Doa Untuk Keluarga Lengkap Teks Arab, Latin, dan Artinya. Bahagia Dunia Akhirat

"Setiap orang berharap memiliki keluarga yang bahagia dunia akhirat, berikut ini doanya."

Life | 17 August 2022, 08:29
Doa Untuk Keluarga Lengkap Teks Arab, Latin, dan Artinya. Bahagia Dunia Akhirat

Keluarga adalah bagian terkecil dalam suatu masyarakat yang terdiri dari kepala keluarga beserta beberapa orang yang tinggal dalam satu rumah. Setiap muslim pasti menginginkan keluarga yang sakinah mawaddah warrahmah. Dan setiap orang menginginkan keluarga penuh dengan kebahagiaan.

Tentunya untuk mencapai hal tersebut diperlukan usaha keras agar dapat terwujud. Dalam Islam dianjurkan untuk selalu membaca doa dan memohon kepada Allah SWT. Doa yang dibaca dapat mendatangkan banyak keberkahan untuk keluarga, sehingga keluarga menjadi tentram dan penuh dengan kedamaian.

Keluarga juga termasuk menjadi suatu harta yang sangat berharga. Sehingga harus benar-benar dijaga dan dapat menjadi penyemangat dalam kehidupan sehari-hari. Dalam hal ini ada beragam doa yang dapat dibaca untuk keluarga. Lebih lengkapnya akan kami bahas seperti di bawah ini.

Doa untuk keluarga

Setiap pasangan suami istri pasti menginginkan keluarga bahagia dunia akhirat. Selain dengan berusaha keras, perlu adanya campur tangan Allah melalui doa yang kita panjatkan. Adapun beberapa doanya seperti berikut ini ;

1. Doa untuk keberkahan rumah tangga

اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لِيْ فِيْ أَهْلِيْ وَبَارِكْ لَهُمْ فِيَّ وَارْزُقْنِيْ مِنْهُمْ وَارْزُقْهُمْ مِنِّي. اَللّٰهُمَّ اجْمَعْ بَيْنَنَا مَا جَمَعْتَ إِلَى خَيْرٍ وَفَرِّقْ بَيْنَنَا إِذَا فَرَّقْتَ إِلَى خَيْرٍ   

Allâhumma bârik lî fî ahlî wa bârik lahum fiyya warzuqnî minhum warzuqhum minnî. Allâhummajma’ bainanâ mâ jama’ta ilâ khairin wa farriq bainanâ idzâ farraqta ilâ khairin.

Artinya: “Ya Allah, berkahilah aku di dalam keluargaku dan berkahilah mereka di dalam diriku. Berilah aku rezeki dari mereka dan berilah mereka rezeki dariku. Ya Allah, kumpulkan kami menuju kebaikan dan pisahkan kami bila Engkau pisahkan menuju kebaikan.

Doa tersebut dapat dibaca dengan mengharapkan suatu keberkahan rumah tangga dari Allah SWT.

2. Doa agar selalu diselimuti kasih sayang

وَاَلْقَيْتُ عَلَيْكَ مَحَبَّةً مِّنِّيْ ەۚ وَلِتُصْنَعَ عَلٰى عَيْنِيْ ۘ

Wa alqaytu ‘alayka makhabbatan minnii walitushna’a ‘alaa ‘aynii.

Artinya; “Dan Aku telah tanamkan dari kemurahan-Ku perasaan kasih sayang orang terhadapmu, dan supaya engkau dibela dan dipelihara dengan pengawasan-Ku.” (QS. Taha ayat 39).

Daun.id

sumber; pexels.com

3. Doa agar menjadi keluarga sakinah

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

Rabbana hablana min azwaajina wa dzurriyyatina qurrata a’yuniw waj’alna lil muttaqiena imaamaa.

Artinya; “Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami, pasangan kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami sebagai imam bagi orang-orang yang bertaqwa.” (QS Al Furqan ayat 74).

4. Doa ketenangan untuk keluarga di dunia dan akhirat

الّلهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ نَفْسًا بِكَ مُطْمَئِنَّةً تُؤْمِنُ بِلِقَائِكَ وَتَرْضَى بِقَضَائِكَ وَتَقْنَعُ بِعَطَائِكَ

Allahumma inni asaluka nafsan bika muthmainnah, tu’minu biliqoika wa tardho bi qodhoika wataqna’u bi ’athoika.

Artinya; “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu jiwa yang tenang, yang percaya dengan pertemuan dengan-Mu dan menerima apa yang menjadi anugerah-Mu dan rela terhadap ketentuan-Mu“.

5. Doa agar keluarga rajin ibadah sholat

رَبِّ اجْعَلْنِي مُقِيمَ الصَّلاَةِ وَمِن ذُرِّيَّتِي رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاء

Rabbij’alnī muqīmaṣ-ṣalāti wa min żurriyyatī rabbanā wa taqabbal du’ā

Artinya; “Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan keturunanku orang-orang yang tetap mendirikan sholat, ya Tuhan kami perkenankanlah doaku.“

Demikian macam-macam doa yang dapat dipanjatkan untuk keluarga. Bacalah doa tersebut dengan memohon kepada Allah SWT agar menjadi keluarga yang sakinah, mawadah, warahmah.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

JUMAT, 19 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:27 SUBUH 04:37 DUHA 06:15 ZUHUR 11:54
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:52 ISYA 19:03  

Zodiak Aries Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Anda sebagai seorang Aries akan berjalan dengan baik. Anda akan merasa lebih dekat dengan pasangan Anda dan saling mendukung satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi secara jelas dan terbuka untuk menghindari konflik yang tidak perlu.



Aries Selengkapnya