Doa Tahlil Singkat untuk Arwah, Lengkap Teks Arab, Latin, dan Artinya

"Jika ingin mendoakan arwah teman ataupun keluarga, bisa melafalkan doa ini."

Life | 05 August 2022, 18:37
Doa Tahlil Singkat untuk Arwah, Lengkap Teks Arab, Latin, dan Artinya

Tahlil sudah menjadi tradisi bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, hal ini dapat kita lihat di kampung-kampung. Setiap malam jumat pasti banyak kelompok-kelompok masyarakat yang menggelar tradisi ini bareng dengan kelompoknya masing-masing. Setiap satu minggu sekali bergiliran dari satu rumah ke rumah lainnya. Dengan tahlil, kekuatan persatuan masyarakat juga semakin nampak dan utuh. Jika dilihat tahlil juga memiliki banyak manfaat bagi masyarakat.

Selain digelar secara bergiliran, tahlil juga digelar masyarakat ketika ada salah satu warga yang meninggal. Dalam hal ini akan digelar di rumah orang yang meninggal selama hari pertama hingga ke tujuh. Kemudian di hari ke empat puluh, seratus, dan seribu. Tahlil digelar memiliki tujuan untuk mendoakan orang-orang yang sudah meninggal. Sehingga arwahnya diberikan rahmat dan kasih sayang oleh Allah melalui lantaran doa orang yang masih hidup. Selain itu tahlil kadang-kadang juga dibacakan sebagai pelengkap acara tertentu.

Selain dapat digelar secara berkelompok, tahlil juga dapat dibaca secara individu atau sendiri di rumah. Bisa bertujuan untuk mendoakan kedua orang tua atau keluarga yang sudah meninggal lainnya. Kali ini kami akan membahas tentang doa tahlil dan arwah secara singkat dan ringkas. Simaklah ulasan di bawah ini.

Doa tahlil singkat

Daun.id

sumber; pexels.com

Pada umumnya tahlil yang dibaca memiliki beberapa rangkaian bacaan doa mulai awal hingga akhir. Doa tahlil akan dibacakan sebagai penutup, berikut ini lafal doanya :

اَعُوْذُبِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ

اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. حَمْدَ الشَّاكِرِيْنَ، حَمْدَالنَّاعِمِيْنَ، حَمْدًايُوَافِيْ نِعَمَه وَيُكَافِئُ مَزِيْدَه، يَارَبَّنَالَكَ الْحَمْدُ كَمَا يَنْبَغِيْ لِجَلاَلِ وَجْهِكَ وَعَظِيْمِ سُلْطَانِكَ. اَللهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلى الِى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ.

اَللهُمَّ تَقَبَّلْ وَاَوْصِلْ ثَوَابَ مَاقَرَأْنَاهُ مِنَ الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ وَمَا هَلَّلْنَا وَمَا سَبَّحْنَا وَمَااسْتَغْفَرْنَا وَمَا صَلَّيْنَا عَلى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ هَدِيَّةً وَاصِلَةً وَرَحْمَةً نَازِلَةً وَبَرَكَةً شَامِلَةً اِلَى حَضْرَةِ حَبِيْبِنَا وَشَفِيْعِنَا وَقُرَّةِ اَعْيُنِنَا سَيِّدِنَا وَمَوْلنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَاِلَى جَمِيْعِ اِخْوَانِه مِنَ الْاَنْبِيَآءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ وَالْاَوْلِيَآءِ وَالشُّهَدَآءِ وَالصَّالِحِيْنَ وَالصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ وَالْعُلَمَآءِ الْعَالِمِيْنَ وَالْمُصَنِّفِيْنَ الْمُخْلِصِيْنَ وَجَمِيْعِ الْمُجَاهِدِيْنَ فِى سَبِيْلِ اللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ وَالْمَلاَئِكَةِ الْمُقَرَّبِيْنَ خُصُوْصًا اِلَى سَيِّدِنَا الشَّيْخِ عَبْدِ الْقَادِرِ الْجَيْلاَنِيِّ

ثُمَّ اِلى جَمِيْعِ اَهْلِ الْقُبُوْرِ مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ مِنْ مَشَارِقِ اْلاَرْضِ اِلَى مَغَارِبِهَا بَرِّهَا وَبَحْرِهَا خُصُوْصًا اِلَى آبَآءِنَا وَاُمَّهَاتِنَا وَاَجْدَادِنَا وَجَدَّاتِنَا وَنَخُصُّ خُصُوْصًا مَنِ اجْتَمَعْنَاههُنَا بِسَبَبِه وَلِاَجْلِه

 اَللهُمَّ اغْفِرْلَهُمْ وَارْحَمْهُمْ وَعَافِهِمْ وَاعْفُ عَنْهُم

اَللهُمَّ اَنْزِلِ الرَّحْمَةَ وَالْمَغْفِرَةَ عَلى اَهْلِ الْقُبُوْرِ مِنْ اَهْلِ لَآاِلهَ اِلاَّ اللهُ مُحَمَّدٌ رَسُوْلُ اللهِ اَللهُمَّ اَرِنَاالْحَقَّ حَقًّا وَارْزُقْنَااتِّبَاعَهُ وَاَرِنَاالْبَاطِلَ بَاطِلاً وَارْزُقْنَااجْتِنَابَهُ

رَبَّنَا اَتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ وَسَلاَمٌ عَلَى الْمُرْسَلِيْنَ وَالْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ اَلْفَاتِحَةْ

