Doa Untuk Orang Sakit Perempuan dan Lain-Lain Secara Lengkap, Teks Arab, Latin, dan Artinya

"Ketika ada seorang perempuan sedang sakit, bacakan doa di bawah ini."

Life | 02 August 2022, 19:24
Doa Untuk Orang Sakit Perempuan dan Lain-Lain Secara Lengkap, Teks Arab, Latin, dan Artinya

Daun.id - Di tengah kondisi pandemi covid 19, penyakit bisa saja datang secara tiba-tiba dan kepada siapa saja. Penyakit pun tak mengenal jenis kelamin, dapat menyerang laki-laki hingga perempuan. Untuk mencegah penyakit yang datang dapat dilakukan dengan segala ikhtiar, mulai dari menerapkan pola hidup sehat, dan lain sebagainya. Ikhtiar hidup sehat akan lebih afdhol jika dibarengi dengan berdoa memohon kesembuhan kepada Allah SWT.

Lantas bagaimanakah jika yang sakit ialah seorang perempuan?. Tentu ada beberapa doa yang dapat dipanjatkan untuk mendoakan perempuan yang sedang sakit. Dalam hadis riwayat Muslim, dari Jabir bin Abdillah, Nabi Muhammad SAW pernah bersabda: “Setiap penyakit pasti memiliki obat. Bila sebuah obat sesuai dengan penyakitnya, maka dia akan sembuh dengan seizin Allah Subhanahu Wa Ta’ala.” (HR. Muslim). Yakinlah dan meminta pertolongan kepada Allah SWT.

Doa untuk orang sakit perempuan

Doa ini telah disebutkan dalam suatu hadits riwayat Bukhari, Rasulullah SAW pernah mendoakan Aisyah saat istrinya sedang sakit dengan doa sebagai berikut:

امْسَحْ الْبَاسَ رَبَّ النَّاسِ بِيَدِكَ الشِّفَاءُ لَا كَاشِفَ لَهُ إِلَّا أَنْتَ

Amsihil ba’sa rabbannaasi biyadikas syifaa’u laa kaasyifa lahu illa anta.

Artinya: "Hilangkanlah rasa sakit wahai Rabb manusia, di tangan-Mu lah segala kesembuhan, dan tidak ada yang dapat menyingkap penyakit tersebut melainkan Engkau." (HR. Bukhari Muslim).

Daun.id

sumber; pexels.com

Rasulullah membaca doa tersebut untuk istrinya yang bernama Aisyah. Berarti doa ini dapat dibacakan untuk mendoakan perempuan yang sedang sakit.

Doa-doa untuk orang sakit lainnya

Selain membacakan doa di atas juga ada beberapa doa yang dapat dibacakan untuk laki-laki maupun perempuan. Berikut ini doa-doa untuk orang sakit lainnya :

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ مُذْهِبَ الْبَاسِ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِى لاَ شَافِىَ إِلاَّ أَنْتَ ، شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

Allahumma rabban naas mudzhibal ba’si isyfi antasy-syaafii laa syafiya illaa anta syifaa’an laa yughaadiru saqoman.

Artinya: "Ya Allah Wahai Tuhan segala manusia, hilangkanlah penyakitnya, sembukanlah ia. (Hanya) Engkaulah yang dapat menyembuhkannya, tidak ada kesembuhan melainkan kesembuhan dariMu, kesembuhan yang tidak kambuh lagi." (HR. Bukhari, no. 5742; Muslim, no.2191).

Selain itu di bawah ini juga masih ada doa untuk orang sakit lagi. Rasulullah pernah mengajarkan seseorang untuk membaca doa ini ketika sedang menjenguk orang yang sakit, seperti berikut :

أَسْأَلُ الله الْعَظِيمَ رَبَّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ أَنْ يَشْفِيَكَ

As alullaahal 'azhiim rabbal 'arsyil 'azhiim an yasyfiyaka.

Artinya: “Aku mohon kepada Allah yang Maha Agung, Tuhan Arsy yang Agung semoga Dia menyembuhkanmu.”.

