Doa Malam Sebelum Tidur dan Terhindar dari Mimpi Buruk Teks Arab, Latin dan Artinya

"Doa Malam Sebelum Tidur dan Terhindar dari Mimpi Buruk"

Life | 20 August 2022, 08:50
Doa Malam Sebelum Tidur dan Terhindar dari Mimpi Buruk Teks Arab, Latin dan Artinya

Daun.id - Malam selalu menjadi keadaan yang paling pas untuk mengistirahatkan tubuh. Dan selalu menjadi waktu terfavorit bagi hampir seluruh orang untuk melepaskan penat, kembali memulihkan energi serta tenaga untuk menghadapi hari selanjutnya. Setelah seharian telah melakukan banyak aktivitas di luar.

Mulai dari bercengkrama dengan keluarga, menghabiskan waktu sendirian, mulai dari membaca buku atau menyeduh minuman hangat. Ada juga di antaranya tidur. Karena tidur merupakan bagian paling menyenangkan dan menenangkan. Saat itu adalah sebenar-benarnya istirahat.

Kebiasaan yang harus rutin dilakukan ialah berdoa. Berdoa tidak hanya untuk tujuan menginginkan sesuatu. Juga sebagai bentuk rasa kebergantungan seorang hamba kepada Tuhan, untuk selalu dijaga dan dalam perlindungan-Nya.

Salah satunya ialah berdoa saat akan tidur. Supaya tidur dalam keadaan tenang dan nyenyak. Adapun doanya sebagai berikut:
Daun.id

sumber: pixabay.com

- Bacaan Doa Sebelum Tidur

Sebelum tidur, hendaknya untuk membaca doa sebelum tidur berikut ini. Agar saat telah terlelap dan tertidur agar dalam keadaan terlindungi. Menjadikan tidur lebih nyenyak.

بِسْمِكَ االلّٰهُمَّ اَحْيَا وَبِاسْمِكَ اَمُوْتُ

Bismikallaahuma ahyaa wa bismika amuutu

Artinya: “Dengan menyebut nama-Mu, Ya Allah, aku hidup dan dengan menyebut nama-Mu aku mati”.

Tak hanya itu, ada satu lagi bacaan doa sebelum tidur yang bisa dibaca dalam Bahasa Arab, latin, serta artinya berikut ini.

بِسْمِكَ اللّٰهُمَّ اَحْيَا وَاَمُوْتُ

Bismikallohumma ahya wa amuutu.

Artinya: “Dengan menyebut nama-Mu ya Allah, aku hidup dan aku mati”.

- Bacaan Doa Setelah Tidur

Saat setelah bangun dari tidur pun, juga alangkah baiknya memanjatkan doa. Sebagai bentuk rasa syukur masih diberi kehidupan kembali, dan menjadikan tubuh lebih fresh. Berikut ini doanya:

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَحْيَانَا بَعْدَمَآ اَمَاتَنَا وَاِلَيْهِ النُّشُوْرُ

Alhamdu lillahil ladzii ahyaanaa ba’da maa amaa tanaa wa ilahin nusyuur.

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami sesudah kami mati (membangunkan dari tidur) dan hanya kepada-Nya kami dikembalikan”.

Meskipun telah berdoa, terkadang tak menutup kemungkinan seseorang akan terhindar dari sebuah mimpi-mimpi buruk. Pasalnya mimpi adalah bunga tidur yang setiap orang pastinya akan mengalami hal tersebut. Berikut ini adalah bacaan doa ketika terbangun karena mendapat mimpi buruk. Atau bisa dibaca pula sebelum tidur supaya terhindar dari mimpi buruk.

- Doa ketika mimpi buruk
Daun.id

sumber: pixabay.com

هُوَ اللهُ ، اَللهُ رَبِّيْ لَا شَرِيْكَ لَهُ. أَعُوْذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّةِ مِنْ غَضَبِهِ وَمِنْ شَرِّ عِبَادِهِ وَمِنْ هَمَزَاتِ الشَّيَاطِيْنِ وَأَنْ يَحْضُرُوْنِ

Huwallahu, allahu rabbi, la syarika lahu. A‘udzu bikalimatillahit tammati min ghadhabihi wa min syarri ibadihi wamin hamazatis syayatini wa an yahdhuruni.

Artinya: “Dialah Allah, Allah Tuhanku. Tiada sekutu bagi-Nya. Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari murka-Nya, kejahatan para hamba-Nya, dan godaan setan. Aku pun berlindung kepada-Nya dari kepungan setan itu.”

- Doa ketika mendapat mimpi baik
Ada pula bacaan doa supaya mendapat mimpi yang baik, dan atau membuat tidur dalam keadaan pikiran yang tenang. Berikut ini doanya:

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْ قَطْلَ الْحَاجَتِ

Alhamdulillahil ladzii qodzoo haajati

Artinya: "Segala puji bagi Allah yang telah memberi hajatku."


Artikel Pilihan

JADWAL SHOLAT HARI INI

SELASA, 4 OKTOBER 2022 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:11 SUBUH 04:21 DUHA 05:59 ZUHUR 11:44
ASHAR 14:49 MAGHRIB 17:49 ISYA 18:58  

Daun Media Network