Doa Sholat Dhuha Teks Arab, Latin dan Artinya, Ketahui Keutamaannya

"Berikut ini adalah bacaan doa sholat dhuha (teks arab, latin dan artinya). Ketahui juga keutamaanya."

Life | 06 July 2022, 16:30
Doa Sholat Dhuha Teks Arab, Latin dan Artinya, Ketahui Keutamaannya

Sholat Dhuha adalah salah satu sholat sunnah yang dianjurkan untuk dilaksanakan. Sholat Dhuha memiliki banyak keutamaan dan kelebihan jika dilaksanakan secara istiqomah.

Amalan Sholat Sunnah Dhuha atau Sholat Dhuha dapat dijalankan di waktu dhuha. Waktu sholat ini kira-kira ketika matahari mulai naik kurang lebih 7 hasta dari waktu terbit hingga sebelum dhuhur.

Salat duha paling sedikit dikerjakan 2 rakaat. Selebihnya, salat duha dapat didirikan sampai 12 rakaat, dengan pelaksanaan setiap 2 rakaat 1 salam.

Shalat Dhuha diajurkan untuk dilaksanakan secara munfarid (sendirian). Namun, salat sunah ini juga dapat dilaksanakan secara berjemaah.

Bacaan Doa Sholat Dhuha
Berikut ini adalah bacaan doa sholat dhuha.

اَللَّهُمَّ إِنَّ الضُّحَاءَ ضُحَاؤُكَ وَالبَهَاءَ بَهَاؤُكَ وَالجَمَالَ جَمَالُكَ وَالقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَالقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ وَالعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ اَللَّهُمَّ إِنْ كَانَ رِزْقِي فِي السَّمَاءِ فَأَنْزِلْهُ وَإِنْ كَانَ فِي الأَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَإِنْ كَانَ مُعْسِرًا فَيَسِّرْهُ وَإِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَإِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَائِكَ وَبَهَائِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِي مَا آتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Bacaan latinnya:
"Allâhumma innad dhuhâ’a dhuhâ’uka, wal bahâ’a bahâ’uka, wal jamâla jamâluka, wal quwwata quwwatuka, wal qudrata qudratuka, wal ‘ishmata ishmatuka. Allâhumma in kâna rizkî fis samâ’i, fa anzilhu. Wa in kâna fil ardhi, fa akhrijhu. Wa in kâna mu‘siron, fa yassirhu. Wa in kâna harâman, fa thahhirhu. Wa in kâna ba‘idan, fa qarribhu bi haqqi dhuhâ’ika, wa bahâ’ika, wa jamâlika, wa quwwatika, wa qudratika. Âtinî mâ âtaita ‘ibâakas shâlihîn"

Artinya:
“Tuhanku, sungguh waktu duha adalah milik-Mu. Yang ada hanya keagungan-Mu. Tiada lagi selain keindahan-Mu. Hanya ada kekuatan-Mu. Yang ada hanya kuasa-Mu. Tidak ada yang lain kecuali lindungan-Mu. Tuhanku, kalau rezekiku di langit, turunkanlah. Kalau berada di bumi, keluarkanlah. Kalau sulit, mudahkanlah. Kalau haram, gantilah jadi yang suci. Bila jauh, dekatkanlah dengan hakikat dhuha, keagungan, kekuatan, kekuasaan-Mu. Tuhanku, berikanlah aku apa yang Kau anugerahkan kepada hamba-hamba-Mu yang saleh.”

Keutamaan Sholat Dhuha

Salah satu keutamaan orang melaksanakan salat sunah ini adalah dosanya akan dihapuskan meski sebanyak buih di lautan. Hal ini sesuai dengan hadis sebagai berikut:

“Siapa pun yang melaksanakan salat duha dengan langgeng akan diampuni dosanya oleh Allah, sekalipun dosa itu sebanyak buih di lautan,” (H.R. Tirmidzi).

Selain itu, sholat dhuha juga memiliki keutmaan yang lain, orang yang menjalankan salat dhuha pahalanya seperti orang yang bersedekah. Hal ini dikatakan dalam sebuah hadis riwayat Abu Dzar bahwa Rasulullah SAW bersabda sebagai berikut: 

“Setiap pagi ada kewajiban untuk bersedekah untuk tiap-tiap persendian (ruas). Tiap-tiap tasbih adalah sedekah, riap-tiap tahlil adalah sedekah, tiap-tiap takbir adalah sedekah, dan menganjurkan kebaikan serta mencegah kemungkaran itu sedekah. Cukuplah menggantikan semua itu dengan dua rakaat salat duha,” (H.R. Muslim).

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

RABU, 24 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:53
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:51 ISYA 19:01  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, Taurus akan mengalami perubahan positif dalam hubungan percintaan. Jika sudah memiliki pasangan, hubungan akan semakin harmonis. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya