Doa Melepas Pakaian dan Memakai Pakaian, Lengkap Teks Arab, Latin dan Artinya

"Berdoalah sebelum melepas atau mengenakan pakaian agar mendapat kebaikan dan perlindungan dari Allah SWT."

Life | 04 August 2022, 14:52
Doa Melepas Pakaian dan Memakai Pakaian, Lengkap Teks Arab, Latin dan Artinya

Daun.id - Dalam agama Islam, berdoa adalah sebuah hal yang penting. Setiap tindakan yang dilakukan selalu dianjurkan untuk mengawali dan mengakhirinya dengan berdoa. Berdoa bertujuan untuk memohon ridho Allah SWT agar selalu diberikan keberkahan dan kebaikan dalam setiap kegiatan.

Salah satu doa harian yang dianjurkan adalah doa berpakaian. Ketika melepas atau memakai pakaian kita selalu dianjurkan untuk membaca doa. 

Membaca doa berpakaian adalah sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat yang Allah berikan dan juga agar di jauhkan dari sikap pamer atau menyombongkan diri. Allah berfirman dalam Surah Al A'raf ayat 26:

يَا بَنِيْٓ اٰدَمَ قَدْ اَنْزَلْنَا عَلَيْكُمْ لِبَاسًا يُّوَارِيْ سَوْاٰتِكُمْ وَرِيْشًاۗ وَلِبَاسُ التَّقْوٰى ذٰلِكَ خَيْرٌۗ ذٰلِكَ مِنْ اٰيٰتِ اللّٰهِ لَعَلَّهُمْ يَذَّكَّرُوْنَ - ٢٦

"Hai anak Adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutup auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan. Dan pakaian takwa itulah yang paling baik. Yang demikian itu adalah sebahagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka selalu ingat."

Doa Melepas Pakaian dan Memakai Pakaian, Lengkap Teks Arab, Latin dan Artinya

Daun.id
pexels.com

Tujuan membaca doa berpakaian adalah menghindari sifat sombong dan melindungi diri dari godaan setan yang sering kali membisikkan hal-hal negatif. Berikut ini adalah doa melepas dan memakai pakai lengkap dengan teks Arab, Latin dan artinya:

- Doa Memakai Baju Sehari-hari

بِسْمِ اللهِ اَللّٰهُمَّ اِنِّى اَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهِ وَخَيْرِ مَاهُوَ لَهُ وَاَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّمَا هُوَلَهُ

Bismillaahi, Alloohumma innii as-aluka min khoirihi wa khoiri maa huwa lahuu wa’a’uu dzubika min syarrihi wa syarri maa huwa lahuu.

Artinya: “Dengan nama-Mu ya Allah aku minta kepada Engkau kebaikan pakaian ini dan kebaikan apa yang ada padanya, dan aku berlindung kepada Engkau dari kejahatan pakaian ini dan kejahatan yang ada padanya.”

- Doa Memakai Baju Baru

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ كَسَانِىْ هَذَا وَرَزَقَنِيْهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّىْ وَلاَقُوَّةٍ

Alhamdu lillaahil ladzii kasaanii haadzaa wa rozaqoniihi min ghoiri hawlim minni wa laa quwwatin.

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang memberi aku pakaian ini dan memberi rezeki dengan tiada upaya dan kekuatan dariku.”

- Doa Melepas Baju

بِسْمِ اللهِ الَّذِيْ لاَ إِلَهَ إِلَّا هُوَ

Bismillaahil Ladzii Laa Ilaaha Illaa Huwa.

Artinya: “Dengan nama Allah yang tiada Tuhan selain-Nya.”


Artikel Pilihan

JADWAL SHOLAT HARI INI

KAMIS, 18 AGUSTUS 2022 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:32 SUBUH 04:42 DUHA 06:21 ZUHUR 11:59
ASHAR 15:20 MAGHRIB 17:56 ISYA 19:07  

Daun Media Network