Doa Pembuka Majelis Teks Arab, Latin, dan Artinya sesuai Sunnah

"Ucapkan doa ini saat hendak membuka Majelis."

Life | 03 August 2022, 14:55
Doa Pembuka Majelis Teks Arab, Latin, dan Artinya sesuai Sunnah

Membaca doa ialah hal yang menjadi kebiasaan bagi setiap orang, terutama umat Islam. Sehingga, ini merupakan hal yang dapat menjadi amalan sehari-hari. Tidak hanya sampai di situ, bahkan setiap seseorang melakukan kegiatan doanya berbeda.

Seperti halnya ketika membuka Majelis, kamu dianjurkan untuk membaca doa pembuka Majelis agar ilmu yang diperoleh menjadi berkah. Adapun doa pembuka Majelis bacaannya, yakni sebagai berikut ini:

1. Doa pembuka Majelis
Daun.id

Sumber: Pexels.com

الْحِمْدُلِلَّهِ الأَّذِيْ أَنْعَمَنَا بِنِعْمَةِ الإِيْمَانِ وَاْلإِسْلاَمِ . وَنُصَلِّيْ وَنُسَلِّمُ عَلَى خَيْرِ اْلأَنَامِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍوَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ أَمَّا بَعْدُ

Alhamdulillahilladzi an’amanaa bini’matil iimaan walislaam. Wanusholii wanusalimu ‘alaa khoril anam sayyidinaa muhammadin wa’alaa alihi wasohbihi ajma’iina imaa

Artinya: “ Segala puji bagi Yang Mahakuasa yang telah memberi sebaik-baik nikmat berupa iktikad dan islam. Salawat dan doa keselamatanku terlimpahkan selalu kepada Nabi Agung Muhammad Saw berserta keluarga dan para sahabat-sahabat Nabi semuanya.”

2. Doa pembuka Majelis

الْحَمْدُلِل َّهِوَالسَّل اَمُعَلَىرَس ُوْلِاللذَهش سَيِّدِنَاوَ مَوْلاَنَامُ حَمَّدِبْنِع َبْدِاللَّهِ أَمَّابَعْدَ هُ

Innal hamda lillaah nahmaduhu wa nasta’iinuhu wa na’uudzu billahi min suruuri anfusinaa wa min sayyiaati a’maalinaa man yahdihillaahu falaa mudhilla lah, wa man yudhlilhu falaa haadiya lah. Asyhadu allaa ilaaha illallah, wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhuu wa rosuuluh

Artinya: “Kami panjatkan segala puji kepada-Nya dan kami mohon pertolongan-Nya. Seraya memohonampun dan perlindungan-Nya dari segala keburukan jiwaku dan kejelekan amaliahku. Barang siapa telah Allah berikan petunjuk jalan baginya, maka tidak ada yang bisa menyesatkannya. Dan barang siapa yang telah Allah sesatkan jalannya, maka tiada yang bisa memberinya petunjuk. Aku bersaksi bahwa tiada tuhan selain Allah dan aku bersaksi bahwa nabi Muhammad hamba Allah dan utusan Allah.”

Selain membaca doa pembuka Majelis, kamu juga dapat membaca doa penutup Majelis seperti berikut ini:

Doa penutup Majelis
Daun.id

Sumber: Pexels.com

رَبّنَا اَفْ رغْ عَلَيْنَ ا صَبْرًا وَ ثَبّتْ اَقْـ دَامَنَا

رَبّنَا آتِن َا فِى لدّنْ يا حَسَنَة و َفِى الاَخِر َة حَسَنة وَ قِنأ عَذَابً النّار

سُبحَان رَبّ كَ رَبّ العِ زّةِ عَمّا ي َصِفُوْنَ وَ سَلاَمٌ على الْمُرْسَليْ ن والْحَمْدُ لِلهِ رَبّ الْعَالَمِيْ ن

Rabbana Afrigh Alainaa Shobran Wa Tsabit Aqdaamanaa. Rabbanaa Aatina Fiddunya Hasanah Wafil Aakhirati Hasanah Waqinaa Adzaabannaar. Subhaana Rabbika Rabbil Izzati Ammaa Yashifuun Wasalaamu Alal Mursaliin Walhamdulillahi Rabbil Aalaamiin

Artinya: “Ya Allah, curahkanlah kesabaran atas kami, dan teguhkanlah pendirian kami terhadap cobaan dan kebenaran. Ya Allah, berkahilah semua ilmu yang kami dapat selama kegiatan ini, sehingga kami dapat mengamalkan setelah kami bubar dan kerumah masing-masing. Sehingga kami bisa menjadi suri tauladan dalam keluarga, masyarakat, bangsa dan negara.”

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

JUMAT, 19 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:27 SUBUH 04:37 DUHA 06:15 ZUHUR 11:54
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:52 ISYA 19:03  

Zodiak Aries Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Anda sebagai seorang Aries akan berjalan dengan baik. Anda akan merasa lebih dekat dengan pasangan Anda dan saling mendukung satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi secara jelas dan terbuka untuk menghindari konflik yang tidak perlu.



Aries Selengkapnya