9 Cara Mengatasi Wifi Lemot dan Penyebabnya

"Wifi Anda lemot, coba praktikan cara-cara berikut ini. Sangat mudah dan cepat."

Tech | 04 July 2022, 17:35
9 Cara Mengatasi Wifi Lemot dan Penyebabnya

Wifi lemot adalah sebuah masalah yang sudah umum terjadi. Saat masalah tersebut terjadi, itu akan menyebabkan pekerjaan Anda menjadi terganggu. Apalagi jika pekerjaan atau kantor Anda benar-benar mengandalkan jaringan wifi untuk menjalankan pekerjaanya.

Sebelum Anda dapat mengatasi masalah ini, sabaiknya Anda mengetahui penyebab wifi Anda menjadi lemot. Dengan mengetahui penyebabnya, Anda akan lebih mudah untuk mengatasi masalah wifi lemot tersebut.

Wifi menjadi lemot dapat disebabkan karena berbagai hal, nah berikut ini adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan wifi menjadi lemot.

Penyebab Wifi Lemot

Daun.id

pixabay.com

Saat ini wifi sudah menjadi perangkat yang penting dalam dunia kerja, khususnya mereka yang bekerja di bidang IT. Sehingga jika wifi bermasalah, itu akan menimbulkan masalah saat bekerja.

Terdapat beberapa hal yang dapat membuat wifi Anda menjadi lemot. Masalah-masalah tersebut adalah:

- Terlalu banyak bandwidth atau aktivitas yang berat, contohnya seperti mengunduh file, film, bermain games, melakukan video streaming akan memperlambat konektivitas wifi.

- Adanya perangkat lain yang mengganggu, misalnya telepon nirkabel, microwave, CCTV wireless, baby monitor atau speaker nirkabel.

- Jarang reboot/restart router wifi, hal ini juga bisa menyebabkan jaringan internet jadi melambat karena router juga perlu istirahat untuk menjaga kestabilannya.

- Provider atau penyedia jaringan bermasalah. Jika hal ini terjadi, Anda hanya dapat menunggu hingga provider dapat diperbaiki kembali.

- Posisi router terhalang tembok atau lemari akan membuat kecepatan wifi akan melemah. Selain itu jarak antar router dengan perangkat yang digunakan terlalu jauh juga akan mengganggu kecepatan wifi.

Cara Mengatasi Wifi Lemot

Daun.id

pexels,com

Untuk dapat mengatasi wifi lemot, Anda dapat melakukan beberapa cara untuk mengatasinya. Berikut ini Daun.id telah merangkumkan beberapa cara mudah dan cepat yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi wifi lemot.

Berikut ini adalah cara mengatasi wifi lemot.

1. Restart Router
Cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi wifi lemot adalah dengan cara merestart router. Caranya adalah, Anda dapat mematikan dan menghidupkan oruter melalui tombol power atau Anda bisa juga mencabut langsung kabel adaptornya. Tunggu sekitar 10 – 20 detik, lalu nyalakan kembali.

2. Gunakan Wifi Switcher
Jika Anda adalah pengguna Android, Anda dapat menggunakan wifi switcher. Softwere ini akan membantu agar koneksi wifi Anda stabil dan lebih cepat. Anda dapat mengunduhnya di Play Store. Setelah instalasi aplikasi di ponsel Anda selesai, klik izinkan agar wifi switcher berfungsi.

3. Atur Frekuensi Chanel Router
Untuk mengatasi wifi lemor, Anda dapat melakukan pengubahan pengaturan channel router. Caranya dengan masuk ke pengaturan chanel router, dan mengubah frekuensinya. Masalah ini biasanya disebabkan karena channel router terganggu akibat bersinggungan dengan chanel yang dipakai orang lain. Sehingga Anda dapat mengubah frekuensi pada chanel 1, 6, atau 11.

4. Ubah Posisi Antena Router
Saat Anda merasa wifi lemot, Anda dapat mengubah posisi antena router. Salah satu posisi antena router terbaik adalah tegak lurus bila hanya memiliki satu antena. Namun bila ada dua antena, Anda dapat mengatur salah satunya tetap tegak lurus, dan satu antena lainnya dalam posisi menyamping.

5. Mengubah Pengaturan Bandwidth
Untuk mengatasi wifi lemot, Anda dapat mengubah pengaturan bandwidth. Caranya adalah, pastikan moden Anda sudah menyala,  tunggu sekitar 20 – 30 menit. Jika masih lambat, maka lakukan pengaturan bandwidth ke frekuensi yang lebih besar. Sebagai tambahan, Anda juga dapat melakukan manajemen bandwidth dengan perangkat tambahan seperti mikrotik router.

6. Upgrade Paket Wifi
Cara selanjutnya adalah dengan mengupgrade paket wifi Anda. Coba upgrade ke layanan paket dengan kecepatan download upload yang lebih tinggi dari paket sebelumnya.

7. Batasi Jumlah Pengguna

Anda dapat melakukan pembatasan jumlah pengguna agar wifi tidak menjadi lemot. Jumlah pengguna yang terlalu banyak, akan membuat jaringan wifi juga menjadi lemot.

8. Periksa Sistem Perangkat Anda
Koneksi wifi lemot bisa juga disebabkan karena sistem sistem komputer atau laptop Anda bermasalah. Saat Anda banyak melakukan download yang menggunakan banyak bandwidth, banyak tab yang terbuka, sinkronisasi data cloud juga berpengaruh pada jaringan internet Anda.

9.  Ganti Provider Internet
Jika wifi Anda lemot dan tidak dapat Anda perbaiki kembali, sebaiknya Anda mengganti provider menggunakan provider internet terbaik dan tercepat. 

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

KAMIS, 25 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:53
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:50 ISYA 19:01  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya