7 Cara Menghilangkan Kerak Gigi, Ketahui Penyebab dan Pencegahannya

"Kerak gigi bisa muncul karena sisa-sisa makanan yang terlalu lama dibiarkan"

Life | 30 November 2021, 19:32
7 Cara Menghilangkan Kerak Gigi, Ketahui Penyebab dan Pencegahannya

Kerak gigi atau karang gigi seringkali disepelekan, hingga sebagian orang tidak dapat mendeteksinya. Biasanya, tau-tau sudah menjadi karang gigi. Padahal kerak gigi dapat menimbulkan kerusakan pada gigi secara serius jika tidak segera diatasi.

Gigi merupakan organ yang sangat penting dalam sistem pencernaan, sebab gigi menjadi alat yang pertamakali bersentuhan langsung dengan makanan. Maka, gigi harus mendapatkan perhatian yang serius, karena sisa-sisa makanan dapat tertinggal kapan saja.

Sisa makanan yang dibiarkan tertinggal selama berhari-hari dapat berubah menjadi kotoran atau bakteri yang menempel di gigi. Jika kotoran atau bakteri dibiarkan semakin lama menumpuk di gigi, ia akan berubah menjadi kerak gigi yang dapat menimbulkan kerusakan.

Tidak berhenti disitu, selain menimbulkan kerusakan kerak gigi juga dapat menimbulkan bau mulut tak sedap. Sehingga dapat mempengaruhi tingkat rasa percaya diri, dan menimbulkan rasa tak nyaman pada diri sendiri serta orang lain atau lawan bicara.

Tetapi tenang saja, tentunya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kerak gigi yang telah lama membandel di gigi. Cara menghilangkan kerak gigi juga dapat dilakukan dengan cara medis maupun alami. Sebelum itu, penting untuk mengenali penyebabnya agar kita dapat menangani dengan tepat dan benar.

Penyebab terjadinya kerak gigi

Munculnya kerak gigi bisa diakibatkan oleh plak yang telah lama dibiarkan dan tidak dibersihkan. Plak gigi sendiri muncul diakibatkan oleh sisa-sisa makanan yang terlalu lama dibiarkan, selain itu disebabkan oleh hal lainya. Berikut ini beberapa penyebab kerak gigi;

Daun.id

sumber; pexels

- Sering mengonsumsi alkohol dan kebiasaan merokok.
- Minuman dan makanan yang mengandung gula, dikonsumsi secara berlebihan.
- Mulut kering juga dapat menyebabkan munculnya kerak gigi
- Kurang terjaganya kebersihan mulut, khususnya pada area gigi
- Obat-obatan medis tertentu juga dapat memicu munculnya kerak gigi

Itulah beberapa penyebab terjadinya kerak gigi, mulailah dengan pola hidup yang sehat dan hindari kebiasaan seperti di atas, serta kebiasaan yang kurang baik lainya.

Cara Mencegah Kerak Gigi

Selain dapat diketahui beberapa penyebabnya, munculnya kerak gigi juga dapat dicegah. Bagi anda yang masih memiliki gigi putih berseri, sebaiknya lakukan pencegahan agar terhindar dari kerak gigi. Berikut ini cara mencegah terjadinya kerak gigi;

Daun.id

sumber; pexels

- Stop merokok dan jangan mengonsumsi alkohol
- Gunakanlah obat kumur secara baik dan teratur
- Gunakan benang gigi untuk membersihkan gigi minimal sekali dalam sehari
- Konsumsilah makanan yang bergizi, lengkap dan seimbang
- Lakukan sikat gigi, minimal dua kali dalam sehari
- Lakukanlah pemeriksaan gigi ke dokter spesialis gigi, sekurang-kurangnya minimal dua kali dalam setahun.

Beberapa hal di atas merupakan cara mencegah kerak gigi, lakukanlah agar gigi tetap putih berseri dan terhindar dari kerak gigi.

