Doa Supaya Bisa Membayar Hutang dengan Cara Tak Terduga, Teks Arab, Latin, dan Artinya

"Allah terkadang menurunkan rizki dari jalan yang tidak terduga, berikut doannya."

Life | 12 August 2022, 20:40
Doa Supaya Bisa Membayar Hutang dengan Cara Tak Terduga, Teks Arab, Latin, dan Artinya

Daun.id - Hutang dalam Islam memiliki hukum yang diperbolehkan. Hutang berasal dari bahasa Arab yaitu al-qardh yang memiliki makna memotong. Sedangkan secara istilah memiliki pengertian memberikan harta kepada orang lain dengan dasar kasih sayang kepada yang membutuhkannya. Orang yang diberikan hutang berkewajiban untuk mengembalikannya dengan tempo yang telah ditentukan bersama.

Membayar hutang juga tak boleh ditunda-tunda, misalnya jika sudah ada uang untuk mengembalikannya. Maka segeralah melunasinya dan jangan ditunda-tunda lagi. Islam menegaskan, bahayanya hutang yang tidak segera dituntaskan didunia dapat berlanjut dalam urusan akhirat ketika seseorang sudah meninggal dunia.

Sangat penting bagi siapapun untuk menyelesaikan persoalan hutang saat masih hidup di dunia agar tidak menjadi beban di akhirat. Maka segala ikhtiar harus dilakukan agar dapat melunasinya. Saat di tengah-tengah ikhtiar inilah jangan lupa diiringi dengan bacaan doa. Rasulullah pernah mengajarkan beberapa doa semasa hidupnya, lebih lengkapnya di bawah ini.

Doa supaya bisa membayar hutang dengan cara tak terduga

Selain ikhtiar, doa juga menjadi salah satu upaya untuk menyelesaikan persoalan hutang. Bahkan dengan doa kepada Allah SWT, bisa saja menurunkan cara dari jalan yang tak terduga. Doa ini dapat dibaca ketika pagi dan sore hari, berikut ini doanya :

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ، وَقَهْرِ الرِّجَالِ

Allâhumma innî a‘ûdzu bika minal hammi wal hazan. Wa a‘ûdzu bika minal ‘ajzi wal kasal. Wa a‘ûdzu bika minal jubni wal bukhl. Wa a‘ûdzu bika min ghalabatid daini wa qahrir rijâl

Artinya: Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kebingungan dan kesedihan, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan dan kemalasan, aku berlindung kepada-Mu dari ketakutan dan kekikiran, aku berlindung kepada-Mu dari lilitan utang dan tekanan orang-orang.

Selain doa di atas masih ada beberapa bacaan doa lainnya yang dapat digunakan untuk memohon agar selalu diberi kemudahan dalam melunasi hutang. Berikut ini beberapa doanya:

Daun.id

sumber; pexels.com

اَللَّهُمَّ رَبَّ السَّمَاوَاتِ السَّبْعِ وَرَبَّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ، رَبَّنَا وَرَبَّ كُلِّ شَيْءٍ، فَالِقَ الْحَبِّ وَالنَّوَى، وَمُنْزِلَ التَّوْرَاةِ وَاْلإِنْجِيْلِ وَالْفُرْقَانِ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ كُلِّ شَيْءٍ أَنْتَ آخِذٌ بِنَاصِيَتِهِ. اَللَّهُمَّ أَنْتَ اْلأَوَّلُ فَلَيْسَ قَبْلَكَ شَيْءٌ، وَأَنْتَ اْلآخِرُ فَلَيْسَ بَعْدَكَ شَيْءٌ، وَأَنْتَ الظَّاهِرُ فَلَيْسَ فَوْقَكَ شَيْءٌ، وَأَنْتَ الْبَاطِنُ فَلَيْسَ دُوْنَكَ شَيْءٌ، اِقْضِ عَنَّا الدَّيْنَ وَأَغْنِنَا مِنَ الْفَقْرِ

