Teks Doa Acara Resmi, Teks Arab, Latin dan Artinya

"Berikut ini adalah doa acara resmi, lengkap dengan teks Arab, Latin dan artinya."

Life | 27 August 2022, 13:55
Teks Doa Acara Resmi, Teks Arab, Latin dan Artinya

Daun.id - Dalam Islam, setiap melaksanakan kegiatan atau acara sangat dianjurkan untuk berdoa, baik itu acara formal atau pun non formal.

Berdoa sebelum acara  bertujuan untuk meminta kelancaran dan keselamatan tanpa kendala kepada Allah SWT. Selain itu juga berharap acara tersebut akan membawa manfaat baik bagi semua orang yang datang.

Doa Acara Resmi Teks Arab, Latin dan Artinya

Daun.id
pixabay.com

Doa ini bisa digunakan saat kalian sedang mengadakan acara formal atau resmi dan ingin memanjatkan doa membuka acara. Adapun doa membuka acara formal atau resmi yang singkat adalah sebagai berikut:

- Bacaan doa pembuka acara majelis

الْحِمْدُلِلَّهِ الأَّذِيْ أَنْعَمَنَا بِنِعْمَةِ الإِيْمَانِ وَاْلإِسْلاَمِ . وَنُصَلِّيْ وَنُسَلِّمُ عَلَى خَيْرِ اْلأَنَامِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍوَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ أَمَّا بَعْدُ

Alhamdulillahilladzi an’amanaa bini’matil iimaan walislaam. Wanusholii wanusalimu ‘alaa khoril anam sayyidinaa muhammadin wa’alaa alihi wasohbihi ajma’iina imaa.

Artinya: “Segala puji bagi Yang Mahakuasa yang telah memberi sebaik-baik nikmat berupa iktikad dan islam. Salawat dan doa keselamatanku terlimpahkan selalu kepada Nabi Agung Muhammad Saw berserta keluarga dan para sahabat-sahabat Nabi semuanya.”

- Bacaan doa pembuka acara lainnya

ﺇِﻥَّ ﺍﻟْﺤَﻤْﺪَ ﻟِﻠﻪِ ﻧَﺤْﻤَﺪُﻩُ ﻭَﻧَﺴْﺘَﻌِﻴْﻨُﻪُ ﻭَﻧَﺴْﺘَﻐْﻔِﺮُﻩْ ﻭَﻧَﻌُﻮﺫُ ﺑِﺎﻟﻠﻪِ ﻣِﻦْ ﺷُﺮُﻭْﺭِ ﺃَﻧْﻔُﺴِﻨَﺎ ﻭَﻣِﻦْ ﺳَﻴِّﺌَﺎﺕِ ﺃَﻋْﻤَﺎﻟِﻨَﺎ، ﻣَﻦْ ﻳَﻬْﺪِﻩِ ﺍﻟﻠﻪُ ﻓَﻼَ ﻣُﻀِﻞَّ ﻟَﻪُ ﻭَﻣَﻦْ ﻳُﻀْﻠِﻞْ ﻓَﻼَ ﻫَﺎﺩِﻱَ ﻟَﻪُ. ﺃَﺷْﻬَﺪُ ﺃَﻥَّ ﻻَ ﺇِﻟَﻪَ ﺇِﻻَّ ﺍﻟﻠﻪ ﻭَﺃَﺷْﻬَﺪُ ﺃَﻥَّ ﻣُﺤَﻤَّﺪًﺍ ﻋَﺒْﺪُﻩُ ﻭَﺭَﺳُﻮْﻟُﻪُ

Innalhamdalillahi nahmaduhu wanasta'inuwanastaghfiruhu wana'udzubillahi min syuruuri anfusinaa wamin sayyiaati a'maalina. Man yahdillah falaa mudhillalahu wamin yudhillhu falaa haadiyalahu. Asyhadu anna muhammdan abduhuu warosuluh.

Artinya: "Kami panjatkan segala puji kepada-Nya dan kami mohon pertolongan-Nya. Seraya memohonampun dan perlindungan-Nya dari segala keburukan jiwaku dan kejelekan amaliahku. Barang siapa telah Allah berikan petunjuk jalan baginya, maka tidak ada yang bisa menyesatkannya. Dan barang siapa yang telah Allah sesatkan jalannya, maka tiada yang bisa memberinya petunjuk. Aku bersaksi bahwa tiada tuhan selain Allah dan aku bersaksi bahwa nabi Muhammad hamba Allah dan utusan Allah."

- Bacaan doa pembuka acara resmi

الْحَمْدُلِلَّهرَبِّالْعَالَمِيْنَوَالصَّلاَةُوَالسَّلاَمُعَلَىأَشْرَفِاْلأَنْبِيَاءِوَالْمُرْسَلِيْنَوَعَلَىاَلِهِوَصَحْبِهِأَجْمَعِيْنَأَمَّابَعْدُ

Alhamdulillahi rabbil’aalamiin, wash-sholaatu wassalaamu ‘ala isyrofil anbiyaa i walmursaliin, wa’alaa alihi washohbihii ajma’iin ammaba’adu.

Artinya: “Segala puji bagi Yang Mahakuasa Tuhan Seluruh Alam. Semoga sholawat dan keselamatan tercurahkan selalu kepada Nabi dan Rasul termulia, keluarga dan sahabat-sahabatnya.”


Doa Acara Resmi Teks Indonesia

Daun.id
pexels.com

Doa Pertama
Marilah kita bersama-sama menundukkan kepala, berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan kita masing-masing.

