Doa Berbuka Puasa Qadha Teks Arab, Latin, dan Artinya Disertai Tata Caranya

"Ada dua versi doa berbuka puasa, ketahui lafalnya di bawah ini."

Life | 17 August 2022, 14:42
Doa Berbuka Puasa Qadha Teks Arab, Latin, dan Artinya Disertai Tata Caranya

Puasa qadha merupakan suatu puasa yang dijalankan sebagai pengganti puasa wajib Ramadhan. Bagi setiap muslim yang telah meninggalkan puasa Ramadhan wajib menggantinya dengan melakukan puasa di luar bulan suci Ramadhan. Dalam pelaksanannya ini juga memiliki beberapa versi, sesuai dengan waktu dan kondisi seseorang yang mempunyai hutang puasa wajib.

Rasulullah SAW saat berbuka puasa selalu membaca doa berbuka puasa. Doa berbuka puasa qadha seperti umumnya pada saat berbuka puasa di bulan suci Ramadhan. Namun kali ini kami akan membahas beberapa doa dari berbagai versi. Dalam hal ini ada dua versi yang akan kami bahas secara lengkap di bawah ini.

Doa berbuka puasa qadha

Saat melakukan puasa qadha, ketika berbuka puasa juga dianjurkan untuk membaca doa. Berikut ini doa berbuka puasa dalam berbagai versi ;

Versi pertama :

اَللّٰهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Allaahumma lakasumtu wabika aamantu wa'alaa rizqika afthortu birahmatika yaa arhamar-roohimiina.

Artinya: "Ya Allah karenaMu aku berpuasa, denganMu aku beriman, kepadaMu aku berserah dan dengan rezekiMu aku berbuka (puasa), dengan rahmatMu, Ya Allah yang Tuhan Maha Pengasih," (HR Bukhari dan Muslim).

Versi kedua :

ذَهَبَ الظَّمَـأُ، وابْــتَلَّتِ العُرُوقُ، وثَــبَتَ الأَجْرُ إِن شَاءَ اللهُ

Dzahabaz zhama'u wabtallatil 'uruqu wa tsabatal ajru, insyaallah

Artinya: "Rasa dahaga telah hilang, kerongkongan telah basah dan atas kehendak Allah pahala telah ditetapkan. Insya Allah," (HR Abu Daud).

Demikianlah doa berbuka puasa dalam dua versi. Doa-doa tersebut juga dapat dibaca untuk doa berbuka puasa qadha.

Tata cara melaksanakan puasa qadha sesuai waktu dan kondisi

Dalam menjalankan puasa qadha juga ada beberapa macam cara yang bisa dilakukan. Sebelum melakukan puasa qadha perlu sekiranya untuk memerhatikan suatu kondisi ini terlebih dahulu :

- Pelaksanaan puasa qadha memiliki perbedaan dua versi. Versi pertama menyatakan, puasa qadha harus dilakukan secara beruntun jika puasa yang ditinggalkan juga secara beruntun. Versi kedua menyatakan boleh dilakukan secara tidak beruntun, hal ini juga diperkuat dengan hadits riwayat berikut ini :

قَضَاءُ رَمَضَانَ إنْ شَاءَ فَرَّقَ وَإنْ شَاءَ تَابَعَ

Artinya: "Qadha' (puasa) Ramadhan itu, jika ia berkehendak, maka ia boleh melakukannya terpisah. Dan jika ia berkehendak, maka ia boleh melakukannya berurutan. " (HR. Daruquthni, dari Ibnu 'Umar)

- Mengqadha puasa ramadhan yang tertunda hingga bulan ramadhan berikutnya. Namun terkadang ada yang tergunda hingga telah datamg puasa ramadhan berikutnya. Dalam hal ini dua perbedaan penapat seperti berikut ini.

Pertama, jika mengqadha puasa bulan ramadhan tertunda dengan tanpa alasan yang jelas tidak diwajibkan untuk membayar fidyah. Kedua, jika tertundanya puasa qadha tanpa alasan yang jelas, maka diwajibkan membayar fidyah. Jadi tetap wajib membayarnya dengan melakukan puasa qadha.

- Cara mengqadha puasa bagi orang yang sudah meninggal tentunya juga berbeda. Mari kita perhatikan hadits riwayat di bawah ini ;

مَن مَاتَ وَعَلَيْهِ صِيُامْ أُطْعِمَ عَنْهُ مَكَانَ يَوْمٍ مِسْكِيْنٌ

Artinya : "Siapa saja meninggal dunia dan mempunyai kewajiban puasa, maka dapat digantikan dengan memberi makan kepada seorang miskin pada tiap hari yang ditinggalkannya." (HR Tirmidzi, dari Ibnu 'Umar).

Meski sudah meninggal, jika masih punya hutang puasa maka tetap wajib diganti dengan memberi makan kepada orang miskin.

Selain itu masih ada hadits riwayat lainnya seperti ini ;

مَنْ مَاتَ وَ عَلَيْهِ صِيَامٌ صَامَ عَنْهُ وَلِيُّهُ

Artinya; "Siapa saja meninggal dunia dan mempunyai kewajiban qadha puasa, maka walinya (keluarganya) berpuasa menggantikannya." (HR. Bukhari dan Muslim, dari Aisyah)

Pendapat yang kedua keluarganya menggantikan atau yang menjalankan puasa.

- Cara mengqadha puasa dengan jumlah hutang puasa yang tidak diketahui. Dalam kondisi seperti ini, cara mengqadha puasanya ialah dengan menentukan maksimum puasa yang ditinggalkan. Toh kalau ada lebihnya dalam mengqadha, justru malah lebih baik.

Demikian beberapa cara mengqadha puasa yang dapat dilakukan sesuai dengan kondisinya. Bahwa qadha puasa merupakan suatu kewajiban yang harus dilakukan bagi siapa saja yang meninggalkan puasa wajib.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

RABU, 24 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:53
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:51 ISYA 19:01  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, Taurus akan mengalami perubahan positif dalam hubungan percintaan. Jika sudah memiliki pasangan, hubungan akan semakin harmonis. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya