7 Cara Mengatasi HP Lemot OPPO, Mudah dan Cepat

"Jika Hp OPPO Anda lemot, coba gunakan langkah-langkah berikut ini."

Tech | 05 July 2022, 17:35
7 Cara Mengatasi HP Lemot OPPO, Mudah dan Cepat

Brand HP OPPO adalah sebuah brand yang cukup terkenal di Indonesia. Brand OPPO termasuk dalam deretan 10 besar brand smartphone paling berpengaruh saat ini. Brand HP ini di naungi oleh OPPO Electronics Corp, yaitu sebuah produsen elektronik berpusat di Dongguan, Guangdong, Tiongkok.

Terdapat beberapa kelebihan-kelebihan dari HP OPPO yang membuatnya menjadi brand yang cukup besar, diantaranya adalah kamera depan/selfie yang mempersona, harga terjangkau dengan kualitas tinggi, memiliki banyak varian produk, memiliki service center yang baik dan masih banyak lagi.

Mengapa HP OPPO Menjadi Lemot?
Daun.id

pixabay.com

Meskipun demikian, bukan berarti HP OPPO tidak memiliki kendala dalam pemakaianya. Salah satu masalah yang sudah umum terjadi pada HP OPPO adalah masalah HP OPPO lemot. Aktivitas-aktivitas seperti bermain game, membuka media sosial atau aktivitas lainya menjadi kurang makasimal.

Salah satu penyebabnya adalah, penggunaan HP OPPO yang sudah bertahun-tahun, sehingga mengalami penurunan peforma. Namun itu bukanlah satu-satunya penyebab HP OPPO menjadi lemot. Penyebab lain yang membuat HP OPPO menjadi lemot adalah, penggunaan yang tidak tepat.

Dengan spesifikasi HP yang rendah, Anda tidak disarankan mengunduh aplikasi yang berat dan berukuran besar. Jika Anda tetap memaksanya, itulah yang membuat HP OPPO Anda menjadi lemot.

Perlu Anda ketahui, umumnya masalah ini terjadi pada pengguna yang menggunakan HP OPPO kelas mid-range dan low-end. Meskipun demikian, bukan berati pengguna ponsel kelas high-end tidak pernah mengalami masalah. Meskipun memiliki ponsel OPPO dengan spesifikasi tinggi tetapi cara pemakaiannya kurang tepat akan tetap mengalami kelambatan pada ponsel.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa penyebab HP OPPO menjadi lemot, antara lain:

- Menjalanankan Banyak Aplikasi Secara Bersamaan
Menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan sebenarnya tidak masalah jika HP OPPO Anda memiliki kapasitas RAM Anda di atas 4GB. Namun jika RAM Anda kecil, lebih baik jangan membuka banyak aplikasi. Mungkin untuk aplikasi seperti Facebook, YouTube, WhatsApp, dan sejenisnya tidak jadi masalah, tetapi untuk game akan terasa lemot-nya.

- Memori Penuh
Sistem dan aplikasi terinstall juga membutuhkan ruang penyimpanan yang cukup untuk menyimpan data-data sementara seperti cache, cookies, data login, dan lain sebagainya. Apabila ponsel tidak tersedia ruang penyimpanan yang cukup, maka ponsel menjadi lemot.

- File Sampah Tak Pernah Dibersihkan
File cache yang terlalu banyak juga akan membuat memori penuh dan masalah pada aplikasi terinstall. Meskipun file cache membantu mempercepat proses booting aplikasi, Anda tetap harus melakukan penghapusan di waktu-waktu tertentu.

- Performa HP OPPO Menurun
Usia juga menjadi penyebab kenapa HP OPPO menjadi lemot saat digunakan. Usia rata-rata HP Android yaitu berusia 4 – 5 tahun. Jika Anda ingin mendapatkan performa terbaik, saatnya untuk membeli smartphone baru.

- Dan penyebab-penyebab lainya.

