Doa Melancarkan Rezeki dan Usaha, Lengkap Teks Arab, Latin, dan Artinya. Amalkan Sholat Dhuha

"Berikut doa dan amalan pelancar rezeki dan usaha."

Life | 06 August 2022, 16:30
Doa Melancarkan Rezeki dan Usaha, Lengkap Teks Arab, Latin, dan Artinya. Amalkan Sholat Dhuha

Daun.id - Setiap yang bernyawa sudah pasti memiliki rezeki yang telah diatur oleh Allah SWT. Mulai dari manusia, tumbuhan, dan hewan sekalipun serta seluruh yang memiliki nyawa. Rezeki yang diberikan oleh Allah SWT juga beragam, mulai dari kesehatan hingga suatu materi yang berupa harta benda. Akan tetapi semenjak terjadinya pandemi covid 19, semua hal mengalami ujian. Hingga kurang stabilnya kesehatan, pendidikan, dan perekonomian.

Rezeki memang sudah ditentukan dan diatur oleh Allah SWT. Ketahuilah bahwa usaha yang dilakukan oleh manusia memiliki pengaruh dalam proses terjadinya takdir. Usaha yang dilakukan manusia sebagai bentuk rasa tadzim manusia kepada Allah SWT. Selain usaha yang sungguh-sungguh, manusia juga dianjurkan berdoa agar diberi kelancaran rezeki dan usaha oleh Allah SWT. Anjuran berdoa ini sesuai dengan ajaran Rasulullah SAW.

Doa melancarkan rezeki dan usaha

Agar usaha dalam melancarkan rezeki dan usaha dapat diraih dan berhasil sesuai harapan. Ada kalanya, ikhtiar harus diiringi dengan doa agar lebih kaffah. Berikut ini lafal doanya :

اللهم صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَهَبْ لَنَا مِنْ رِزْقِكَ الْحَلَالِ الطَّيِّبِ الْمُبَارَكِ مَا تَصُوْنُ بِهِ وُجُوْهَنَا عَنِ التَّعَرُّضِ اِلَى أَحَدٍ مِنْ خَلْقِكَ

Allahumma sholi alaa muhammad wahablanaa min rizkikal halalittoyyibil mubaaroka maa tashuunu bihi wujuuhanaa anitta'arrudhi illaa ahadin min kholkika.

Artinya: Ya Allah limpahkanlah kesejahteraan kepada Nabi Muhammad, dan berilah kepada kami dari rezeki-Mu yang halal, baik, diberkahi, yang dengan rezeki itu bisa menjaga wajah-wajah kami dari bergantung kepada seorang dari makhluk-Mu.

Daun.id

sumber; pixabay.com

Itulah doa yang dapat diamalkan untuk melancarkab rezeki dan usaha. Maka teruslah untuk membaca doa tersebut dengan diiringi usaha yang sungguh-sungguh.

Amalan pelancar rezeki dan usaha

Selain doa di atas, ada juga amalan yang dapat dijadikan untuk melancarkan rezeki dan usaha. Amalan tersebut ialah sholat dhuha dengan istikomah. Waktunya setiap pagi setelah terbit matahari hingga sebelum dhuhur. Minimal melakukannya dua rakaat setiap pagi. Adapun doa yang dapat dibaca setelah sholat dhuha, berikut ini lafalnya ;

Doa pertama:   

اَللّٰهُمَّ إِنَّ الضَّحَآءَ ضَحَاءُكَ، وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ، وَالْجَمَالَ جَمَــالُكَ، وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ، وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ، وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ. اَللّٰهُمَّ إِنْ كَانَ رِزْقِيْ فِي السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ، وَإِنْ كَانَ فِي الْأَرْضِ فَأَخْرِجْهُ، وَإِنْ كَانَ مُعْسَرًا فَيَسِّرْهُ، وَإِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ، وَإِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ، بِحَقِّ ضَحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِيْ مَآ أَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Allâhumma innad dlahâ’a dlahâ’uka, wal bahâ’a bahâ’uka, wal jamâla jamâluka, wal quwwata quwwatuka, wal qudrata qudratuka, wal ishmata ishmatuka. Allâhuma in kâna rizqî fis samâ’i fa anzilhu, wa inkâna fil ardhi fa akhrijhu, wa inkâna mu’siran (mu‘assaran) fa yassirhu, wa in kâna harâman fa thahhirhu, wa inkâna ba‘îdan fa qarribhu, bi haqqi dlahâ’ika wa bahâ’ika wa jamâlika wa quwwatika wa qudratika, âtinî mâ atayta ‘ibâdakas shâlihîn.

Artinya, “Wahai Tuhanku, sungguh dhuha ini adalah dhuha-Mu, keagungan ini adalah keagungan-Mu, keindahan ini adalah keindahan-Mu, kekuatan ini adalah kekuatan-Mu, dan penjagaan ini adalah penjagaan-Mu. Wahai Tuhanku, jika rejekiku berada di atas langit, maka turunkanlah; jika berada di dalam bumi, maka keluarkanlah; jika dipersulit, mudahkanlah; jika (tercampur tanpa sengaja dengan yang) haram, sucikanlah; jika jauh, dekatkanlah; dengan hak dhuha, keelokan, keindahan, kekuatan, dan kekuasaan-Mu, datangkanlah kepadaku apa yang Engkau datangkan kepada para hamba-Mu yang saleh.”

Doa kedua:

  اَللّٰهُمَّ بِكَ أُصَاوِلُ وَبِكَ أُحَاوِلُ وَبِكُ أُقَاتِلُ

Allâhumma bika ushâwilu, wa bika uhâwilu, wa bika uqâtilu.

Artinya, “Dengan-Mu, aku menerjang. Dengan-Mu, aku berupaya. Dengan-Mu, aku berjuang.”

Doa ketiga, dibaca sebanyak 40 atau 100 kali:

   رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَارْحَمْنِيْ وَتُبْ عَلَيَّ إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمُ

Rabbighfir lî, warhamnî, wa tub ‘alayya, innaka antat tawwâbur rahîm.

Artinya, “Tuhanku, ampunilah aku. Kasihanilah aku. Terimalah tobatku. Sungguh, Engkau Maha Penerima Tobat dan Maha Penyayang.”

Daun.id

sumber; pixabay.com

Itulah beberapa doa dan amalan yang dapat dilakukan untuk melancarkan rezeki dan usaha. Amalkan doa tersebut sebagai pengiring ikhtiar sehari-hari.


Artikel Pilihan

JADWAL SHOLAT HARI INI

KAMIS, 18 AGUSTUS 2022 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:32 SUBUH 04:42 DUHA 06:21 ZUHUR 11:59
ASHAR 15:20 MAGHRIB 17:56 ISYA 19:07  

Daun Media Network