Doa Mandi Wajib, Lengkap Teks Arab, Latin dan Artinya

"Untuk menyucikan diri dari hadats besar (junub), seseorang harus melakukan mandi wajib."

Life | 06 July 2022, 14:00
Doa Mandi Wajib, Lengkap Teks Arab, Latin dan Artinya

Mandi wajib ialah suatu mandi yang dilakukan untuk menghilangkan hadats besar. Praktisnya dapat disebut orang yang dalam keadaan junub. Lantas mengapa orang tersebut disebut junub?. Mari kita pelajari bersama, orang dapat disebut dalam keadaan junub karena mengalami salah satu dari dua hal yang ada di bawah ini.

Penyebab mandi wajib

1. Keluar mani dari alat kelamin, bagi seorang laki-laki maupun perempuan. Baik secara disengaja maupun tidak disengaja. Misalnya mimpi basah, sengaja mempermainkan alat kelamin hingga keluar mani, atau hanya karena gairah yang ditimbulkan dari pikiran dan penglihatan. Kesemua itu dapat menyebabkan seseorang dalam keadaan junub.

2. Melakukan hubungan seksual, dalam islam disebut dengan jimak. Setelah seseorang melakukan kegiatan ini, maka dapat disebut dalam keadaan junub. Meskipun dalam melakukannya tidak mengeluarkan mani.

Larangan bagi orang dalam keadaan junub

Daun.id

sumber; pixabay.com

Berbeda dengan hadats kecil, cara menyucikan diri dari hadats besar seseorang harus melakukan mandi wajib atau mandi janabah. Sebab orang dalam keadaan junub memiliki beberapa larangan untuk melakukan ibadah. Berikut ini larangan bagi orang junub:

1. Dilarang melakukan shalat.

2. Dilarang berdiam diri, duduk santai, atau berada di dalam masjid.

3. Dilarang melakukan Thawaf (mengelilingi Ka'bah).

4. Dilarang melafalkan ayat suci Al-qur'an.

5. Dilarang menyentuh mushaf.

Itulah larangan bagi orang junub, sehingga untuk melakukan ibadah perlu melakukan mandi wajib terlebih dahulu. Mandi wajib juga memiliki doa, sekaligus tata cara. Lantas bagaimanakah do'a mandi wajib, simak ulasan sahabat daun di bawah ini.

Doa mandi wajib

Sebelum membahas tata caranya, kita akan membahas doa mandi wajib terlebih dahulu. Seperti berikut ini :

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ اْلحَدَثِ اْلأَكْبَرِ مِنَ اْلِجنَابَةِ فَرْضًا لِلهِ تَعَالَى

Teks latin; NAWAITUL GHUSLA LIRAF'IL HADATSIL AKBARI MINAL JANABATI FARDLON LILLAHI TA'ALA.

Artinya: "Aku niat mandi untuk menghilangkan hadats besar dari janabah, fardhu karena Allah ta'ala."

Tata cara mandi wajib

Daun.id

sumber; pexels.com

Ada beberapa tata cara yang harus dilakukan dalam melaksanakan mandi wajib :

1. Niat, melafalkan doa melalui ungkapan hati. Jika mampu, juga dapat dilafalkan lewat lisan. Menurut madzab Syafi'i; niat harus dilakukan saat bersamaan pertama kali membasuhkan air ke tubuh. (doa sudah dibahas seperti di atas).

2. Mengguyur seluruh bagian anggota tubuh, air harus dapat dipastikan mengalir ke seluruh anggota tubuh. Sekalipun pada bagian tubuh yang tumbuh rambut atau bulu lebat.

Itulah doa mandi wajib lengkap dengan teks arab dan latin beserta maknanya. Selain itu juga dilengkapi dengan tata cara mandi wajib.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

JUMAT, 29 MARET 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:31 SUBUH 04:41 DUHA 06:18 ZUHUR 12:00
ASHAR 15:14 MAGHRIB 18:01 ISYA 19:10  

Zodiak Aries Hari Ini

Percintaan

Percintaan Aries pada bulan Maret 2024 akan menjadi penuh gairah dan emosional. Hubungan yang sudah ada dapat mengalami beberapa perubahan dan tantangan, tetapi dengan komunikasi yang baik, Aries dapat memperkuat ikatan mereka. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu seseorang yang menarik dan memulai hubungan baru.



Aries Selengkapnya