Doa Penghapus Dosa dan Doa Taubat Teks Arab, Latin dan Artinya

"Berikut ini adalah doa penghapus dosa dan taubat teks Arab, Latin dan Artinya."

Life | 30 August 2022, 17:28
Doa Penghapus Dosa dan Doa Taubat Teks Arab, Latin dan Artinya

Setiap manusia yang hidup pasti memiliki dosa, baik itu dosa kecil atau pun dosa besar, baik itu dosa yang disengaja atau yang tidak disengaja. Dosa manusia berasal dari kesalahanya terhadap manusia dan juga dosa kepada Allah SWT karena melanggar perintahnya.

salah satu cara manusia agar diampuni dosanya adalah dengan membaca istigfar. Namun bukan hanya istigfar, berikut ini adalah doa penghapus dosa dan doa taubat.

Doa Penghapus Dosa dan Doa Taubat Teks Arab, Latin dan Artinya

Daun.id

pexels.com

Doa Taubat yang diajarkan Rasulullah SAW

أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ الْعَظِيْمَ الَّذِيْ لاَ إِلَـٰهَ إِلاَّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ

Astaghfirullaahal 'azhiim, Alladzii laa ilaaha illaa Huwal hayyul qoyyum, wa atubu ilaih.
Artinya: "Aku minta ampun kepada Allah Yang Maha Agung, tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Dia, Yang Hidup dan terus-menerus mengurus makhlukNya, dan aku bertaubat kepada-Nya." (HR. Abu Dawud 2/85, At-Tirmidzi 5/569, Al-Hakim)

Doa Taubat Pendek

 رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَتُبْ عَلَىَّ، إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمُ

Rabbighfir lii wa tub 'alayya, innaka antat-tawwaabur-rohiim.

Artinya: "Ya Rabbku, ampunilah dosa-dosaku dan terimalah taubat dariku. Sesungguhnya Engkau Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang." (HR Ahmad, At-Tirmidzi, Abu Dawud, An-Nasa'i, Al-Bukhari)

Doa Taubat yang Diajarkan Rasulullah SAW keada Abu Bakar Ash-Shiddiq

 لَّهُمَّ إِنِّيْ ظَلَمْتُ نَفْسِيْ ظُلْمًا كَثِيْرًا، وَلاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ، فَاغْفِرْ لِيْ مَغْفِرَةً مِنْ عِنْدِكَ، وَارْحَمْنِيْ، إِنَّكَ أَنْتَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ

Allaahumma innii zholamtu nafsi zhulman katsiiron, wa laa yaghfirudz-dzunuuba illaa anta, faghfir lii maghfirotan min 'indika, warhamni, innaka antal ghofuurur-rahim.

Artinya: "Ya Allah, sungguh aku telah menzalimi diriku dengan kezaliman yang banyak, dan tidak ada yang dapat mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau. Maka ampunilah aku dengan suatu pengampunan dari sisi-Mu, dan rahmatilah aku. Sesungguhnya Engkau Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (HR. Al-Bukhari 834 dan Muslim 2705)

Doa Taubat Rasulullah SAW Sebelum Wafat
Daun.id

pexels.com

سُبْحَانَكَ وَبِحَمْدِكَ، أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ 

Subhaanaka wa bihamdik. Astaghfiruka wa atuubu ilaik. 

Artinya: "Maha Suci Engkau dan segala puji bagi-Mu. Aku mohon ampunan-Mu. Aku bertaubat kepada -Mu." Itulah empat doa taubat terbaik yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Semoga Allah berkenan mengampuni dosa-dosa kita di masa lalu dan masa mendatang baik yang besar maupun kecil.

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

JUMAT, 19 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:27 SUBUH 04:37 DUHA 06:15 ZUHUR 11:54
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:52 ISYA 19:03  

Zodiak Aries Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Anda sebagai seorang Aries akan berjalan dengan baik. Anda akan merasa lebih dekat dengan pasangan Anda dan saling mendukung satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi secara jelas dan terbuka untuk menghindari konflik yang tidak perlu.



Aries Selengkapnya