Cara menghilangkan kerak gigi

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kerak gigi yang menempel di gigi. Jika anda sedang mengalami kerak gigi yang sudah terlalu lama, inilah beberapa cara menghilangkan kerak gigi yang dapat anda lakukan;

1. Berkumur menggunakan minyak kelapa

Minyak kelapa termasuk bahan alami yang dapat digunakan untuk menghilangkan kerak gigi. Kandungan antioksidan dan asam laurat yang terdapat pada minyak kelapa dapat membantu membasmi kuman jahat yang terdapat pada mulut. Caranya, sediakan satu sendok minyak kelapa, lalu gunakan untuk berkumur selama 5-10 menit.

2. Mengonsumsi sayur dan buah-buhan

Daun.id

sumber; pexels

Mengonsumsi sayuran dan buah-buahan dapat mnembantu menghilangkan kerak gigi yang membandel. Buah dan sayuran termasuk makanan yang mengandung banyak air, sehingga dapat meningkatkan produksi air liur. Air liur memiliki fungsi sebagai pembilas sisa makanan yang terdapat pada mulut agar tetap bersih dan segar.

3. Menghindari makanan dan minuman yang mengandung gula tinggi

Salah satu penyebab munculnya kerak gigi disebabkan oleh makanan yang mengandung gula tinggi. Jadi, menghindari makanan yang manis atau mengandung gula dapat menghilangkan kerak gigi atau menguranginya. Jika masih sering mengonsumsi, lakukan sikat gigi setelah mengonsumsi.

4. Berkumur dengan baking soda

Baking soda pernah dipercayai telah digunakan sebagai cara memutihkan gigi secara alami. Selain itu, juga dapat digunakan untuk menghilangkan kerak gigi yang membandel secara efektif. Cara menghilangkan kerak gigi, cukup gunakan satu sendok makan baking soda berkumur kurang lebih selama 10 menit.

5. Menggosok dengan menggunakan kulit jeruk

Jeruk selain segar buahnya, kulitnya juga memiliki manfaat loh. Kulit jeruk juga termasuk bahan alami yang dapat digunakan untuk menghilangkan kerak gigi. Jeruk memiliki kandungan yang banyak vitamin sehingga dapat membersihkan gigi beserta keraknya. Ambillah kulit jeruk lalu gosokkan pada bagian gigi secara merata, lebih baik gunakan malam hari dan bersihkan di padi hari.

6. Mengunyah daun sirih

Orang-orang terdahulu sering menggunakan daun sirih sebagai bahan alami untuk membersihkan gigi. Daun sirih juga sudah terkenal sebagai bahan alami untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Caranya, ambillah selembar daun sirih dan kunyah secara langsung, bisa juga ditambah dengan cengkeh.

7. Flassing gigi

Daun.id

sumber; pexels

Cara yang ke tujuh anda dapat membersihkan gigi dengan menggunakan benang khusus gigi. Cara ini bisa dipakai setelah melakukan sikat gigi, gunakan benang untuk menjangkau bagian gigi yang sangat sulit dijangkau oleh sikat gigi. Benang gigi dapat membantu menghilangkan kerak gigi.

8. Scalling dengan bantuan dokter gigi

Daun.id

sumber; pexels

Jika kerak gigi telah lama menempel di gigi, maka dipastikan terjadi penumpukkan pula. Maka mintalah bantuan dokter spesialis gigi, dokter akan menggunakan alat yang bernama ultrasonic scaler. Alat ini digunakan oleh dokter gigi untuk menghilangkan kerak gigi pada bagian garis gusi. Biasanya proses ini pun tergantung pada kerak gigi, jika kerak gigi sudah lama dan menumpuk maka prosesnya juga akan lama.

Demikian beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kerak gigi. Jangan biarkan kerak gigi terlalu lama mengendap pada gigi, sebab dapat menimbulkan beberapa kompilasi kerak gigi. Anda juga bisa melakukan konsultasi secara rutin dengan dokter spesialis gigi.

(rian adi kurniawan/nn)


Artikel Pilihan

JADWAL SHOLAT HARI INI

SABTU, 23 SEPTEMBER 2023 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:17 SUBUH 04:27 DUHA 06:04 ZUHUR 11:48
ASHAR 14:58 MAGHRIB 17:51 ISYA 19:00  

Daun Media Network