Doa Kelancaran Berbicara Teks Arab, Latin, dan Artinya. Ketahui Tipsnya

"Kuasai tipsnya dan jangan lupa membaca doa di bawah ini."

Life | 17 August 2022, 18:39
Doa Kelancaran Berbicara Teks Arab, Latin, dan Artinya. Ketahui Tipsnya

Daun.id - Berbicara menjadi salah satu hal yang penting terhadap keberhasilan seseorang dalam melakukan komunikasi. Terlebih komunikasi dengan banyak orang, pada saat berpidato, menyampaikan pendapat atau berorasi di depan umum. Lancarnya berbicara seseorang juga dapat memengaruhi para pendengarnya, sehingga menjadi termotivasi dan semangat.

Dalam hal ini kecakapan atau berlatih harus disiapkan terlebih dahulu sebelumnya. Langkah yang harus dilakukan ialah memahami materi yang akan dibicarakan. Setelah dipahami baru menyiapkan atau menyusun kalimat yang akan disuguhkan sesuai dengan kondisi audien. Dalam praktiknya, terkadang kita sudah menyiapkan dengan matang-matang. Namun, justru masih mengalami kesulitan, entah karena grogi menghadapi audien atau beberapa hal lainnya yang menyebabkan kita lupa.

Menyiapkan diri secara matang memang harus dilakukan ketika hendak berbicara di depan umum dengan banyak orang. Agar dapat menyampaikan dengan lancar dan ditangkap dengan baik oleh pendengarnya. Sehingga dapat menjadi suatu kebaikan bagi para audien. Selain dengan menyiapkan secara matang, akan lebih afdhol jika usaha diiringi dengan doa. Lebih detailnya kami bahas di bawah ini.

Doa kelancaran berbicara

Selain melakukan beberapa langkah menyiapkan diri sebelum berbicara di depan umum. Kita juga bisa berikhtiar melalui doa, agar tidak grogi pada saat menghadapi audien yang banyak. Berikut lafal doanya ;

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِّن لِّسَانِي  يَفْقَهُوا قَوْلِي

Rabbisyrahlī shadrī wayassirlī amrī wahlul ‘uqdatan min lisānī yafqahū qaulī.

Artinya: "Ya Tuhanku, lapangkanlah dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, agar mereka mengerti perkataanku." (Q.S. Thā-hā: 25-28).

Jadi sebelum berbicara di muka umum bacalah doa tersebut, agar tidak grogi dan dapat menyampaikan pembicaraan dengan lancar serta bisa diterima pendengarnya.

Tips lancar berbicara di depan umum

Doa dan ikhtiar dengan sungguh-sungguh tidak dapat dipisahkan. Sehingga ada beberapa hal yang harus dilakukan, agar dapat lancar berbicara di depan umum. Lakukan beberapa langkah di bawah ini ;

1. Kuasai materinya terlebih dahulu

Jadi pahamilah materi yang akan disampaikan sebelum menyampaikannya. Anda bisa melakukan dengan lebih banyak membaca atau melakukan sharing terlebih dahulu dengan orang yang sudah berpengalaman. Serap materi sebanyak mungkin hingga dapat memahami. Orang yang mampu memahaminya pasti akan lancar pada saat menyampaikan.

2. Melakukan latihan sendiri

Dalam hal apapun usahakan dengan melatih diri terlebih dahulu, sebelum melakukannya. Termasuk ketika hendak berbicara di depan umum, latihan terlebih dahulu secara sendirian. Kamu dapat menyusun teks, lalu dibaca dengan membayangkan sedang berbicara di depan umum. Mulailah mengatur kata, kalimat, hingga pola pernapasan agar benar-benar terlatuh.

3. Melakukan simulasi

Simulasi dapat dilakukan terlebih dahulu dengan melibatkan orang-orang terdekat. Jadi jangan malu untuk meminta bantuan orang terdekat yang berperan sebagai pendengar. Setelahnya meminta kritik dan saran terkait apa yang harus diperbaiki.

4. Menyampaikan point pentingnya saja

Agar apa yang dibucarakan bisa berjalan dengan lancar maka cukup mengingat point pentingnya saja. Hal ini diperuntukkan agar tidak terlalu tele-tele pada saat berbicara di depan umum. Selain itu sampaikan dengan bahasa yang mudah dipahami audien. Sehingga audien juga dapat menangkapnya dengab lebih mudah.

5. Tetap fokus dengan apa yang disampaikan

Kefokusan ini juga sangat penting untuk dilakukan, agar konsentrasi tidak buyar. Maka penting untuk tetap fokus dengan apa yang akan dibicarakan. Sehingga fikiran tidak terlalu memikirkan hal lainnya yang dapat menyebabkan konsentrasi buyar dan membuat grogi hingga lupa.

6. Kontak mata dengan audien

Pentingnya melakukan kontak mata ini agar dapat mengetahui respon audien terhadap apa yang kita bicarakan. Selain itu juga untuk membangun suasana yang lebih hidup. Sehingga terjalin kesinambungan antara audien diri Anda.

7. Kuasai bahasa tubuh

Bahasa tubuh juga dapat membangun kepercayaan audien kepada pembicara. Sehingga apa yang disampaikan oleh pembicara mudah ditangkap dan dipahami. Dengan belajar dan menguasai bahasa tubuh, kita dapat lebih lancar pada saat berbicara di depan umum.

Demikianlah beberapa tips yang dapat dakukan agar bisa berbicara dengan lancar di depan umum. Kuasai tipsnya dan jangan lupa membaca doanya.


Artikel Pilihan

JADWAL SHOLAT HARI INI

KAMIS, 29 SEPTEMBER 2022 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:14 SUBUH 04:24 DUHA 06:01 ZUHUR 11:45
ASHAR 14:53 MAGHRIB 17:50 ISYA 18:59  

Daun Media Network