Doa di atas dapat dibaca sebanyak 7 kali dan dibaca sendiri oleh orang yang sedang sakit. Dalam suatu hadits yang lain juga dijelaskan bahwa sakit dapat menggunggurkan dosa, berikut ini lafalnya :

لاَ بَأْسَ، طَهُورٌ إِنْ شَاءَ الله

Laa ba'sa thahur insyaa Allah.

Artinya: “Tidak apa, semoga menjadi penghapus (dosa), jika Allah menghendakinya” (HR. Bukhari).

Doa selanjutnya pernah dibacakan oleh Rasulullah ketika mendoakan orang yang sedang sakit dengan menyebutkan amal baiknya yang pernah diperbuat. Berikut lafal doanya :

اللَّهُمَّ اشْفِ عَبْدَكَ يَنْكَأُ لَكَ عَدُوًّا وَيَمْشِي لَكَ إِلَى الصَّلَاةِ

Allaahummasyfi 'abdaka yanka`u laka 'aduwwan au yamsyii laka ilas shalati.

Artinya: "Ya Allah, sembuhkanlah hamba-Mu yang telah banyak melukai musuh-musuh-Mu dan berjalan untuk melaksanakan shalat untuk-Mu." (HR. Ahmad).

Anda juga dapat mendoakan teman atau sahabat yang sedang sakit. Rasulullah pernah membaca doa ini ketika menjenguk seorang sahabat yang bernama Salaman, berikut doanya :

شَفَى اللَّهُ سَقَمَكَ، وَغَفَرَ ذَنْبَكَ، وَعَافَاكَ فِي بَدْنِكَ وَجِسْمِكَ إِلَى مُدَّةِ أَجَلِكَ

Syafallahu saqamaka, wa ghafara dzanbaka, wa ‘aafaaka fii badanika wa jismika ilaa muddati ajalika.

Artinya: "Wahai (sebut nama orang yang sakit) semoga Allah menyembuhkan sakitmu, mengampuni dosamu, menyehatkan badanmu dan jasadmu hingga waktu ajalmu."

Daun.id

sumber; pexels.com

Ketika itu Usman bin Affan sedang sakit, Rasulullah SAW mendoakannya dengan lafaz sebagai berikut:

بِسْمِ الله الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ، أُعِيذُكَ بِالله الأَحَدِ الصَّمَدِ الَّذِي لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ وَلَمْ يَكُنْ لَهُ كُفْوًا أَحَدٌ مِنْ شَرِّ مَا تَجِدُ

Bismillahirrahmaanirrahim, u’idzuka billah al-ahad ash-shamad alladzi lam yalid wa lam yuulad wa lam yakun lahu kufuwan ahad min syarri maa tajid.

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, aku mendoakanmu dengan nama Allah Yang Esa, Yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu, Yang tiada beranak dan tidak pula diperanakkan dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia, dari segala keburuka yang engkau temui."

Jika yang sakit adalah diri sendiri, sebaiknya membaca doa untuk kesembuhan diri sendiri di bawah ini :

لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ الْعَظِيْمُ الْحَلِيْمُ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ رَبُّ السَّماَوَاتِ، وَرَبُّ اْلأَرْضِ، وَرَبُّ الْعَرْشِ الْكَرِيْمِ

Artinya: "Tidak ada tuhan yang berhak diibadahi dengan benar selain Allah, Yang Mahaagung lagi Maha Penyantun. Tidak ada Ilah yang berhak diibadahi dengan benar selain Allah, Rabb (Pemilik) 'Arsy yang agung. Tidak ada ilah yang berhak diibadahi dengan benar selain Allah, Rabb langit dan juga Rabb bumi, serta Rabb pemilik 'Arsy yang mulia." (HR. Bukhari dan Muslim).

Demikian doa untuk orang sakit perempuan sekaligus beberapa macam doa untuk orang sakit lainnya. Doa-doa di atas dapat diamalkan untuk memohon kesembuhan kepada Allah SWT.


Artikel Pilihan

JADWAL SHOLAT HARI INI

KAMIS, 18 AGUSTUS 2022 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:32 SUBUH 04:42 DUHA 06:21 ZUHUR 11:59
ASHAR 15:20 MAGHRIB 17:56 ISYA 19:07  

Daun Media Network