Doa Sayyidul Istighfar, Lengkap Teks Arab, Latin, dan Artinya. Dijamin Surga

"Doa sayyidul istighfar dapat menghapus dosa-dosa dan dijamin surga bagi yang membacanya."

Life | 03 August 2022, 16:00
Doa Sayyidul Istighfar, Lengkap Teks Arab, Latin, dan Artinya. Dijamin Surga

Manusia merupakan makhluk Allah yang diciptakan dengan penuh kesempurnaan di antara makhluk ciptaan Allah lainnya. Salah satu bukti kesempurnaan ini ialah di antara beberapa makhluk ciptaan, hanya manusia yang diberikan akal. Sehingga senantiasa dapat digunakan untuk berpikir dalam menentukan kebaikan dan keburukan serta kebenaran dan kesalahan.

Meski dianugerahi akal, manusia tetap tidak dapat lepas dari kesalahan. Sebaik-baiknya manusia tetap memiliki sebuah kesalahan, ada kesalahan kecil namun ada kesalahan besar pula. Sebagai seorang hamba Allah yang taat, sebaiknya sering memohon ampunan kepada Allah. Salah satu caranya ialah dengan memperbanyak membaca istighfar.

Istighfar merupakan bacaan doa yang digunakan untuk memohon ampunan kepada Allah SWT. Ada bacaan doa istighfar yang dapat disebut dengan induk istighfar yaitu sayyidul istighfar. Lafalnya memiliki banyak keutamaan dan lebih utama daripada istighfar lainnya. Sesuai dengan hadits riwayat Bukhori Muslim yang akan kami tulis pula di bawah ini.

Doa sayyidul istighfar

Menurut penjelasan hadits di atas, faedah membaca sayyidul istighfar sangat dahsyat dan luar biasa. Ada baiknya dibaca pagi dan sore hari rutin setiap hari. Berikut lafal lengkapnya :

Daun.id

sumber; pixabay

اَللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ. أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ. أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ. وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ. فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلَّا أَنْتَ

Allâhumma anta rabbî, lâ ilâha illâ anta khalaqtanî. Wa anâ ‘abduka, wa anâ ‘alâ ‘ahdika wa wa‘dika mastatha‘tu. A‘ûdzu bika min syarri mâ shana‘tu. Abû’u laka bini‘matika ‘alayya. Wa abû’u bidzanbî. Faghfirlî. Fa innahû lâ yaghfirudz dzunûba illâ anta.

Artinya, “Hai Tuhanku, Engkau Tuhanku. Tiada tuhan yang disembah selain Engkau. Engkau yang menciptakanku. Aku adalah hamba-Mu. Aku berada dalam perintah iman sesuai perjanjian-Mu sebatas kemampuanku. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan yang kuperbuat. Kepada-Mu, aku mengakui segala nikmat-Mu padaku. Aku mengakui dosaku. Maka itu ampunilah dosaku. Sungguh tiada yang mengampuni dosa selain Engkau,”

Lafalnya cukup pendek dan mudah untuk dihafalkan, maka bisa diamalkan ketika sore dan pagi hari. Jika dibaca dengan penuh keikhlasan dan keyakinan, maka dosa-dosa akan diampuni oleh Allah SWT.

Keutamaan sayyidul istighfar menurut hadits

Doa sayyidul istighfar yang sangat ringkas ini memiliki kedahsyatan dalam menghapus dosa atau memohon ampunan kepada Allah SWT. Barang siapa yang mengamalkan doa ini dapat dijamin surga baginya. Hal ini sesuai dengan hadits riwayat di bawah ini :

وَمَنْ قَالَهَا مِنَ النَّهَارِ مُوقِنًا بِهَا ، فَمَاتَ مِنْ يَوْمِهِ قَبْلَ أَنْ يُمْسِىَ ، فَهُوَ مِنْ أَهْلِ الْجَنَّةِ ، وَمَنْ قَالَهَا مِنَ اللَّيْلِ وَهْوَ مُوقِنٌ بِهَا ، فَمَاتَ قَبْلَ أَنْ يُصْبِحَ ، فَهْوَ مِنْ أَهْلِ الْجَنَّةِ»

Siapa yang membaca sayyidul istighfar di sore hari, lalu ia meninggal di malam itu, niscaya ia termasuk penghuni surga. Demikian juga berlaku bagi mereka yang membaca sayyidul istighfar di pagi hari, lalu wafat di hari itu juga, niscaya ia termasuk penghuni surga.

Hadits di atas menunjukkan kedahsyatan doa sayyidul istighfar, dengan amalan ini dosa-dosa dapat diampuni dan pahala dapat bertambah. Itulah penjelasan keutamaan sayyidul istighfar menurut riwayat hadits Bukhori.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

JUMAT, 29 MARET 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:31 SUBUH 04:41 DUHA 06:18 ZUHUR 12:00
ASHAR 15:14 MAGHRIB 18:01 ISYA 19:10  

Zodiak Aries Hari Ini

Percintaan

Percintaan Aries pada bulan Maret 2024 akan menjadi penuh gairah dan emosional. Hubungan yang sudah ada dapat mengalami beberapa perubahan dan tantangan, tetapi dengan komunikasi yang baik, Aries dapat memperkuat ikatan mereka. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu seseorang yang menarik dan memulai hubungan baru.



Aries Selengkapnya