Doa Tidur, Lengkap Teks Arab, Latin, dan Artinya

"Bacalah beberapa doa di bawah ini dan semoga bisa tidur nyenyak dan bangun dengan fresh."

Life | 07 July 2022, 13:37
Doa Tidur, Lengkap Teks Arab, Latin, dan Artinya

Tidur merupakan salah satu wahana pelepas rasa lelah setelah melakoni aktivitas sehari-hari. Bisa tidur nyenyak di waktu yang tepat merupakan suatu kenikmatan yang patut kita syukuri. Pasalnya, di luar sana masih banyak lo, orang yang belum bisa tidur dengan nyenyak. Hendaknya kita meniru salah satu apa yang dilakukan Rasulullah SAW sebelum beliau tidur.

Selain berdoa, juga dianjurkan untuk bersuci terlebih dahulu. Agar saat tidur benar-benar dalam keadaan suci dan tidak ada gangguan. Bersuci dapat dilakukan dengan berwudhu sebelum tidur. Berikut ini lafal doa sebelum tidur, lengkap teks arab, latin, dan artinya :

بِاسْمِكَ اللهُمَّ أَحْيَا وَأَمُوْتُ

Teks latin: Bismika allahumma ahyaa wa bismika amuut

Artinya: Dengan menyebut nama Allah yang menghidupkan dan mematikan.

Itulah lafal doa yang dianjurkan untuk dilakukan jelang tidur. Selain itu Rasulullah juga mengajarkan beberapa doa yang bisa dilakukan saat menjelang tidur.

Doa sebelum tidur menurut riwayat hadits yang lain

Daun.id

sumber; pexels.com

Diriwayatkan dalam kitab Shahih Bukhari dan Muslim dari Sayyidina Ali RA bahwasanya Rasulullah SAW berkata kepadanya dan Fatimah RA: Apabila kalian berdua beranjak ke tempat tidur atau kalian menuju tempat berbaring, maka bacalah takbir, tasbih dan tahmid masing-masing sebanyak 33 kali. Sayyidina Ali RA. Berkata: Semenjak mendengarkan hal itu, saya tidak pernah meninggalkannya. Sayyidina Ali ditanya, begitu pula dengan perang Shiffin? Sayyidina Ali menjawab: Begitu pula dengan perang Shiffin.

Melalui hadits di atas, Rasulullah mengajarkan beberapa doa sebelum tidur. Berikut ini lafalnya :

- Membaca takbir (اَللهُ اَكْبَرُ), diucapkan sebanyak 33x
- Membaca tasbih (سُبْحَانَ اللهِ), diucapkan sebanyak 33x
- Membaca tahmid (اَلْحَمْدُ لِلّهِ), diucapkan sebanyak 33x

Itulah beberapa doa tidur yang bisa diamalkan menjelang tidur. Jadi, sebelum tidur jangan lupa berdoa terlebih dahulu. Semoga bisa tidur dengan nyenyak dan bangun dalam keadaan fresh.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

JUMAT, 29 MARET 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:31 SUBUH 04:41 DUHA 06:18 ZUHUR 12:00
ASHAR 15:14 MAGHRIB 18:01 ISYA 19:10  

Zodiak Aries Hari Ini

Percintaan

Percintaan Aries pada bulan Maret 2024 akan menjadi penuh gairah dan emosional. Hubungan yang sudah ada dapat mengalami beberapa perubahan dan tantangan, tetapi dengan komunikasi yang baik, Aries dapat memperkuat ikatan mereka. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu seseorang yang menarik dan memulai hubungan baru.



Aries Selengkapnya