Doa Sholat Tahajud yang Mustajab Lengkap Teks Arab, Latin dan Artinya

"Berikut ini adalah Doa Sholat Tahajud yang lengkap dan mustajab."

Life | 02 August 2022, 15:47
Doa Sholat Tahajud yang Mustajab Lengkap Teks Arab, Latin dan Artinya

Daun.id - Sholat tahajud adalah sholat sunnah yang memiliki banyak keutamaan. Dasar dari pelaksanaan sholat sunnah tahajud telah difirmankan oleh Allah SWT dalam surat Al Isra ayat 79 yang artinya adalah "Dan pada sebagian malam hari, sholat tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji." (QS. Al-Isra: 79).


Dalam pelaksaanya jumlah rakaat sholat Tahajud tidak dibatasi, namun paling sedikit dikerjakan dalam dua rakaat. Pengerjakan sholat ini dilakukan setiap dua rakaat yang diakhiri satu salam.

Rasulullah SAW bersabda, “Sholat malam itu, dua-dua.” (HR Ahmad, Bukhari dan Muslim).

Setelah melaksanakan sholat tahajud, agar lebih afdal dianjurkan untuk membaca doa sholat tahajud. Banyak keutamaan dari membaca doa sholat tahajud dan dzikir setelah selesai mengerjakan sholat tahajud. Daun.id

pixabay.com

Doa Setelah Sholat Tahajud


اَللّٰهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَالِكُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ مُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ

 اَللّٰهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ، اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ، وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

“Allahumma rabbana lakal hamdu anta qayyimussamaa waati wal ardi wa man fiihinna. Wa lakal hamdu anta malikus samaa waati wal ardhi wa man fiihina. Wa lakal hamdu anta nuurus samaawaati wal ardhi wa man fiihina. Wa lakal hamdu antal haqqu, wa wa’dukal haqqu, wa liqaa’uka haqqun, wa qaula haqqun, wal jannatu haqqun, wannaaru hoqqun, wannabiyyuuna haqqun, wa muhammadun shallallahu ‘alaihi wasallama haqqun wassaa’atu haqqun.”

“Allahumma laka aslamtu, wa bika aamantu, wa’alaika tawakkaltu, wa ilaika anabtu, wa bika khaashamtu, wa ilaika haakamtu, faghfirlii maa qaddamtu, wa maa akhkartu, wa maa asrartu, wa maa a’lantu, wa maa anta a’lamu bihiminni. Antal muqaddimu, wa antal mu’akhkhiru, laa ilaaha illaa anta, wa laa haula wa laa quwwata illaa billaah.”

Artinya:
“Ya Allah. Milik Mu lah segala puji. Engkaulah penegak dan pengurus langit dan bumi beserta makhluk yang ada di dalamnya. Milik Mu lah segala puji. Engkaulah penguasa langit dan bumi beserta makhluk yang ada di dalamnya. Milik Mu lah segala puji. Engkaulah cahaya langit dan bumi beserta makhluk yang ada di dalamnya. Milik Mu lah segala puji. Engkaulah Yang Haq (benar), janji Mu lah yang benar, pertemuan dengan Mu adalah benar, perkataan Mu benar, surga itu benar (ada), neraka itu benar (ada), para Nabi itu benar, Nabi Muhammad itu benar, dan hari kiamat itu benar (ada).

“Ya Allah. Hanya kepadaMu lah aku berserah diri, hanya kepadaMu lah aku beriman, hanya kepadaMu lah aku bertawakal hanya kepadaMu lah aku kembali, hanya kepadaMU lah kuhadapi musuhku dan hanya kepadaMulah aku berhukum. Oleh sebab itu ampunilah segala dosaku, yang sudah kulakukan dan yang (mungkin) akan kulakukan, yang kurahasiakan dan yang kulakukan secara terang-terangan, dan dosa-dosa lainnya yang Engkau lebih mengetahuinya daripada aku. Engkaulah yang Maha Terdahulu dan Engkaulah Yang Maha Terakhir. Tiada Tuhan Selain Engkau dan tiada daya upaya serta kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.”

Dzikir Malam Setelah Sholat Tahajud

Daun.id
pexels.com

Dzikir merupakan kunci latihan untuk selalu mengenal diri kepada Allah sehingga bila seseorang semakin mengenal Allah (ma’rifat) maka akan semakin kuat keimanan dan kecintaannya kepada Allah.

