Doa Malam Katolik Penuh Kedamaian, Lengkap Tata Cara Memanjatkannya

"Pada saat istirahat dan sebelum tidur bacalah doa ini, agar batin tenang."

Life | 03 August 2022, 15:15
Doa Malam Katolik Penuh Kedamaian, Lengkap Tata Cara Memanjatkannya

Daun.id - Intropeksi dan refleksi diri sangat tepat untuk dilakukan pada malam hari yang penuh dengan ketenangan. Sebagai ungkapan rasa terimakasih, biasanya akan membacakan doa ini. Selain itu juga dapat digunakan untuk memohon ampunan sekaligus memohon perlindungan Tuhan. Ketika seseorang membaca doa malam Katolik, biasanya akan dapat lebih tenang pada saat malam hari. Sama halnya dengan agama lainnya, dalam Katolik juga diajarkan untuk senantiasa mendekat dengan Tuhan melalui doa.

Pada malam hari juga sangat tepat untuk dijadikan malam peristirahatan setelah seharian penuh dengan aktivitas. Tentu rasa lelah, sedih, bahagia, dan lain sebagainya. Jika ada kesempatan sebaiknya doa ini dapat dibaca saat melepas lelah di malam hari. Selain itu juga dapat dibacakan sebelum tidur malam. Kami akan mengulasnya secara lengkap di bawah ini.

Doa malam Katolik

Ketika jelang istirahat di malam hari perlu kiranya doa malam Katolik ini dapat dibaca baik sendiri maupun bareng keluarga. Berikut ini doa malam Katolik :

Ya, Allah Bapa di surga, pencipta langit dan bumi, terima kasih untuk segala rahmat-Mu hari ini.

Terima kasih sudah mencukupkan apa yang menjadi bagian dan berkat kami.

Hanya karena berkat penyertaan Tuhan, aku dapat melewati hari dengan baik dan menyelesaikan segala pekerjaan dengan baik pula.

Aku memanjatkan puji dan syukur kepada Tuhan atas semua berkat dan pemberian yang telah Engkau berikan.

Sekalipun masalah sering datang serta hidup tidak mudah, aku tetap bersyukur karna aku tidak mempunyai alasan lain untuk tidak bersyukur atas segala berkat kebaikanMu.

Daun.id

sumber; pixabay

Malam ini, aku menyerahkan istirahat malamku ke dalam tanganMu.

Ya, Allah Bapa, biarkan kiranya tidurku dari segala hal yang tidak baik.

Jauhkan aku dari roh-roh jahat. Lindungilah aku dan orang-orang yang aku kasihi dengan kuasa darahMu.

Biarkan kiranya kasih-Mu yang akan memberikan esok hari penuh harapan dan sukacita.

Izinkanlah besok aku bisa bangun dalam tubuh yang sehat sehingga aku bisa memuliakan nama-Mu.

Dalam nama Bapa dan Putera, dan Roh Kudus. Amin.”

Doa malam Katolik dapat dibaca sendiri-semdiri dan juga dapat dibaca bersama keluarga.

Tata cara memanjatkan doa malam Katolik

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika akan memanjatkan doa malam Katolik. Minimal perlu memeriksa batin Anda terlebih dahulu, seperti langkah berikut ini :

1. Mengagungkan kebesaran Tuhan dan mengakui segala bentuk kelemahan Anda serta memosisikan diri dalam kehadirat Tuhan dengan penuh keyakinan.

2. Menenangkan diri dan mengingat aktivitas selama seharian penuh dengan merenungkan segala tindakan yang telah dilakukan. Menimbang antara kebaikan dan keburukan lebih berat yang mana.

3. Memeriksa keadaan batin dengan memosisikan penuh dengan ketulusan :

"Apakah aku menganggap Tuhan sebagai Bapa? Apakah aku sudah mempersembahkan seluruh pekerjaanku hari ini kepada-Nya? Apakah aku telah menggunakan waktu dengan baik? Apakah aku sudah berdoa dengan sungguh-sungguh? Apakah aku sudah berusaha untuk menjadikan hidup ini menyenangkan bagi orang lain?"

4. Memanjatkan doa taubat sebelum membaca doa malam Katolik :

"Allah yang maharahim, aku menyesal atas dosa-dosaku. yang mahapengasih dan mahabaik bagiku. hendak memperbaiki hidupku dan tidak akan berbuat dosa lagi. Allah yang mahamurah, ampunilah aku, orang berdosa."

5. Memanjatkan doa malam Katolik seperti di atas dengan penuh kemantapan dan berdoa sesuai dengan hati Anda.

Itulah ulasan seputar doa malam Katolik yang dapat dibaca sebelum tidur atau pada saat istirahat malam. Doa ini diyakini dapat membuat pembacanya terasa sangat nyaman dan penuh kedamaian.


Artikel Pilihan

JADWAL SHOLAT HARI INI

KAMIS, 18 AGUSTUS 2022 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:32 SUBUH 04:42 DUHA 06:21 ZUHUR 11:59
ASHAR 15:20 MAGHRIB 17:56 ISYA 19:07  

Daun Media Network