Doa Mandi Wajib Laki Laki Sesuai Ajaran Islam Lengkap Teks Arab, Latin dan Artinya

"Berikut ini adalah doa dan tata cara mandi wajib bagi pria, lengkap dan jelas."

Life | 10 August 2022, 16:52
Doa Mandi Wajib Laki Laki Sesuai Ajaran Islam Lengkap Teks Arab, Latin dan Artinya

Setelah berhubungan badan atau berhubungan suami istri, seorang muslim wajib melakukan mandi wajib untuk menghilangkan hadast.

Mandi wajib atau mandi besar adalah sebuah mandi yang wajib di lakukan karena beberapa perkara seperti keluar mani, berhubungan badan, haid bagi wanita dsb. Dalam Islam, jika seseorang memiliki hadas besar maka dirinya diwajibkan untuk melakukan mandi wajib atau mandi besar.

Perkara yang Menyebabkan Mandi Wajib

Berikut ini adalah beberapa perkara seseorang diwajibkan untuk melakukan mandi wajib. Berikut ini adalah sebab-sebab mandi wajib, yaitu:

- Berhubungan Badan
Wajib hukumnya setelah berhubungan badan (jimak) yang mengeluarkan air mani atau pun tidak untuk melakukan mandi junub. Yang dimaksud dengan bersetubuh adalah jika bertemu dua khitan (kemaluan lelaki dan perempuan), yaitu dengan menyentuhkan/memasukkan hasyafah (batasan zakar yang dikhatan) ke dalam faraj.

Anjuran mandi wajib usai bersetubuh ini telah diriwayatkan oleh Nabi Muhammad SAW, beliau bersabda: “Apabila bertemu dua khitan, maka sesungguhnya wajib mandi,” (H.R Ibnu Majah).

- Keluar Air Mani
Keluarnya mani yang dimaksud ialah cairan putih keabuan kental dari alat kelamin laki-laki atau wanita, baik karena mimpi basah, atau pun hal lainya.

- Haid Bagi Wanita
Seorang wanita yang sedang haid dilarang untuk melaksanakan beberapa hal sebelum mereka bersih dan suci. Allah SWT berfirman dalam Surah Al-Baqarah ayat 222 yang artinya:

“Mereka bertanya kepadamu tentang haid. Katakanlah: "Haid itu adalah suatu kotoran".

Oleh sebab itu hendaklah kamu menjauhkan diri dari wanita di waktu haidh; dan janganlah kamu mendekati mereka, sebelum mereka suci. Apabila mereka telah suci, maka campurilah mereka itu di tempat yang diperintahkan Allah kepadamu. Dalam tafsir disebutkan yang dimaksud dengan suci dalam ayat tersebut adalah suci dengan cara mandi.

- Keluar Darah Nifas Wanita
Sama seperti haid, darah yang keluar saat bersalin (nifas) juga wajib disucikan dengan mandi. Umumnya, nifas berlangsung selama 40 hari dan maksimal 60 hari. Jika darah nifas terhenti, maka wanita harus mandi wajib.

- Wiladah Wanita
Ketika wanita melahirkan normal, diwajibkan untuk mandi junub meski yang dilahirkan masih berupa segumpal darah atau daging.

Sementara jika melahirkan melalui operasi caesar, ada perdebatan antara ulama. Ada yang mengatakan harus mandi wajib ada pula yang berpendapat sebaliknya.

- Meninggal Dunia
Umat Islam yang meninggal dunia, selain mati syahid, maka wajib untuk dimandikan.


Niat Mandi Junub/Wajib

Daun.id

pixabay.com

Berikut ini lafadz niat mandi wajib:

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَكْبَرِ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

"Nawaitu Ghusla Lifrafil Hadatsil Akbari Fardhan Lillahi Ta'aala."

Artinya:
"Aku berniat mandi besar untuk menghilangkan hadas besar fardhu karena Allah Ta'aala."

Rukun Mandi Wajib

Dalam mazhab Syafi'i, rukun mandi janabah atau mandi wajib ada tiga hal, yang jika tidak melakukan tiga rukun tersebut, maka mandi wajib itu tidak sah. Rukun mandi wajib dalam mazhab Syafi'i ada tiga. Pertama, membaca niat. Kedua, membersihkan badan dari najis. Ketiga, mengalirkan air ke seluruh rambut dan permukaan kulit.

Tata Cara Mandi Wajib yang di Sunnahkan
Berikut ini adalah tata cara yang dilakukan ketika sedang melakukan mandi wajib. Berikut adalah tata caranya:

Setelah membacakan niat, diwajibkan untuk membasuhkan air ke seluruh tubuh mulai dari rambut hingga ujung kaki. Selain itu, saat mandi juga perlu membersihkan setiap kotoran yang menempel di tubuh menggunakan air yang suci dan bersih.

Agar lebih afdal, inilah tata cara mandi wajib beserta sunnahnya:

1. Membaca niat mandi Junub. Doa niat inilah yang membedakan mandi wajib dengan mandi biasa. Doa niat mandi junub dapat dibaca dalam hati.

2. Membersihkan telapak tangan sebanyak 3 kali. Setelah itu dilanjutkan dengan membersihkan kemaluan serta kotoran yang ada di sekitarnya hingga bersih dengan tangan kiri.

3. Bersihkan tangan untuk menghilangkan najis dengan menggosok-gosoknya menggunakan sabun hingga bersih, baru dibilas.

4. Berwudhu secara sempurna mirip seperti wudhu yang dilakukan saat akan shalat.

5. Menyiram kepala dengan air sebanyak 3 kali.

6. Sela pangkal rambut dengan jari-jari tangan yang basah sampai menyentuh kulit kepala agar seluruh bagian rambut terkena air.

7. Bilas seluruh tubuh dengan mengguyurkan air dari sisi kanan, lalu dilanjutkan dengan sisi tubuh bagian kiri.

8. Membersihkan area badan yang susah dijangkau. Saat mandi wajib, pastikan seluruh lipatan kulit dan bagian tersembunyi ikut dibersihkan. Saat mandi junub, seluruh badan wajib basah dan bersih.

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

JUMAT, 26 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:53
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:50 ISYA 19:01  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya