Doa Minum Air Zamzam Lengkap Teks Arab, Latin, dan Artinya. Ketahui Kedahsyatannya

"Air zamzam memiliki banyak keistimewaan, berdoalah sebelum meminumnya."

Life | 02 August 2022, 06:51
Doa Minum Air Zamzam Lengkap Teks Arab, Latin, dan Artinya. Ketahui Kedahsyatannya

Daun.id - Air zamzam merupakan air yang hanya bisa didapatkan di kota Makkah, air ini berasal dari sumur zamzam yang ada di kota Makkah. Letaknya berada di dekat Ka'bah dan sumur tersebut tak pernah mengalami kekeringan. Beberapa ulama' berpendapat bahwa air zamzam dapat dikategorikan air kedua setelah air mukjizat yang keluar dari jari nabi Muhammad SAW.

Kata zamzam berasal dari bahasa Arab yang memiliki arti berlimpah, bisa juga berkumpul banyak. Air zamzam seringkali menjadi ciri khas oleh-oleh bagi orang yang berangkat haji. Bagi orang Islam telah meyakini bahwa air ini memiliki keistimewaan dan kekuatan. Saat meminumnya juga dianjurkan untuk membaca doa terlebih dahulu.

Doa minum air zamzam

Adapun doa yang dapat dibaca ketika kita mau meminum air zamzam. Berikut ini lafal doanya :

اللَّهُمَّ إنَّهُ بَلَغَنِي أنَّ رَسُولَ الله صلى الله عليه وسلم قال: " ماءُ زَمْزَمَ لِمَا شُرِبَ لَهُ " اللَّهُمَّ وإني أشْرَبُهُ لِتَغْفِرَ لي وَلِتَفْعَلَ بي كَذَا وكَذَا، فاغْفِرْ لي أوِ افْعَلْ

Allahumma innahu balaghnii an Rasulullah Shalallahu alaihi wassalam qoola: "Maa'u zamzama limaasyuriba lahu Allahumma wainni asyrobuhu litaghfiralii walitaf'alanii kadzaa wakadzaa faghfirlii awif'al.

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya sampai kepadaku bahwa Rasulullah SAW telah bersabda, Air Zamzam itu (sesuai) untuk (niatan ketika) diminum, ya Allah sesungguhnya aku meminumnya agar engkau mengampuniku, dan engkau melakukan untukku ini (hajat), maka ampunilah aku dan lakukan ini  untukku.

Daun.id

sumber; pixabay.com

Doa ini juga dapat dibaca sebelum meminum air zamzam, berikut ini lafalnya :

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا وَاسِعًا وَشِفَاءً مِنْ كُلِّ دَاءٍ وَسَقَامٍ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Allahumma inni as-aluka i'lman naafi'an, wa rizqan waasi'an, wasyifaa-an min kulli daa-in, wa saqamin birahmatika yaa arhamarraahimiin.

Artinya: "Ya Allah sesungguhnya aku mohon kepadaMu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang luas dan kesembuhan dari tiap penyakit dengan rahmatMu. Ya Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang."

Selain membaca doa di atas, juga dapat membaca doa di bawah ini :

اللَّهُمَّ إني أشْرَبُهُ مُسْتَشْفِياً بِهِ فَاشْفِني

Allahumma innii asyromuhu mustasyfiyan bihi fasyfii.

Artinya: Ya Allah sesungguhnya aku meminum air zamazam sebagai obat, maka sembuhkanlah aku.

Ketahuilah bahwa air zamzam termasuk air yang dahsat dan memiliki beberapa khasiat dan manfaat. Maka berdoalah terlebih dahulu sebelum meminumnya.

Kedahsyatan air zamzam

Kedahsyatan air zamzam dipercayai memiliki banyak kedahsyatan. Banyak literatur kitab yang telah memuat tentang kedahsyatan air zamzam. Berikut ini kedahsyatan :

تنبيه: افضل المياه ما نبع من بين اصابعه صلى الله عليه وسلم ثم ماء زمزم ثم ماء الكوثر ثم نيل مصر ثم باقي الانهر كسيحون والدجلة والفرات، وقد نظم ذلك التاج السبكي

Artinya: Air paling utama adalah air yang menyumber dari antara jari-jari Nabi Muhammad SAW, kemudian air zamzam, air Telaga Kautsar, air Sungai Nil Mesir, kemudian air sungai lainnya seperti Sungai Jaihun, Sungai Dajlah, Sungai Efrat dan lain-lain. Syaikh Tajuddin As-Subki telah menadzomkannya:

وافضل المياه ماء قد نبع # من بين اصابع النبي المتبع
يليه ماء زمزم فالكوثر # فنيل مصر ثم باقي النهر

Artinya: Air yang utama air yang menyumber # dari jari-jari Nabi sang panutan
Kemudian Air Zamzam dan Kautsar # Nil di Mesir dan air sungai lainnya

Itulah beberapa gambaran kedahsyatan tentang air zamzam. Maka sempatkanlah berdoa dahulu sebelum meminumnya.


Artikel Pilihan

JADWAL SHOLAT HARI INI

KAMIS, 18 AGUSTUS 2022 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:32 SUBUH 04:42 DUHA 06:21 ZUHUR 11:59
ASHAR 15:20 MAGHRIB 17:56 ISYA 19:07  

Daun Media Network