Cara Mengatatasi HP OPPO Lemot
Daun.id

pexels.com

Setelah Anda mengetahui beberapa hal yang menyebabkan HP OPPO menjadi lemot, sekarang waktunya Anda masuk pada pembahasan utama. Yaitu cara untuk mengatasi HP OPPO lemot.

Berikut ini adalah cara mengatasi HP OPPO lemot:

1. Bersihkan Memori dari Cache
Salah satu penyebab dari HP OPPO lemot adalah karena file cache yang terlalu menumpuk. Meskipun sebenarnya file tersebut bergunan, sebaiknya Anda tetap melakukan penghapusan file jika dirasa perlu di waktu-waktu tertentu. Berikut ini adalah caranya:

- Buka aplikasi Manajer Telepon pada ponsel OPPO Anda.

- Pilih Bersihkan & Percepatan » tunggu sampai proses pemindaian cache selesai dilakukan.

- Ketuk Bersihkan.

- Selesai.

2. Jangan Jalankan Banyak Aplikasi Secara Bersamaan
Jika Anda yang menggunakan HP OPPO dengan kapasitas RAM yang kecil, sebaiknya hindari menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan. Anda perlu membatasi aktivitas agar ponsel tetap stabil dan optimal saat digunakan. JIka untuk pengguna HP OPPO tipe lama seperti OPPO A37, A57, A71, A83, dan lainnya yang telah mengalami penurunan performa sehingga tidak bisa diandalkan lagi untuk aktivitas berat.

3. Hindari Penggunaan Antivirus Terlalu Banyak
Sebaiknya cukup pasang satu antivirus saja. Antivirus sering kali melakukan pemindaian real-time di latar belakang (background), dampaknya konsumsi baterai dan RAM menjadi lebih tinggi.

4. Lakukan Pembaruan Sistem Untuk Peningkatan Peforma
Perlu Anda ketahui, pembaruan sistem dan aplikasi akan memberikan perbaikan dan peningkatan performa. Jika Anda merasa memori internal tidak cukup untuk melakukan pembaruan, pindahkan data-data yang ada di memori internal ke memori eksternal.

5. Hapus File yang Tidak Dibutuhkan
Penyebab dari HP OPPO lemot adalah karena memori yang sudah penuh. Lakukan penghapusan atau pemindahan file jika HP Anda dirasa sudah menjadi tidak normal dan lemot dalam penggunaanya. Penghapusan ini termasuk penghapusan aplikasi.

6. Reset HP OPPO Anda
Tips terakhir yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi HP lemot adalah dengan mengembalikan OPPO ke setelan awal / pabrikan. Cara ini sangat efektif untuk mengatasi HP OPPO yang lemot, karena semua data akan dihapus dan sistem akan dikembalikan ke posisi awal. Sebelum melakukannya, pastikan untuk melakukan backup pada data penting Anda miliki, pindahkan semua file berkas yang ada di memori internal ke memori eksternal atau komputer.

Dua metode untuk melakukan reset yaitu melalui menu Pengaturan dan melalui ColorOS Recovery (Recovery Mode).

7. Membeli HP OPPO Baru
Membeli HP yang baru adalah salah satu solusi yang dapat Anda gunakan. Hal ini berkaitan dengan HP OPPO Anda yang sudah tidak support dengan aplikasi yang ada saat ini. Sehingga, jika HP Anda adalah keluaran lama, sebaiknya Anda membeli yang baru daripada harus melakukan cara-cara di atas.

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

KAMIS, 18 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:27 SUBUH 04:37 DUHA 06:16 ZUHUR 11:54
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:53 ISYA 19:03  

Zodiak Aries Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Anda sebagai seorang Aries akan berjalan dengan baik. Anda akan merasa lebih dekat dengan pasangan Anda dan saling mendukung satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi secara jelas dan terbuka untuk menghindari konflik yang tidak perlu.



Aries Selengkapnya