A'uudzu billaahi minassyaithoonirrojiim,

Bismillaahirrohmaanirrohiim. Alhamdulillaahi robbil 'alamiin, hamdan syaakiriin, hamdanna'imiin, hamdan yuwafi ni'amahu wayukaafiu maziidah, yaa robbanaa lakalhamdu kama yanbaghii lijalaali wajhika wa'adziimi sulthoonik'. Allahumma sholli wassalim alaa sayyidina Muhammadin wa'alaa alii sayyidina Muhammad

Allaahumma taqobbal wa aushil tsawaba maa qoro'naahu minal qur'aanil 'azhiimi wamaa hallalnaa wa maa sabbahnaa wa mastaghfarnaa wa maa shollainaa 'alaa sayyidinaa muhammadin shollalloohu 'alaihi wa sallama hadiyyatan waashilatan wa rohmatan naazilatan wa barokatan syaamilatan ilaa hadhrotin habiibinaa wa syafii'inaa wa qurroti a'yuninaa sayyidinaa wa maulaanaa muhammadin shollallaahu 'alaihi wa sallam, wa ilaa jamii'i ikhwaanihii minal anbiyaa'i walmursaliina wal auliyaa'i wasy-syuhadaa'i wash-shoolihiina wash shohaabati wattaabi'iina wal 'ulamaa'il 'aalimiina wal mushonnifiinal mukhlishiina wa jamii'il mujaahidiina fii sabiilillaahi robbil'aalamiin, wa malaa'ikatil muqorrobiin. Husushon ilaa Sayyidina Syeikh Abdil Qodir Al Jiilani.

Tsumma ila jamii'i ahli qubuuri minal muslimiina wal muslimaati walmu'miniina wal mu'minaati mimasyariqil ardli ila maghooribihaa barriha wabahriha khushushon ilaa abaa inaa wa ummahaatinaa wa ajdaadinaa wajaddaatinaa wanakhushu khusushon manijtama'naa hahunaa bisabaabihi wali ajlih.

Allaahummaghfirlahum warhamhum wa'afihim wa'fu 'anhum.

Allaahumma anzilirohmata walmaghfirota 'ala ahlil qubuuri min ahli laa ilaaha illallahu Muhammadur Rosuulullahi. Allaahumma arinal haqqo haqqo warzuqnattibaa'ah, wa arinal baathila baathilaa warzuqtajtinaabah.

Robbana atinaa fiddunya hasanah, wafil akhiroti hasanah, waqinaa 'adzaabannar. Subhaana robbika robbil 'izzati 'ammaa yashifuuna, wasalaamun 'alalmursaliina wal hamdulillaahi robbil 'alamiiin. Alfaatihah....

Daun.id

sumber; pexels.com

Artinya: “Aku berlindung diri kepada Engkau dari setan yang dirajam. Dengan nama Allah yang maha Pemurah lagi maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan seru sekalian Alam. Sebagaimana orang-orang yang bersyukur dan orang orang yang memperoleh nikmat sama memuji, dengan pujian yang sesuai dengan nikmatnya.

Tuhan kami, hanya Engkau segala puji, sebagaimana yang patut terhadap kemuliaan Engkau dan keagungan kekuasaan Engkau. Ya Allah limpahkanlah kesejahteraan dan keselamatan kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW dan kepada keluarganya.

Ya Allah terimalah dan sampaikanlah pahala ayat-ayat Quranul’azim yang telah kami baca, tahlil kami, tasbih dan istigfar kami, dan bacaan sholawat kami kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW sebagai hadiah yang bisa sampai, rahmat yang turun, dan berkah yang cukup kepada kekasih kami, penolong dan buah mata kami, penghulu dan pemimpin kami yaitu Nabi Muhammad SAW.

Kepada semua temannya dari para Nabi dan para utusan, kepada para wali, para syuhada, orang-orang sholeh, para shabat dan tabi’in, kepada para ulama dan pengamalkan ilmunya, para pengarang yang ikhlas, dan kepada semua pejuang di jalan Allah, Allah raja seru sekalian alam. Dan kepada para malaikat muqarrabin dan khususnya kepada penghulu kami Syekh Abdul Qodir Al Jailani.

Kemudian kepada semua ahli kubur, muslim yang laki-laki dan perempuan dari dunia timur dan barat, di darat dan dilaut, terutama lagi kepada bapak-bapak kami, ibu-ibu kami, nenek-nenek kami yang laki-laki dan perempuan, lebih terutama lagi kepada orang yang menyebabkan kami berkumpul disini dan untuk keperluannya. Ya Allah ampunilah mereka, kasihanilah mereka, dan maafkanlah mereka.

Tuhan kami berikanlah kami kebaikan dunia dan di akhirat dan jagalah kami dari siksa api neraka. Maha suci Tuhanku, Tuhan yang bersih dari sifat yang diberikan oleh orang-orang kafir, semoga keselamatan tetap dlimpahkan kepada utusanNya. Dan segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam. Al Fatihah…..

Doa di atas merupakan doa tahlil secara singkat dan dapat dipanjatkan untuk mendoakan arwah teman, keluarga, dan orang lain yang sudah meninggal dunia.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

JUMAT, 19 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:27 SUBUH 04:37 DUHA 06:15 ZUHUR 11:54
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:52 ISYA 19:03  

Zodiak Aries Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Anda sebagai seorang Aries akan berjalan dengan baik. Anda akan merasa lebih dekat dengan pasangan Anda dan saling mendukung satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi secara jelas dan terbuka untuk menghindari konflik yang tidak perlu.



Aries Selengkapnya