Manfaat Dzikir adalah membantu lebih dekat dengan Allah SWT. Tujuan dzikir antara lain adalah untuk mendapatkan ketenangan batin, kemantapan jiwa, dan dapat memberi semangat untuk selalu beramal shaleh.

Adapun berikut ini adalah bacaan dzikir setelah sholat tahajud yaitu :

- سبحان الله

Subhanallah

Artinya: Maha Suci Allah.

- الحمد لله

Alhamdulillah

Artinya: Segala Puji Bagi Allah.

- الله أكبر

Allahu Akbar

Artinya: Allah Maha Besar.

- أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ

Astaghfirullah

Artinya: aku mohon ampun kepada Allah.

- أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ الَّذِي لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيَّ الْقَيُّومَ وَأَتُوبُ إِلَيْهِ

Astaghfirullohal ‘azhim alladzi la ilaha illa huwal hayyul qoyyum wa atûbu ilaih.

Artinya: Saya memohon kepada Allah yang Maha Agung, yang tiada tuhan selain Dia Yang Hidup dan Berdiri dan saya bertobat kepada-Nya.

Keutamaan Sholat Tahajud

Daun.id
pexels.com

Terdapat keutamaan-keutamaan yang didapat dengan melaksanakan sholat tahajud. Berikut ini adalah keutamaan yang didapatkan dengan melaksanakan shalat tahajud dengan istiqomah.

- Mengangkat Derajat
Setiap muslim yang melaksanakan sholat tahajud, oleh Allah SWT akan diangkat derajatnya. Allah berfirman:

"Dan pada sebagian malam, dirikanlah shalat tahajud sebagai ibadah tambahan bagimu. Semoga Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji." (QS. Al-Isra:79).

- Jaminan Masuk Surga

Rasulullah bersabda, "Wahai kalian manusia, sebarkanlah salam, berilah makanan, sambunglah tali persaudaraan, dan shalatlah ketika manusia terlelap tidur pada waktu malam, niscaya engaku akan masuk surga dengan selamat." (HR. Ibnu Majah).

- Dijadikan Rendah Hati dan Mendapat Kesehatan Rohani
“Adapun hamba-hamba Tuhan Yang Maha Pengasih itu adalah orang-orang yang berjalan di bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang bodoh menyapa mereka (dengan kata-kata yang menghina), mereka mengucapkan “salam,” dan orang-orang yang menghabiskan waktu malam untuk beribadah kepada Tuhan mereka dengan bersujud dan berdiri.” (Al-Furqan 25: 63-64)

- Menjaga Kesehatan Pernapasan
Sholat sepertiga malam memiliki manfaat untuk kesehatan jasmani, salah satunya dapat mencegah infeksi pernapasan. Shalat tahajud bisa menjadi terapi untuk setiap muslim yang memiliki masalah dengan pernapasan. Selain itu, shalat tahajud juga efektif untuk menghindarkan Anda dari berbagai macam penyakit.

- Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Keutamaan sholat sepertiga malam lainnya ialah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Seseorang yang memiliki kekebalan tubuh lemah, maka dapat dengan mudah terserang penyakit.

- Doa Dikabulkan
Rasulullah dalam sebuah hadits bersabda, "Di malam hari terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang muslim memanjatkan do'a pada Allah berkaitan dengan dunia dan akhiratnya bertepatan dengan waktu tersebut melainkan Allah akan memberikan apa yang ia minta. Hal ini berlaku setiap malamnya." (HR. Muslim no. 757).

- Menentramkan Hati dan Pikiran
Bagi Anda yang sering mengalami gelisah serta pikiran tidak tenang, sebaiknya melaksanakan shalat tahajud. 

Rasulullah bersabda dalam sebuah hadits, "Apabila ia terbangun dan menyebut nama Allah, terurailah satu simpul. Lalu apabila ia berwudhu, terurailah satu simpul lagi. Kemudian apabila ia shalat, terurailah simpul yang terakhir. Maka ia di pagi hari dalam keadaan segar dan bersih jiwanya." (HR. Muttafaqun'alaih).


Artikel Pilihan

JADWAL SHOLAT HARI INI

KAMIS, 18 AGUSTUS 2022 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:32 SUBUH 04:42 DUHA 06:21 ZUHUR 11:59
ASHAR 15:20 MAGHRIB 17:56 ISYA 19:07  

Daun Media Network