Doa Salam Maria Beserta Arti dan Maknanya

"Doa ini memiliki makna yang baik."

Life | 02 August 2022, 20:03
Doa Salam Maria Beserta Arti dan Maknanya

Daun.id - Doa yang sering dipanjatkan di agama Katolik selain doa Bapa Kami dan Aku Percaya ialah doa Salam Maria. Riyanto menjelaskan pada bukunya Mari Belajar Doa (2019: 78), bahwa doa Salam Maria adalah doa yang paling banyak didaraskan saat berdoa Rosario. Selain itu, doa Salam Maria adalah ucapan salam dari Malaikat Gabriel saat memberikan Kabar Gembira. Doa Salam Maria bisa dibacakan dengan bahasa Indonesia atau doa Salam Maria dalam bahasa Inggris untukmu yang hendak menghafalkannya.

Berikut ini ialah doa Salam Maria dan maknanya, yakni:

Doa Salam Maria
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Pertama, Salam Maria. Kata “Salam Maria” seperti yang disampaikan oleh Malaikat Gabriel merupakan ungkapan kegembiraan dari Allah Bapa, yang dituturkan oleh Malaikat yang diutus-Nya.

Kata tersebut menjadi pembuka dalam doa Salam Maria, sebagai bentuk ucapan sukacita atas karya Allah terhadap Bunda Maria. Yang menjadi satu-satunya wanita suci yang mau dan dipilih dalam mengandung dan melahirkan Putra-Nya yang menjadi penebus dan juga penyelamat hidup kita.

Kedua, Penuh Rahmat, Tuhan sertamu. Artinya penyertaan Tuhan untuk Bunda Maria. Sedangkan penuh rahmat, diartikan sebagai kehadiran Allah itu sendiri yang memenuhi jiwa dan raga Bunda Maria. Dan jawaban Maria sendiri, memberi sebuah kesan mendalam terhadap dirinya yang diturunkan pada kehidupan kita sebagai orang Katolik. Yakni, “terjadilah padaku menurut perkataan-Mu.”

Ketiga, Terpujilah engkau di antara wanita. Di bagian sebelumnya, ada penuturan singkat ketika di mana, Bunda kita Maria menemui Elisabeth. Ia memperoleh sambutan hangat dari saudaranya itu. Secara terpisah, bahwa apa yang dikatakan oleh Elisabeth ialah lonjakan kegembiraan serta kekaguman yang tidak terhingga untuknya, akibat saudaranya itu, diberi rahmat oleh Allah Bapa.

Keempat, Dan terpujilah buah tubuhmu, Yesus. Pada bagian ini, masih berhubungan dengan perjumpaan antara Maria dan Elisabeth. Seperti yang diketahui dan tercatat pada Alkitab, Elisabetlah yang pertama kali memberi ucapan bahagia untuk Bunda Maria.

Adapun yang dituturkan oleh Elisabeth di pertemuan itu ialah sebuah pesan yang memberi gambaran diri Elisabeth yang taat dan beriman kepada Allah. Alasannya, sebab di saat itu ia dipenuhi oleh Roh Kudus. Sehingga, di bagian ini kita mengatakan Pujian dan Menyatakan iman kita kepada Allah.

Kelima, Santa Maria, Bunda Allah. Pada kata kata tersebut, masih berhubungan dengan apa yang diutarakan oleh Elisabet (Luk 1:43) bahwa ia menjadi begitu heran dengan kunjungan Bunda Maria ”siapakah aku ini sampai ibu Tuhanku datang mengujungi aku? Karena Bayi yang dikandungnya yang adalah Putera Allah, hendak diberikan kepada kita. Maka Maria Bunda Allah, adalah Bunda kita. Sehingga dalam segala hal, kita dapat memohon bantuan doanya bagi kita, karena dialah yang paling dekat dengan Tuhan Yesus.

Terakhir, Doakanlah kami orang yang berdosa ini, sekarang dan pada waktu kami mati. Pada berbagai doa, mestinya bukan yang asing untuk seorang Katolik. Di mana kita menunjukan segala kerendahan dan juga kesadaran penuh terhadap diri kita sebagai seorang yang lemah yang tidak pernah terhindar dari dosa.


Artikel Pilihan

JADWAL SHOLAT HARI INI

KAMIS, 18 AGUSTUS 2022 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:32 SUBUH 04:42 DUHA 06:21 ZUHUR 11:59
ASHAR 15:20 MAGHRIB 17:56 ISYA 19:07  

Daun Media Network