Doa Minta Jodoh dan 4 Isyarat Sesuai Al Quran, Lengkap Teks Arab, Latin, dan Artinya.

"Al Quran telah memberikan isyarat jodoh dan bacalah doa di bawah ini."

Life | 18 August 2022, 13:35
Doa Minta Jodoh dan 4 Isyarat Sesuai Al Quran, Lengkap Teks Arab, Latin, dan Artinya.

Daun.id - Jodoh merupakan suatu hal yang sudah diatur oleh Allah SWT, meski demikian jodoh yang dinantikan terkadang tak kunjung juga datang. Dalam kondisi seperti ini, tentu membuat para jomblo semakin menggalau. Memang untuk menemukan seorang jodoh harus diusahakan dengan sungguh-sungguh. Jika masih saja mengalami kesulitan, ada baiknya melibatkan Allah pada saat melakukan usaha.

Jodoh memang penuh misteri dan teka-teki, tak ada satupun manusia yang dapat menduga dengan siapa akan berjodoh. Meski sudah menempuhnya dengan usaha keras, berdoa juga menjadi suatu ikhtiar yang tak kalah pentingnya. Dengan doa seseorang akan menjadi lebih dekat dengan Allah SWT. Sehingga menjadi salah satu jalan mudah terkabulnya suatu keinginan. Adapun doa minta jodoh akan kami ulas seperti di bawah ini.

Doa minta jodoh

Daun.id

sumber; pexels.com

Penuh misteri dan tak dapat menduganya, sederhananya begitulah ketika kita berbicara persoalan jodoh. Agar tidak terlalu pusing memikirkannya, maka harus dilakukan ikhtiar dan banyak berdoa kepada Allah. Berikut ini doa minta jodoh :

رَبِّ إِنِّي لِمَا أَنْزَلْتَ إِلَيَّ مِنْ خَيْرٍ فَقِيرٌ

 Rabbbi, innî limâ anzalta ilayya min khairin faqîr

Artinya, “Ya Tuhanku, sungguh aku sangat memerlukan sesuatu kebaikan yang Engkau turunkan kepadaku,” (Surat Al-Qashas ayat 24)

Doa tersebut dikutip dari kisah Nabi Musa AS. Setelah membaca doa tersebut Nabi Musa di datangi perempuan anak dari Nabi Syuaib AS dan mengundangnya untuk datang ke rumah. Sesampainya di rumah, Nabi Syuaib memberikan Nabi Musa diberikan kesempatan memilih salah satu anak dari Nabi Syuaib untuk dijadikan istri.

Selain doa di atas, masih ada beberapa versi lainnya doa minta jodoh. Seperti berikut ini :

Versi pertama

رَبَّنَا هَبْلَنَا مِنْ أَزْوَاجِنِا وَ ذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ

Rabbanaa hab lanaa min azwaajinaa wa zurriyyatinaa qurrota a’yun

Artinya: “Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami pasangan dan keturunan dari kalangan kami sebagai penenang hati.

Versi kedua

رَبِّ لَا تَذَرْنِيْ فَرْدًا وَ أَنْتَ خَيْرُ الْوَارِثِيْنَ 

Rabbi laa tazarnii fardaw wa anta khoirul-waarisiin

Artinya: “Ya Tuhanku, janganlah Engkau biarkan aku hidup seorang diri (tanpa keturunan) dan Engkaulah ahli waris yang terbaik."

Isyarat jodoh menurut Al Qur'an

Daun.id

sumber; pexels.com

Al Qur'an merupakan kitab pedoman bagi orang Islam, di dalamnya memuat banyak pelajaran dan petunjuk bagi umat manusia. Begitu juga dengan isyarat suatu jodoh, berikut ini isyarat jodoh menurut Al-Qur'an :

1. Kesamaan dan kesepadanan

Hal ini tertulis di dalam Al Qur'an pada surat An-Nur; 26 yang artinya "Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah buat wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula),”. Allah akan menjodohkan hambanya dengan orang yang sepadan dan kesamaan. Bisa saja dalam hal profesi, hobi, status sosial, wajah, dan lain sebagainya.

2. Ketentraman dan kecenderungan

Setelah mengamati kesamaan dan kesepadanan, selanjutnya seseorang yang berjodoh akan menimbulkan ketentraman dan kecenderungan. "Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang,” (QS ar-Rum [30] 21). Ayat inilah yang menjadi penguat, bahwa isyarat jodoh itu dapat mendatangkan ketentraman dan kecenderungan hati.

3. Dapat diterima keluarga

Pernikahan itu tak se-sederhana menyatukan dua insan yang saling mencinta. Dibalik itu, pernikahan juga proses menyatukan dua keluarga besar antara laki-laki dan perempuan. Penerimaan dari keluarga telah tertulis dalam Al-Qur'an "Jika kamu tidak menemui seorang pun di dalamnya, maka janganlah kamu masuk sebelum kamu mendapat izin. Dan jika dikatakan kepadamu, ‘Kembali (saja)lah,’ maka hendaklah kamu kembali. Itu bersih bagimu dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan,” (QS asy-Syura [42]: 11).

4. Pintu rezeki menjadi lapang

Isyarat yang keempat, seseorang yang bertemu jodohnya pintu rezekinya menjadi lapang baginya. Sesuai dengan kutipan ayat berikut ini "Allah menjadikan bagi kamu istri-istri dari jenis kamu sendiri dan menjadikan bagimu dari istri-istri kamu itu, anak-anak dan cucu-cucu, dan memberimu rezeki dari yang baik-baik,” (QS an-Nahl [16]: 72).

Demikianlah empat isyarat dari Al-Qur'an tentang jodoh, sudahkah isyarat ini kau dapati dalam dirimu?. Jika sudah, bisa jadi engkau sedang dekat dengan jodohmu. Tetaplah berusaha dan berdoa kepada Allah SWT.


Artikel Pilihan

JADWAL SHOLAT HARI INI

SELASA, 4 OKTOBER 2022 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:11 SUBUH 04:21 DUHA 05:59 ZUHUR 11:44
ASHAR 14:49 MAGHRIB 17:49 ISYA 18:58  

Daun Media Network