8 Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Ada Layanan, Mudah dan Simpel

"Berikut ini adalah cara mudah untuk mengatasi SIM yang tidak ada layanan."

Tech | 05 July 2022, 09:25
8 Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Ada Layanan, Mudah dan Simpel

Kartu SIM adalah perangkat penting berupa chip yang dapat menyimpan informasi penting yang terkait dengan ponsel. Saat ingin mengoperasikan ponsel, Anda diharuskan untuk menggunakan kartu SIM agar ponsel dapat terhubung.

Dalam penggunaanya, kartu SIM dapat mengalami beberapa kendala. Salah satunya adalah 'SIM Tidak Ada Layanan'. Hal ini adalah masalah yang sering dialami oleh pengguna ponsel.

Daun.id

pixabay.com

Saat kondisi 'SIM Tidak Anda Layanan', Anda tidak dapat melakukan aktivitas yang berkaitan dengan jaringan. Misalnya adalah tidak dapat melakukan penggilan telepon dan juga SMS, Anda juga tidak akan dapat mengakses internet.

Hal yang menyebabkan 'SIM Tidak Ada Layanan' adalah seperti jaringan pada operator atau ponsel mengalami kerusakan. Meski demikian, Anda tidak perlu khawatir, terdapat beberapa cara yang dapat Anda coba untuk dapat mengatasi hal tersebut.

Cara Mengatasi SIM Tidak Ada Layanan
Daun.id

pixabay.com

Pada pembahasan kali ini, Daun.id telah merangkumkan beberapa tips dan cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah berikut.

Terdapat beberapa cara yang dapat Anda praktikan untuk dapat mengatasi masalah tersebut. Berikut ini adalah cara untuk mengatasi SIM Tidak Ada Layanan dengan cepat dan mudah.

1. Nyalakan Mode Pesawat Beberapa Saat
Anda dapat mengaktifkan mode pesawat untuk dapat mengatasi masalah SIM Tidak Ada Layanan. Cara ini berfungsi untuk menstabilkan sinyal dan jaringan kartu SIM. Tak perlu lama-lama, kalian bisa mengaktifkan mode pesawat sekitar 5 menit. Cara ini terbilang efektif untuk mengatasi hilangnya layanan sim akibat ketidakstabilan jaringan atau sinyal.

2. Restart HP
Cara selanjutnya, Anda bisa melakukan restart pada ponsel Anda. Dengan restart, sistem di hp akan kembali mulai dari awal. Setiap hp mempunyai cara berbeda-beda untuk melakukan restart.

3. Bongkar Pasang Kartu SIM
Untuk dapat mengatasi SIM Tidak Ada layanan, Anda dapat membongkar pasang kartu sim di hp. Lepaskan kartu sim kemudian pasang kembali beberapa saat. Perhatikan, setelah dibongkar kemudian dipasang kembali apakah sim card jadi bisa mendapatkan layanan. Untuk memastikan apakah gangguan terdapat pada hp atau simcard, kalian bisa coba memasang sim card lain pada hp tersebut.

4. Bersihkan Kartu SIM
Cara selanjutnya adalah dengan membersikan kotoran yang menempel pada sim card sangat mungkin menghalangi konektivitas antara sim card dan slot yang terdapat di hp. Sehingga, sim card tidak terbaca dan tidak mendapatkan layanan sebagaimana mestinya.

5. Hubungi CS Provider
Untuk dapat mengatasi SIM Tidak Ada Layanan, Anda dapat menghubungi customer service (CS) dari kartu provider yang dipakai. Anda dapat menyampaikan masalah  pada CS.

6. Membawa ke Tempat Service
Anda dapat mengatasi masalah karena gangguan SIM dengan membawanya ke tempat service. Petugas tempat service yang ahli akan menemukan kesalahan atau gangguan yang terdapat di hp, lalu memperbaikinya.

7. Ganti Pengaturan Sinyal
Cara untuk mengatasi kartu SIM tidak ada layanan adalah dengan mengganti jaringan. Jika Anda menggunakan jaringan 4G, coba diganti sementara menjadi 3G. terkadang cara ini ampuh untuk mengatasi masalahnya.

8. Cari Jaringan Secara Manual
Cara selanjutnya Anda dapat mencari jaringan secara manual. Hal ini diperlukan, karena umumnya pengaturan HP mencari jaringan secara otomatis. Sehingga bisa saja jaringan yang dipilih secara otomatis tidak sesuai, dan akhirnya menyebabkan kartu SIM tidak ada layanan.

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

JUMAT, 19 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:27 SUBUH 04:37 DUHA 06:15 ZUHUR 11:54
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:52 ISYA 19:03  

Zodiak Aries Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Anda sebagai seorang Aries akan berjalan dengan baik. Anda akan merasa lebih dekat dengan pasangan Anda dan saling mendukung satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi secara jelas dan terbuka untuk menghindari konflik yang tidak perlu.



Aries Selengkapnya