Doa Nabi Adam Serta Hikmah Kisahnya, Lengkap Teks Arab, Latin, dan Artinya

"Kisah dan doa Nabi Adam AS, patut dijadikan teladan dalam sehari-hari."

Life | 04 August 2022, 19:23
Doa Nabi Adam Serta Hikmah Kisahnya, Lengkap Teks Arab, Latin, dan Artinya

Daun.id - Nabi Adam AS merupakan sosok nabi yang pertama sekaligus menjadi manusia pertama yang diciptakan oleh Allah SWT. Menjadi manusia pertama tentu memiliki banyak sekali pelajaran dan hikmah yang dapat diambil serta dijadikan pedoman dalam menjalani kehidupan. Dalam kisahnya ketika itu nabi Adam AS pernah dikeluarkan dari surga karena memakan buah khuldi bareng Siti Hawa.

Mereka berdua dibuang ke bumi dalam keadaan terpisah, sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk bersama kembali. Padahal sebelum memakan buah khuldi kehidupan Adam dan Hawa sangat tentram di surga. Namun, iblis tak henti-hentinya menggoda nabi Adam lewat Siti Hawa. Menawarkan naik jabatan menjadi malaikat hingga bualan yang lainnya ditawarkan oleh iblis. Akhirnya buah khuldi dimakan juga, dan Allah pun menegurnya.

Mendengar teguran itu nabi Adam AS segera bertaubat dan memohon ampunan kepada Allah SWT. Adapun doa yang dibaca oleh Nabi Adam AS kala itu akan kami ulas selengkapnya di bawah ini.

Doa Nabi Adam As

Ketika Nabi Adam AS diusir dari surga daan diturunkan ke bumi beliau mendatangi ka'bah dan mendirikan sholat dua rakaat lalu membaca doa di bawah ini :

اَللَّهُمَّ إِنَّكَ تَعْلَمُ سِرِّيْ وَعَلاَنِيَتِيْ فَاقْبَلْ مَعْذِرَتِيْ، وَتَعْلَمُ حَاجَتِيْ فَأَعْطَنِيْ سُؤْلِيْ، وَتَعْلَمُ مَا فِيْ نَفْسِيْ فَاغْفِرْلِيْ ذَنْبِيْ، اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ إِيْمَانًا دَائِمًا يُبَاشِرُ قَلْبِيْ، وَأَسْأَلُكَ يَقِيْنًا صَادِقًا حَتَّى أَعْلَمَ أَنَّهُ لَنْ يُصِيْبَنِيْ إِلاَّ مَا كَتَبْتَهُ عَلَيَّ، وَالرِّضَا بِمَا قَسَمْتَهُ لِيْ يَا ذَا الْجَلاَلِ وَاْلإِكْرَامِ.

Allahumma innaka ta’lamu sirrii wa’alaa niyatii faqbal ma’dzirotii, wata’lamu haajatii fa a’thonii sulii, wata’lamu maa fii nafsii faghfirlii dzanbii, allahumma innii asalyka iimaanang daaimang katabtahu ‘alayya, warridhoo bimaa qosamtahulii yaa dzaljalaali wal ikroom.

Artinya: “Ya, Allah Swt. Sesungguhnya Engkau Maha Tahu keadaaan batin dan zahirku, maka terimalah alasanku, dan Engkau Maha Tahu akan hajat / keperluanku maka berilah aku segala permintaanku, dan Engkau Maha Tahu akan apa yang ada dalam diriku maka ampunilah dosaku. Ya Allah Swt. Aku memohon kepada-Mu iman yang langgeng, yang selalu melekat pada hatiku, dan aku memohon keyakinan yang sungguh-sungguh hingga aku tahu bahwa tidak akan menimpaku kecuali apa-apa yang telah Engkau tetapkan kepadaku, dan aku memohon kerelaan atas apa yang Engkau bagikan kepadaku, wahai Yang Maha memiliki keagungan dan kemuliaan.”

Itulah bacaan doa yang dipanjatkan oleh Nabi Adam AS ketika dijatuhkan ke bumi. Doa itu juga dapat dibaca untuk memohon ampunan kepada Allah SWT.

Daun.id

sumber; pexels.com

Doa Nabi Adam memohon ampunan kepada Allah SWT

Nabi Adam juga membaca doa untuk bertaubat memohon ampunan Allah SWT. Adapun doa yang dibaca ialah sebagai berikut ini :

قَالَا رَبَّنَا ظَلَمْنَآ أَنفُسَنَا وَإِن لَّمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُونَنَّ مِنَ ٱلْخَٰسِرِينَ

Qālā rabbanā ẓalamnā anfusana wa il lam tagfir lanā wa tar-ḥamnā lanakụnanna minal-khāsirīn

Artinya: “Ya Tuhan kami, kami telah menganiaya diri kami sendiri, dan jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya pastilah kami termasuk orang-orang yang merugi.”

Itulah beberapa doa yang dibaca oleh Nabi Adam AS. Doa-doa tersebut dapat menjadi amalan dan dibaca setiap hari.

Hikmah dari kisah Nabi Adam AS

Dari kisah Nabi Adam AS, ada beberapa hikmah yang dapat dijadikan suatu pelajaran. Seperti berikut ini ;

1. Perbuatan salah merupakan sudah menjadi suatu tabiat manusia. Artinya sebaik-baiknya manusia, pasti ada celah untuk melakukan salah.

2. Sebuah gambaran bahwa manusia mencintai jabatan dan keabadian. Manusia mudah tertipu dengan godaan jabatan dan keabadian.

3. Kesalahan Nabi Adam dan Siti Hawa menunjukkan bahwa manusia tidak bisa lepas dari godaan iblis. Sehingga harus berusaha untuk menahan godaan itu, lalu bertawakkal kepada Allah SWT.

4. Menyegerakan diri untuk segera bertaubat, sebab manusia tidak dapat lepas dari kesalahan. Sebaiknya segera bertaubat ketika melakukan ke

Itulah hikmah yang dapat diambil dari kisah Nabi Adam AS. Beberapa kisah dan doa Nabi Adam patut untuk dijadikan teladan.


Artikel Pilihan

JADWAL SHOLAT HARI INI

KAMIS, 18 AGUSTUS 2022 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:32 SUBUH 04:42 DUHA 06:21 ZUHUR 11:59
ASHAR 15:20 MAGHRIB 17:56 ISYA 19:07  

Daun Media Network