A’U DHUBILLAHI MINASSYAITONIRROJIM,
BISMILLAHIRROHMANIRROHIM,
ALHAMDULILLAHI ROBBIL ‘ALAMIN,
WASSOLATUWASSALAMU ‘ALA ASROFIL ANBIYA’I WALMURSALIM,
SYAIDINA WAMAULANA MUHAMMADIN,
WA’ALA ALIHI WASOHBIHI AJMAIN.

Ya Allah Ya Rohman ya Rahim,

puji syukur kami panjatkan kehadiratmu atas segala nikmat dan karuniamu, sehingga pagi ini kami bisa berkumpul pada UPACARA APEL KEDISIPLINAN PEGAWAI  BP2IP TANGERANG.

Ya Allah yang Maha Mengetahui,

tunjukanlah kepada kami bahwa yang benar itu memang benar  dan berikanlah kami kemampuan untuk menegakkannya. Serta tunjukanlah kepada kami bahwa yang salah memang salah adanya dan berikan kemampuan kepada kami untuk menghindarinya.

Doa Kedua
Assalamualaikum WR. WB.

Ijinkan kami membacakan doa dengan cara islam, bagi pemeluk agama lain dipersilahkan berdoa dalam hati menurut agama dan keyakinan masing-masing.

BISMILLAHIRROHMANIRROHIM,
ALHAMDULILLAHI ROBBIL ‘ALAMIN,
WASSOLATUWASSALAMU ‘ALA ASROFIL ANBIYA’I WALMURSALIM, SYAIDINA WAMAULANA MUHAMMADIN,
WA’ALA ALIHI WASOHBIHI AJMAIN.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Pengasih dan Penyayang.
Kami yakin dan kami sadari, bahwa kasih dan sayang-Mu sungguh terbentang luas tiada batas, karena itu hanya Engkaulah tempat kami memuji dan bersyukur. Ya Allah, dengan kasih sayang-Mu pula pada hari ini seluruh bangsa Indonesia dapat melaksanakan upacara bendera, memperingati hari pahlawan kusuma bangsa yang telah gugur mendahului kami, demi kemerdekaan bangsa dan Negara Republik Indonesia.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Pengampun.
Ampunilah dosa dan kesalahan para Pahlawan kusuma bangsa Indonesia, lipat gandakanlah pahala mereka, tempatkanlah mereka disisi-Mu ya Allah, muliakanlah kedatangan mereka sisi-Mu, sebagai syuhada’ yang telah gugur di medan perang. Dengan semangat juang mereka telah mengorbankan jiwa, raga dan harta demi kemerdekaan nusa dan bangsa. Terimalah dharma bhakti dan amal shaleh mereka.

Ya Allah Tuhan Yang Maha Kuasa.
Tanamkan dan kobarkan semangat kepahlawanan pada seluruh bangsa Indonesia, bersatu dalam perbedaan, bersama dalam keberagaman dalam membangun bangsa dan negara kami, untuk menjadi bangsa yang utuh, bangsa yang menjunjung tinggi perjuangan dan kebersamaan dalam membangun bangsa dan Negara Indonesia yang kuat dan sejahtera dibawah lindungan dan bimbingan-Mu.

Ya Allah hindarkanlah bangsa kami dari bencana dan mala petaka agar kami dapat meneruskan pembangunan bangsa kami demi mewujudkan bangsa Indonesia yang sejahtera, adil dan makmur, sejahtera lahir dan batin, selalu berada dalam naungan ridha dan ampunan-Mu.

Ya Allah ya ghaffar, ampunilah dosa kami, dosa orang tua kami, dosa para pemimpin kami, muliakanlah ya Allah kehidupan mereka di dunia maupun di akhirat, amin.

ROBBANA DOLAMNA ANFUSANA, WAILLAHM TAGHFIRLANA WATARHAMNA LANAKUNANNA MINAL KHOSIRIN.
ROBBANA ATINA FIDDUNYA KHASANAH WAFILAKHIROTIKHASANAH WAKINA ADHABANNAR,
SUBHANA ROBBIKA ROBBIL ‘IZZATI ‘AMMA YAASIFUN
WASSALAMUN ‘ALAL MURSALIN
WALHAMDULILLAHIROBBIL ‘ALAMIIN.

Wassalamualaikum WR. WB.

Ya Allah Ya Rahman Ya Rahim,

jangan Engkau bebani kami melainkan sesuai dengan kemampuan kami. Jangan hukum kami jika kami lupa atau bersalah. Dan lindungilah kami dari segala musibah.

Ya Allah Al-Muhaymin,

kami berlindung kepada-Mu dari rasa sedih dan duka. Kami berlindung kepada-Mu dari rasa lemah dan malas. Dan kami berlindung kepada-Mu dari kesalahan yang terlanjur kami lakukan.

Ya Allah yang maha pengasih dan maha penyayang,

berikanlah kami kesehatan, kekuatan, serta lindunganmu, sehingga kami dapat menjalankan seluruh amanah yang diembankan kepada kami dengan baik.

ROBBANA ATINA FIDDUNYA KHASANAH WAFILAKHIROTIKHASANAH WAKINA ADHABANNAR,
SUBHANA ROBBIKA  ROBBIL  ‘IZZATI  ‘AMMA  YAASIFUN
WASSALAMUN ‘ALAL MURSALIN 
WALHAMDULILLAHIROBBIL ‘ALAMIIN.
Wassalamualaikum WR. WB.


Artikel Pilihan

JADWAL SHOLAT HARI INI

SELASA, 4 OKTOBER 2022 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:11 SUBUH 04:21 DUHA 05:59 ZUHUR 11:44
ASHAR 14:49 MAGHRIB 17:49 ISYA 18:58  

Daun Media Network