Doa untuk Anak Sholeh dan Sholehah, Pintar dan Berkah

"Jangan lupa baca doa ini supaya anak menjadi sholeh."

Life | 11 August 2022, 10:03
Doa untuk Anak Sholeh dan Sholehah, Pintar dan Berkah

Mempunyai anak sholeh dan sholehah tentu saja menjadi keinginan bagi setiap orang tua. Sehingga, tidak jarang banyak orang tua yang melakukan berbagai cara supaya anaknya menjadi sesuai harapan. Adapun cara yang dilakukannya seperti berusaha untuk senantiasa berbuat baik dan mendoakan kebaikan untuk anaknya.

Selain itu, memiliki anak sholeh dan sholehah tentu merupakan salah satu amal yang tidak akan terputus setelah orang tua meninggal dunia. Hal tersebut telah dijelaskan dalam hadis berikut ini, yakni:

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ وَعِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ وَوَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

Artinya: “Ketika seseorang telah meninggal dunia, maka terputuslah amalnya kecuali 3 perkara, yaitu sedekah jariah ilmu yang bermanfaat, dan anak sholeh yang berdoa baginya,” (HR. Muslim no. 1631).

Doa untuk anak
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Berikut ini beberapa doa yang dapat diamalkan agar anak cerdas, sholeh, dan diberikan keberkahan:

1. Doa untuk anak supaya rajin beribadah

رَبِّ ٱجْعَلْنِى مُقِيمَ ٱلصَّلَوٰةِ وَمِن ذُرِّيَّتِى ۚ رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَآءِ

Rabbij’alni muqimaṣ-salati wa min zurriyyati rabbana wa taqabbal du’a

Artinya: “Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mengerjakan sholat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku,” (Alquran Surah Ibrahim ayat 40).

2. Doa untuk anak supaya beriman dan bertakwa

وَٱلَّذِينَ يَقُولُونَ رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَٰجِنَا وَذُرِّيَّٰتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَٱجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

Wallazina yaqulụna rabbana hab lana min azwajina wa zurriyyatina qurrata a’yuniw waj’alna lil-muttaqina imama

Artinya: “Dan orang-orang yang berkata: ‘Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami istri-istri kami dan anak-anak kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa',” (Al-Qur'an Surah Al-Furqan ayat 74).

3. Doa untuk anak supaya pintar dan cerdas

اَللَّهُمَّ امْلَأْ قُلُوْبَ أَوْلَادِنَا نُوْرًا وَحِكْمَةً وَأَهْلِهِمْ لِقَبُوْلِ نِعْمَةٍ وَاَصْلِحْهُمْ وَاَصْلِحْ بِهِمُ الْأُمَّةَ

Allahummam-la’ quluuba aulaadinaa nuuron wa hik-matan wa ahlihim liqobuuli ni’matin wa ashlih-hum wa ashlih bihimul Ummah

Artinya: “Ya Allah, isilah hati anak-anak kami dengan cahaya dan hikmah, dan jadikan mereka hamba-hamba-Mu yang layak untuk menerima nikmat-Mu, dan perbaikilah diri mereka dan perbaiki pula umat ini melalui mereka.”

4. Doa untuk anak supaya berbakti kepada orang tua

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لِي فِي أَوْلَادِي وَلَا تَضُرَّهُمْ وَوَفِّقْهُمْ لِطَاعَتِكَ وَارْزُقْنِي بِرَّهُمْ

Allahumma bariklii fii awladiy, wa la tadhurruhum, wa waf fiqhum li tho’atik, war zuqniy birrohum

Artinya: ”Ya Allah limpahkanlah barokah kepadaku dan anak-anakku, janganlah Engkau timpakan mara bahaya kepada mereka, limpahkanlah kepada mereka taufik untuk taat kepada-Mu dan karuniakanlah kepadaku rezeki berupa bakti mereka.”

5. Doa untuk anak agar menjadi orang yang baik
Daun.id

Sumber: Pexels.com

رَبِّ هَبْ لِى مِن لَّدُنكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً ۖ إِنَّكَ سَمِيعُ ٱلدُّعَآءِ

Robbii habliy mil ladunka dzurriyyatan thoyyibatan innaka sami’ud du’a

Artinya: “Ya Tuhanku, berikanlah kepadaku dari sisi-Mu seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa,” (Al-Qur'an Surah Ali Imran ayat 38).

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya