Doa Sebelum Ujian Agar Lulus, Lengkap Teks Arab, Latin, dan Artinya

"Setiap soal ujian pasti dapat dipecahkan, hadapilah dengan ikhtiar dan beberapa doa di bawah ini."

Life | 05 August 2022, 18:03
Doa Sebelum Ujian Agar Lulus, Lengkap Teks Arab, Latin, dan Artinya

Daun.id - Untuk mendapatkan kemudahan dalam menjawab soal-soal ujian diperlukan belajar dengan sungguh-sungguh. Sehingga ujian dapat dilewati dengan lancar dan dapat menjawab soal dengan benar. Meski sudah belajar dengan sungguh-sungguh, masih juga mendapati kesulitan dalam menjawab beberapa soal ujian. Salah satu penyebabnya ialah mendadak lupa secara tiba-tiba, selain itu juga karena situasi ujian yang membuat grogi dan deg-deg an.

Ujian memang menyuguhkan beberapa soal yang sangat sulit untuk dipecahkan. Meski dalam situasi seperti ini, kita tetap haruslah tenang dalam menghadapi soal ujian. Agar apa yang sudah dipelajari dapat diingat kembali dan digunakan untuk menjawab soal ujian dengan tepat dan benar. Ikhtiar kurang lengkap rasanya jika tidak diiringi dengan doa. Sebab kita selalu dianjurkan untuk berdoa terlebih dahulu ssbelum melakukan aktivitas.

Doa sebelum ujian

Sebelum melakukan ujian memang harus menyiapkan diri dengan belajar yang sungguh-sungguh. Setelah itu iringilah dengan membaca doa sebelum ujian, berikut ini lafalnya :

رَبِّ يَسِّرْ وَأَعِنْ وَلَا تُعَسِّرْ

Rabbi yassir wa a‘in wa lâ tu‘assir.

Artinya, “Wahai Tuhanku, mudahkanlah. Bantulah [aku]. Jangan Kaupersulit,”.

Doanya sangat ringkas dan mudah untuk dihafalkan, jadi untuk membaca ini tidak membutuhkan waktu yang lama. Nah sebaiknya membacanya terlbih dahulu sebelum ujian.

Daun.id

sumber pexels.com

Doa sebelum ujian, untuk CPNS

Calon PNS sudah pasti menghadapi ujian dahulu sebelum dinyatakan lulus dan lolos. Bagi kalian yang sedang menghadapi ujian CPNS bisa membaca doa ini terlebih dahulu. Berikut lafalnya ;

سُبْحَانَ الَّذِي لَبِسَ العِزَّ وَقَالَ بِهِ، سُبِحَانَ الَّذِي تَعَطَّفَ بِالمَجْدِ وَتَكَرَّمَ بِهَ، سُبْحَانَ ذِي العِزِّ وَالكَرَمِ، سُبْحَانَ ذِي الطَوْلِ أَسْأَلُكَ بِمَعَاقِدِ العِزِّ مِنْ عَرْشِكَ وَمُنْتَهَى الرَّحْمَةِ مِنْ كِتَابِكَ وَبِاسْمِكَ الأَعْظَمِ وَجَدِّكَ الأَعْلَى وَكَلِمَاتِكَ التَّامَّاتِ العَامَّاتِ الَّتِي لَا يُجَاوِزُهُنَّ بِرٌّ وَلَا فَاجِرٌ أَنْ تُصَلِّيَ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

Subhānalladzī labisal ‘izza wa qāla bihī. Subhānalladzī ta‘aththafa bil majdi wa takarrama bihī. Subhāna dzīl ‘izzi wal karami. Subhāna dzīt thauli. As’aluka bi ma‘āqidil ‘izzi min ‘arsyika, wa muntahar rahmati min kitābika, wa bismikal a‘zhami, wa jaddikal a‘lā, wa kalimātikat tāmmātil ‘āmmātil latī lā yujāwuzuhunna birrun wa lā fājirun an tushalliya ‘alā sayyidinā Muhammadin wa ‘alā āli sayyidinā Muhammadin.

Artinya, “Mahasuci Zat yang mengenakan keagungan dan berkata dengannya. Mahasuci Zat yang menaruh iba dan menjadi mulia karenanya. Mahasuci Zat pemilik keagungan dan kemuliaan. Mahasuci Zat pemilik karunia. Aku memohon kepada-Mu agar bershalawat untuk Sayyidina Muhammad dan keluarganya dengan garis-garis luar mulia Arasy-Mu, puncak rahmat kitab-Mu, dan dengan nama-Mu yang sangat agung, kemuliaan-Mu yang tinggi, kalimat-kalimat-Mu yang sempurna dan umum yang tidak dapat dilampaui oleh hamba yang taat dan durjana,”.

Nah, agar tidak deg-deg an dan grogi saat menghadapi ujian CPNS, sebaiknya amalkan doa di atas. Sebelum berdoa dirikanlah sholat hajat minimal 2 rakaat terlebih dahulu.

Doa saat menghadapi kesusahan

Sslain ujian juga ada beberapa kesusahan yang datang tanpa diduga-duga. Saat menghadapi kesusahan dianjurkan untuk membaca doa ini :

لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ الحَلِيمُ الكَرِيْمُ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ العَلِيُّ العَظِيْمُ سُبْحَانَ اللهِ رَبِّ العَرْشِ العَظِيْمِ والحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ

Lā ilāha illallāhul halīmul karīmu, ‘azhīmul halīmu, lā ilāha illallāhul ‘aliyyul ‘azhīmu. subhāna rabbil ‘arsyil ‘azhīmi, walhamdu lillāhi rabbil ‘ālamīna.

Artinya, “Tiada Tuhan selain Allah yang santun dan pemurah. Tiada Tuhan selain Allah yang maha tinggi dan agung. Mahasuci Allah, Tuhan Arasy yang megah. Segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian alam,

Akan lebih afdhol jika sebelum berdoa melaksanalan sholat sunnah dua rakaat terlebih sahulu.

Daun.id

sumber pexels.com

Doa agar hajat terkabul

Jika memiliki suatu hajat dengan berharap akan mudah dikabulkan oleh Allah, maka lanjutkan dengan membaca doa ini ;

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ مُوْجِبَاتِ رَحْمَتِكَ، وَعَزَائِمَ مَغْفِرَتِكَ، وَالغَنِيْمَةَ مِنْ كُلِّ بِرٍّ، وَالسَلَامَةَ مِنْ كُلِّ إِثْمٍ، لَا تَدَعْ لِيْ ذَنْبًا إِلَّا غَفَرْتَهُ، وَلَا هَمًّا إِلَّا فَرَّجْتَهُ، وَلَا حَاجَةً هِيَ لَكَ رِضىً إِلَّا قَضَيْتَهَا يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Allahumma inni as’aluka mûjibâti rahmatik, wa ‘azâ’ima maghfiratik, wal ghanîmata min kulli birrin, was salâmata min kulli itsmin. La tada‘ lî dzanban illâ ghafartah, wa lâ hamman illâ farrajtah, wa lâ hâjatan hiya laka ridhan illâ qadhaitahâ ya arhamar râhimîn.

Artinya, “Ya Allah sesungguhnya aku mohon kepada-Mu bimbingan amal sesuai rahmat-Mu, ketetapan ampunan-Mu, kesempatan meraih sebanyak kebaikan, dan perlindungan dari segala dosa. Janganlah Kau biarkan satu dosa tersisa padaku, tetapi ampunilah. Jangan juga Kau tinggalkanku dalam keadaan bimbang, karenanya bebaskanlah. Jangan pula Kau telantarkanku yang sedang berhajat sesuai ridha-Mu karena itu penuhilah hajatku. Hai Tuhan yang maha pengasih,"

Itulah beberapa doa yang dapat dipanjatkan sebelum ujian. Berikhtiarlah dengan diiringi doa, agar usaha san kerja keras tak menjadi sia-sia.


Artikel Pilihan

JADWAL SHOLAT HARI INI

KAMIS, 18 AGUSTUS 2022 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:32 SUBUH 04:42 DUHA 06:21 ZUHUR 11:59
ASHAR 15:20 MAGHRIB 17:56 ISYA 19:07  

Daun Media Network