Allahumma robbas-samaawaatis sab'i wa robbal 'arsyil 'azhiim, robbanaa wa robba kulli syai-in, faaliqol habbi wan-nawaa wa munzilat-tawrooti wal injiil wal furqoon. A'udzu bika min syarri kulli syai-in anta aakhidzum binaa-shiyatih. Allahumma antal awwalu falaysa qoblaka syai-un wa antal aakhiru falaysa ba'daka syai-un, wa antazh zhoohiru fa laysa fawqoka syai-un, wa antal baathinu falaysa duunaka syai-un, iqdhi 'annad-dainaa wa aghninaa minal faqri.

Artinya: Ya Allah, Rabb yang menguasai langit yang tujuh, Rabb yang menguasai 'Arsy yang agung, Rabb kami dan Rabb segala sesuatu. Rabb yang membelah butir tumbuh-tumbuhan dan biji buah, Rabb yang menurunkan kitab Taurat, Injil dan Furqan (Al-Qur'an). Aku berlindung kepadaMu dari kejahatan segala sesuatu yang Engkau memegang ubun-ubunnya (semua makhluk atas kuasa Allah). Ya Allah, Engkau-lah yang awal, sebelum-Mu tidak ada sesuatu. Engkaulah yang terakhir, setelahMu tidak ada sesuatu. Engkau-lah yang lahir, tidak ada sesuatu di atasMu. Engkau-lah yang Batin, tidak ada sesuatu yang luput dari-Mu. Lunasilah hutang kami dan berilah kami kekayaan (kecukupan) hingga terlepas dari kefakiran.

Jadi dalam melunasi hutang jangan mudah berkecil hati. Tetaplah berikhtiar dengan melakukan apapun yang kamu bisa. Sebab Allah terkadang menurunkan rizki dari jalan yang tidak kita duga. Hal ini telah dijelaskan dalam Al Quran melalui surat At-Talaq 2-3. Berikut ini ayatnya :

وَمَن يَتَّقِ ٱللَّهَ يَجۡعَل لَّهُ ۥ مَخۡرَجً۬ا (٢) وَيَرۡزُقۡهُ مِنۡ حَيۡثُ لَا يَحۡتَسِبُ‌ۚ وَمَن يَتَوَكَّلۡ عَلَى ٱللَّهِ فَهُوَ حَسۡبُهُ ۥۤ‌ۚ إِنَّ ٱللَّهَ بَـٰلِغُ أَمۡرِهِۦ‌ۚ قَدۡ جَعَلَ ٱللَّهُ لِكُلِّ شَىۡءٍ۬ قَدۡرً۬ا (٣)

“Wa mayyattaqillaa ha yaj-‘al lahuu makhraja – wa yarzuqhu min haitsu laa yahtasib – wa mayyatawakkal ‘a- lallaahi fahuwa hasbuh – innallaaha baalighu amrihi – qad ja ‘a lallaahu li kulli syai in-qadra

Artinya: “Barangsiapa yang bertaqwa kepada Allah, niscaya diberi-Nya kelapangan dan diberi-Nya rezeki yang tidak diduga-duga. Siapa yang bertawakkal kepada Allah, niscaya dijamin-Nya, sesungguhnya Allah sangat tegas dalam perintah-Nya dan Dialah yang mentakdirkan segala sesuatu.

Ayat di atas dapat disebut juga sebagai ayat seribu dinar. Menurut penjelasan beberapa para ahli, barang siapa dapat mengamalkannya maka rizkinya akan dijamin oleh Allah SWT. Jadi juga dapat diamalkan saat proses melunasi hutang. Demikianlah mengenai penjelasan tentang doa supaya bisa membayar hutang dari jalan tak terduga.


Artikel Pilihan

JADWAL SHOLAT HARI INI

SELASA, 4 OKTOBER 2022 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:11 SUBUH 04:21 DUHA 05:59 ZUHUR 11:44
ASHAR 14:49 MAGHRIB 17:49 ISYA 18:58  

Daun Media Network