua data di HP selanjutnya, kamu dapat memakai dua cara, yaitu menghapus satu per satu cache di aplikasi dan menghapus cache langsung semuanya.

3. Memindahkan file ke laptop

Cara menghapus semua data di HP ialah memindahkan file-file di HP ke laptop. Kamu cukup menghubungkan HP dengan laptop via kabel USB, secara tidak langsung kamu mengidentifikasi memori internal HP yang mempunyai banyak cache atau file sampah di thumnail.

Hapus file-file sampah itu supaya kamu dapat menghapus semua data. Selanjutnya, memori internal HP-mu sudah mulai rapi sebab berhasil mengosongkannya tanpa menghapus beberapa aplikasi penting.

4. Menghapus file sampah

Cara menghapus semua data di HP ialah menghapus file-file sampah. Kamu dapat memakai aplikasi pembersih file sampah. Disamping itu, kamu juga dapat memakai aplikasi khusus supaya meningkatkan kecepatan HP. Cara tersebut dapat membantumu menyaring beberapa aplikasi atau file-file sampah lannya yang dapat kamu hapus.

5. Hapus file video download aplikasi YouTube

Daun.id

Sumber: Pexels.com

Cara menghapus semua data di HP guna menghemat kuota internet ialah dengan menyimpan file video via aplikasi YouTube. Cara ini dapat kamu gunakan sebab YouTube telah menyediakan fitur download.

Video itu dapat kamu tonton baik dalam keadaan online maupun offline. Akan tetapi, kamu juga perlu menghapus video ini jika memang sering menimbulkan ruang penyimpanan internal handphone cepat penuh.

6. Menyimpan file pada layanan Cloud

Kini telah banyak layanan penyimpanan via cloud yang dapat digunakan. Kamu dapat memakai Google Drive atau Dropbox dalam memindahkan dan menyimpan file-file penting dari HP Android atau iOS.

Kamu cukup mengkonfigurasi aplikasi messenger atau aplikasi edit video supaya dapat menyimpan file pada ruang penyimpanan cloud saja. Sehingga, kamu melakukan edit foto atau video, sepatutnya file-file mentah dapat kamu hapus atau memindahkannya menuju ruang penyimpanan cloud.

7. Mendengarkan musik secara online

Sehingga, kamu tidak perlu repot menyimpan file musik pada memori HP sebab musik favoritmu tetap dapat tanpa menyimpannya memakai ruang penyimpanan di HP. Aplikasi Google Play atau Spotify dapat kamu akses secara online, maka dapat mencegah memori penyimpanan pada HP penuh.

8. Pindahkan file ke MicroSD Card

Umumnya, terdapat HP yang memiliki memori internal mencapai 32 GB hingga lebih. Kamu dapat menggunakannya dalam menyimpan file-file kecil. Sehingga, dalam menyimpan file-file besar, kamu cukup memindahkannya ke microSD card. Dengan demikian, kamu tidak perlu menghapus aplikasi ke HP ketika memindahkan file.

Selain cara menghapus semua data di HP, kamu juga mampu mencoba beberapa cara berikut ini di hp yakni:

1. Menghapus cache semua aplikasi

Daun.id

Sumber: Pexels.com

Apabila handphone kamu mulai terasa lemot tetapi tidak mengetahui aplikasi apa yang menimbulkannya, sehingga kamu bisa menghapus semua cache dari semua aplikasi secara sekaligus. Akan tetapi, cara ini hanya mampu dilakukan di perangkat dengan OS Android 4.2 Jelly Bean ke atas. Berikut ini langkah-langkahnya:

- Buka menu Settings, lalu klik Additonal Settings.
- Pilih Storage.
- Selanjutnya, tekan clean storage.
- Lalu, klik safe to clean.
- Nanti akan muncul opsi guna menghapus cache. Terdapat juga opsi guna menghapus APK. Selanjutnya, tekan clear.
- Cache semua aplikasi pun sudah terhapus.

2. Menghapus akun email di HP

Apabila kamu hendak mengetahui cara menghapus akun email di HP, lakukan langkah-langkah seperti berikut:

- Buka aplikasi Google mail pada HP kamu.
- Tekan ikon strip tiga yang ada di pojok kiri.
- Sesudah muncul bagian informasi email, pilih akun email yang hendak kamu keluarkan.
- Pilih manage account.
- Selanjutnya, kamu dapat masuk menuju menu pengaturan akun.
- Klik menu Google.
- Pilih akun gmail yang ingin dihapus.
- Tekan opsi hapus akun.

3. Menghapus akun Instagram

Selain itu, kamu akan diarahkan supaya login dan mengunduh berbagai informasi yang bersifat privasi atau penting. Berikut merupakan cara menghapus Instagram, yakni:

- Pilih halaman https://www.instagram.com/accounts/remove/request/permanent/ dari browser seluler atau komputer.
- Apabila belum login pada Instagram, kamu akan diminta supaya login terlebih dulu.
- Kamu dipersilakan agar memilih opsi dari menu di samping tulisan "mengapa Anda menghapus akun Anda?" dan masukkan kembali kata sandi Anda.
- Pilihan supaya menghapus akun secara permanen dapat muncul sesudah memilih alasan dari menu itu.
- Tekan atau ketuk hapus akun saya secara permanen.

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

JUMAT, 26 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:53
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:50 ISYA 19:01  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya